web analytics

4 Penyebab Sakit Gigi dan Penanganannya

Sakit gigi dapat muncul tiba-tiba. Penyebab paling umum sakit gigi adalah lubang pada gigi yang disebut karies gigi atau kavitasi. Sakit gigi juga dapat disebabkan oleh hal lain seperti gigi longgar, erosi gusi, atau infeksi kanal akar gigi. Jika ada peradangan saraf, sakit yang dirasakan bisa sangat intens.

1. Karies Gigi

sakit gigiKaries adalah nama kolektif untuk kerusakan gigi di enamel (zat di mahkota gigi), sementum (zat di akar gigi), dan dentin (zat di tengah antara mahkota dan akar).Gigi dapat berlubang karena bakteri tertentu yang memproduksi asam laktat dari hasil fermentasi karbohidrat seperti sukrosa, fruktosa, dan glukosa.

Gigi terutama terdiri dari mineral yang secara konstan mengalami proses demineralisasi dan remineralisasi. Demineralisasi terjadi karena pemakaian gigi, terutama karena makan makanan yang mengandung asam. Remineralisasi gigi terjadi dengan bantuan air liur, pasta gigi ber-flouride, dan obat kumur. Ketika pH pada permukaan gigi turun di bawah 5,5 karena asam laktat yang diproduksi bakteri, demineralisasi lebih cepat dari remineralisasi sehingga gigi “tekor” mineral. Hal ini dapat mengarah ke gigi berlubang.

Gigi berlubang harus segera ditangani oleh dokter gigi agar tidak berkembang menjadi parah sehingga harus dicabut, atau bahkan menyebabkan infeksi berbahaya. Dokter gigi akan membor lubang untuk membersihkan kerusakan dan kemudian menambal gigi dengan implan.

2. Gigi longgar

Gigi longgar dapat terasa sangat menyakitkan saat mengunyah makanan. Penyebab gigi longgar biasanya adalah penyakit pada gusi (gingivitis, periodontitis), meskipun bisa juga disebabkan oleh kecelakaan atau benturan. Untuk mengatasi gigi longgar, dokter gigi harus menghilangkan penyakit pada gusi dengan pembersihan gigi (scaling) dan pengobatan. Gigi yang sedikit goyang masih dapat diperkuat dengan menambatkan ke gigi di dekatnya. Gigi yang goyang ke segala arah harus dicabut.

3. Erosi gusi

Gusi yang mengalami erosi akan mengekspos akarnya sehingga menjadi sensitif terhadap makanan/minuman panas, dingin dan asam. Erosi gusi bisa disebabkan karena menyikat gigi terlalu keras atau karena penyakit gusi.

Erosi gusi berlangsung bertahap dalam waktu lama sehingga lebih umum pada mereka yang berusia di atas 40 tahun. Penderitanya tidak memperhatikan atau menganggap serius sampai menjadi masalah. Bila penyebab erosi adalah terlalu keras menyikat gigi, Anda harus mengganti sikat dengan yang lebih halus dan mengurangi tekanan.

Erosi gusi hanya bisa dibetulkan dengan cangkok gusi, sebuah prosedur operasi plastik yang hanya bisa dilakukan oleh dokter gigi spesialis.

4. Infeksi kanal akar gigi

Kanal akar gigi yang terinfeksi bisa sangat menyakitkan dengan rasa nyeri yang menyebar ke daerah lain di wajah dan tengkorak. Tubuh mempertahankan diri dari infeksi sehingga menyebabkan peradangan. Kadang-kadang terjadi abses (nanah) dalam akar gigi yang dapat menetap di dalam tulang rahang pasien selama bertahun-tahun dan terus-menerus menyebarkan bakteri ke dalam aliran darah penderitanya.

Infeksi kanal akar gigi dapat membuat gigi mati sehingga harus dicabut. Mempertahankan gigi mati bukanlah pilihan. Penggunakan herbal, vitamin, atau bahkan resep antibiotik biasanya tidak memecahkan masalah bila tanpa diikuti ekstraksi dan pembersihan kanal akar gigi dan jaringan sekitarnya.

Apa yang dapat Anda lakukan bila sakit gigi?

