web analytics

3 Cara Mencegah Serangan Kram

Kram adalah kontraksi otot spontan yang menyakitkan. Penyebab kram bervariasi dan seringkali melibatkan makanan yang Anda makan.

Meskipun sangat biasa terjadi, para ilmuwan sampai saat ini belum sepenuhnya memahami fenomena kram. Kram sering terjadi selama latihan olah raga dan sebagian kram terkait dengan kekurangan darah pada otot yang terkena. Tapi kram lainnya terjadi seperti tanpa sebab, para wanita hamil misalnya sering rawan kram. Dalam kasus ini, para ilmuwan umumnya percaya bahwa kram dimulai pada tingkat sel, khususnya pada tahap pertukaran mineral antara sel dan lingkungan yang mengelilinginya. Bila Anda sering mengalami kram, 3 tips berikut mungkin dapat membantu mengurangi serangannya. Painphoto © 2006 Michele Di Trani | more info (via: Wylio)

1. Menjaga kecukupan dan keseimbangan asupan mineral

Untuk mencegah kram Anda perlu memastikan kecukupan asupan semua jenis mineral. Magnesium adalah mineral yang paling sering dianggap bertanggung jawab atas kram, terutama karena kekurangan magnesium relatif umum. Namun, kalium atau kalsium juga bisa terlibat. Penyebab kram tidak hanya kekurangan, tetapi juga ketidakseimbangan garam mineral. Untuk memastikan keseimbangan mineral, Anda perlu diet bervariasi yang kaya buah-buahan dan sayuran. Jika Anda menderita kram secara teratur, makanan suplemen mineral dan vitamin mungkin diperlukan.

2. Perbanyak minum

Dehidrasi adalah penyebab kram lainnya yang umum. Jika Anda sering mengalami kram, pastikan Anda minum cukup cairan di siang hari. Air mineral yang baik bermanfaat ganda mencegah kram karena sangat kaya akan mineral dalam komposisi seimbang. Selain itu, sebaiknya Anda mengurangi kopi dan minuman berkafein lainnya karena bersifat diuretik sehingga Anda dapat kehilangan air.

3. Lakukan peregangan dan relaksasi otot

Beberapa dokter menyarankan untuk melakukan peregangan otot dan kegiatan fisik yang teratur untuk menghindari kram. Pijat relaksasi juga dapat membantu melemaskan otot-otot dan melancarkan sirkulasi darah sehingga turut mencegah terjadinya kram.

Arsip Artikel
Bergabunglah dengan ribuan orang lain yang secara otomatis mendapatkan artikel baru dari situs ini ke email mereka. Masukkan alamat e-mailmu:

Kicauan