Rasa sakit yang mengganggu dapat Anda kurangi dengan meminum parasetamol, ponstan atau pereda nyeri lainnya. Bila sakit gigi Anda parah, Anda harus segera memeriksakan diri ke dokter gigi.

image: source

18 Komentar

  1. Gusty
    28 November 2010    

    gigiku berlubang….kalo bat makan skit bnget,,,mnUm air juga kdang skit…walaupun sdag berbagai mcam obat yang Aku Mnum…tpi tdk prnah smbuh,,,,sampai skRang MsiH skit..
    Gimana crax mngtasix…????

  2. dr Salma
    4 Desember 2010    

    @Gusty, gigi Anda harus diperiksa dokter gigi untuk perawatan yang tepat.

  3. farel
    4 Desember 2010    

    gigi saya saat ini ada 2 yang berlubang yang sama sama di graham atas…sebelah kiri saraf nya sudah mati namun gigi di seblah kanan skrng sakit dan membuat saya tak enak aktifitas….utuk menghilangkan sakit pada gigig apa ya dok

  4. dr Salma
    6 Desember 2010    

    Anda bisa menghilangkan nyeri untuk sementara dengan painkiller seperti ponstan, paracetamol, dll. Tapi itu tidak menghilangkan penyebabnya, bahkan cenderung menutupi masalah. Saran saya, segera memeriksakan diri ke dokter gigi uyntuk perawatan. Makin cepat, makin baik.

  5. Mia
    25 Desember 2010    

    Gigi saya sakit .
    Bahkan brlubang . .
    Udah besar pula .
    Kayanya g mungkin untuk ditambal . .
    Gimana yaa .
    Saia jugga malu ke dokter gigi .

  6. dr Salma
    25 Desember 2010    

    @Mia, kalau gigi berlubang sudah tidak mungkin ditambal mungkin harus dicabut.

  7. Ni2ng
    28 Januari 2011    

    Dok, mo ty nih, gi2 geraham kiri sy ada yg prnh ditambal permanen tpi bru 2 hr kontrol gi2 sktx tmbh parah trus priksa lgi ke dokter yg sama di t4 praktek yg b’beda, tambalan permanen tsb dibuka lgi karena t’nyata ada yg bocor utk dibersihkan, lalu gigi sy ditambal smntra smp akhirx bbrp hri t’akhir gi2 sy kembali sakit luar biasa, sy priksa ke dokter gi2 lain dan menurut beliau setelah tambalan dilepas t’nyata ada na2h di akar gi2 sy.Dan itu yg menyebabkan rasa skt luar biasa. Saran beliau gi2 tsb hrs sgra dicabut krn klo tdk akn menyebabkan infeksi smkn menyebar dan bakteri b’kembang biak, padahal sy plg takut cabut gi2. P’tanyaanx apkh kondisi gi2 sy b’bhya jk dibiarkan (tdk dicabut) hy dirawat (tambal) sj? Thx in adv.
    Slm, Ni2ng

  8. dr Salma
    29 Januari 2011    

    @Ni2ng, saya bukan dokter gigi, tapi saya coba menjawab pertanyaan Anda. Gigi yang sudah pernah ditambal permanen dan bocor, kemudian ditambal sementara dan bermasalah lagi karena abses (nanah) di akar memang sebaiknya dicabut sesuai saran dokter gigi Anda. Infeksi gigi yang dibiarkan tidak hanya membuatnya semakin parah tetapi juga dapat menyebarkan bakteri ke seluruh tubuh dan menyebabkan masalah medis lainnya (termasuk penyakit jantung). Masalah Anda harus ditangani sesegera mungkin. Dengan pencabutan dan pembersihan, sumber infeksi akan hilang. Jangan biarkan ketakutan Anda merugikan kesehatan Anda sendiri. Salam.

  9. 13 Februari 2011    

    Saya juga sakit gigi dok, Sudah seminggu ini.
    Berbagai macam obat sudah aku minum, mulai dari Cataflam, ponstan, jamu sakit gigi, Oskadon, Bodrex, dan obat sejenis lainnya, tapi obat2an tersebut hanya menyembuhkan sakit gigi beberapa jam saja. Tidak menghilangkan sakit gigi selamanya.

    Gigi saya tersebut berlubang, dan saya ingin sekali agar gigi tersebut tidak dicabut, karena gigi saya udah hampir habis. Maksudnya udah habis karena sering dicabut.

    Dulunya sering makan coklat, dan pernah kecelakaan dan mengakibatkan gigi depan harus ditambal. Saya kepengen gigi saya tersebut tidak dicabut, karena itu gigi buat bekal mengunyah makanan karena gigi disamping kanan sudah tinggal beberapa saja.

    Mohon pencerahan apa yang bisa saya lakukan dok ?

  10. dr Salma
    13 Februari 2011    

    @Cossierandi, mengkonsumsi obat antinyeri seperti ponstan, bodrex dll hanya menghilangkan sakitnya tapi penyebabnya berupa pembusukan gigi (gigi berlubang) tidak hilang. Semakin lama dibiarkan, semakin parah pembusukannya. Cobalah memeriksakan diri ke dokter gigi untuk mendapatkan solusinya. Bila memang harus dicabut, ya harus direlakan untuk dicabut daripada menimbulkan masalah gigi dan rongga mulut yang lebih besar (atau bahkan bakterinya menyebar ke organ tubuh lain). Pada dasarnya kalau lubangnya sudah terlalu besar sehingga mahkota gigi hampir habis, tidak ada gunanya ditambal karena tidak akan bertahan lama juga. Dipakai mengunyah beberapa kali bisa lepas lagi karena tidak ada cukup dasar untuk perlekatan tambalannya.

  11. 15 Februari 2011    

    Pemutih gigi merujuk kepada proses pemutihan warna gigi. Gigi kehilangan warnanya karena dipengaruhi oleh usia, asupan kopi, teh, soda, antibiotik dan juga merokok.

  12. yen yen
    25 Maret 2011    

    dok, gigi saya sakit tapi gigi saya tidak berlubang. Saat ini saya sedang terkena sariawan dan panas dalam. Apakah gigi saya yang sakit itu dipengaruhi sariawan dan panas dalam saya? soalnya biasanya saya jarang menderita sakit gigi karena memang gigi saya tidak ada yang berlubang. Dan bagaimana caranya untuk menghilangkan nyeri pada gigi saya. Mohon informasinya dok. Thanks.

  13. dr Salma
    25 Maret 2011    

    @yen-yen, bisa saja dari sariawannya, atau ada infeksi gigi meskipun lubangnya tidak kelihatan. Coba mengambil analgesik (pereda nyeri), kalau berlanjut harus diperiksakan ke dokter.

  14. 3 April 2011    

    dok,saat ini saya sedang mengalami sakit gigi tepatnya disebelah atas samping geraham..duh sakitnya minta ampun..yang ingin saya tanyakan gigi saya memang berlobang tetapi kecil,kemudian bila di cabut tidak berbahayakah karena saya dengar gigi atas berhubungan dengan syaraf mata terima kasih sebelumnya..

  15. dr Salma
    3 April 2011    

    @renomi, gigi berlubang kecil biasanya tidak perlu dicabut, penambalan cukup untuk mengatasinya. Pencabutan gigi bisa saja menyebabkan kerusakan saraf mata, tapi sangat jarang terjadi dan dokter gigi terlatih untuk melakukan prosedur pencabutan sehingga tidak membahayakan kesehatan Anda.

  16. Ade
    9 April 2011    

    Dok, gigi sya 4 blubang parah. Dan skarang sjak rabu lalu skit skali yg graham blakang sbelah kanan. Disentuh srasa sakit skali,tanpa ada ringanan skit pdhal sya sudh ke dkter. Apa itu hrus dicabut?

  17. dr Salma
    10 April 2011    

    @Ade, perlu dicabut tidaknya harus diperiksa seksama oleh dokter gigi. Bila lubangnya masih kecil dan infeksinya bisa ditangani dengan obat, pembersihan dan penambalan gigi tentu dokter gigi tidak menyarankan untuk dicabut.

  18. 16 April 2011    

    gigi sakit menyebabkn pipi dekat dagu bengkak. cra menyembuhkn nya tanpa hrs kdokter gigi gimana? apa obat nya? mksh

Arsip Artikel
Bergabunglah dengan ribuan orang lain yang secara otomatis mendapatkan artikel baru dari situs ini ke email mereka. Masukkan alamat e-mailmu:
    Yaslim - 40 harga produk
    40ribu
    Yaslim