web analytics

5 Jenis Gangguan Menstruasi/Haid

Perempuan dapat memiliki berbagai masalah dengan menstruasi/haid mereka. Masalah tersebut dapat berupa tidak mengalami menstruasi sama sekali sampai menstruasi berat dan berkepanjangan.

Pola haid boleh saja tidak teratur, tetapi jika jarak antar menstruasi kurang dari 21 hari atau lebih dari 3 bulan, atau jika haid berlangsung lebih dari 10 hari maka Anda harus mewaspadai adanya masalah ovulasi atau kondisi medis lainnya.

1. Amenore

Amenore adalah tidak ada menstruasi. Istilah ini digunakan untuk perempuan yang belum mulai menstruasi setelah usia 15 tahun (amenore primer) dan yang berhenti menstruasi selama 3 bulan, padahal sebelumnya pernah menstruasi (amenore sekunder).

Amenore primer biasanya disebabkan oleh gangguan hormon atau masalah pertumbuhan. Amenore sekunder dapat disebabkan oleh rendahnya hormon pelepas  gonadotropin (pengatur siklus haid), menyusui, stres, anoreksia, penurunan berat badan yang ekstrem, gangguan tiroid, olahraga berat, pil KB, kista ovarium dan masalah organ reproduksi lainnya.

Pada usia remaja dan tengah baya, amenore tidak selalu menunjukkan gangguan. Menstruasi cenderung sangat tidak teratur pada beberapa tahun pertama menstruasi dan dapat menjadi tidak teratur lagi saat seorang wanita mendekati menopause.

2. Sindrom Pramenstruasi (SPM)

Sindrom pramenstruasi (SPM) adalah sekelompok gejala fisik, emosi, dan perilaku yang umumnya terjadi pada minggu terakhir fase luteal (seminggu sebelum haid). Gejala biasanya tidak dimulai sampai 13 hari sebelum siklus, dan selesai dalam waktu 4 hari setelah perdarahan dimulai. SPM mempengaruhi sebanyak 75% wanita.

Beberapa gejala SPM yang sering dirasakan:

  • Kram perut
  • Nyeri payudara
  • Depresi, mudah tersinggung, murung dan emosi labil (mood swing)
  • Tidak tertarik seks (libido menurun)
  • Jerawat berkala
  • Perut kembung
  • Sakit kepala atau sakit persendian
  • Sulit tidur
  • Sulit buang air besar (BAB)

Sebagian besar wanita yang menderita SPM hanya mengalami beberapa dari gejala di atas. Ketika gejala SPM sangat parah, kondisinya disebut gangguan pra-menstruasi disforik (pre-menstrual dysphoric disorder). Sekitar tujuh persen wanita mengalaminya (sumber: MayoClinic).

Penyebab SPM tidak diketahui dengan pasti. Namun, ada teori tentang faktor-faktor yang dapat menyebabkan sindrom. Gejala tampaknya berubah mengikuti fluktuasi hormon, yang menunjukkan bahwa siklus perubahan hormon dapat menjadi penyebab utamanya. Perubahan kadar serotonin, suatu neurotransmitter yang terlibat dalam pengendalian mood, juga dapat menyebabkan SPM. Aspek-aspek tertentu dari diet seperti rendahnya tingkat vitamin dan mineral juga dapat bertanggung jawab atas beberapa gejala SPM. Makanan asin dapat menyebabkan SPM dengan meningkatkan retensi air.

3. Dismenore

Dismenore adalah menstruasi menyakitkan. Nyeri menstruasi terjadi di perut bagian bawah tetapi dapat menyebar hingga ke punggung bawah dan paha. Nyeri juga bisa disertai kram perut yang parah. Kram tersebut berasal dari kontraksi dalam rahim, yang merupakan bagian normal proses menstruasi, dan biasanya pertama dirasakan ketika mulai perdarahan dan terus berlangsung hingga 32 – 48 jam.

Dismenore yang dialami remaja umumnya bukan karena penyakit (dismenore primer). Pada wanita lebih tua, dismenore dapat disebabkan oleh kondisi/penyakit tertentu (dismenore sekunder), seperti fibroid uterus, radang panggul, endometriosis atau kehamilan ektopik.

Dismenore primer dapat diperingan gejalanya dengan obat penghilang nyeri/anti-inflamasi seperti ibuprofen, ketoprofen dan naproxen. Berolah raga, kompres dengan botol air panas, dan mandi air hangat juga dapat mengurangi rasa sakit. Bila nyeri menstruasi tidak hilang dengan obat pereda nyeri, maka kemungkinan merupakan dismenore sekunder yang disebabkan penyakit/kondisi tertentu.

4. Menoragia

Menoragia adalah istilah medis untuk perdarahan menstruasi yang berlebihan. Dalam satu siklus menstruasi normal, perempuan rata-rata kehilangan sekitar 30 ml darah selama sekitar 7 hari haid. Bila perdarahan melampaui 7 hari atau terlalu deras (melebihi 80 ml), maka dikategorikan menoragia.

Penyebab utama menoragia adalah ketidakseimbangan jumlah estrogen dan progesteron dalam tubuh. Ketidakseimbangan tersebut menyebabkan endometrium terus terbentuk. Ketika tubuh membuang endometrium melalui menstruasi, perdarahan menjadi parah. Menoragia juga bisa disebabkan oleh gangguan tiroid, penyakit darah, dan peradangan/infeksi pada vagina atau leher rahim.

5. Perdarahan Abnormal

Perdarahan vagina abnormal (di luar menstruasi ) antara lain:

  • Pendarahan di antara periode menstruasi
  • Pendarahan setelah berhubungan seks
  • Perdarahan setelah menopause

Perdarahan abnormal disebabkan  banyak hal. Dokter Anda mungkin memulai dengan memeriksa masalah yang paling umum dalam kelompok usia Anda. Masalah serius seperti fibroid uterus, polip, atau bahkan kanker dapat menjadi sebab perdarahan abnormal.

image: source


Rekomendasi:
Sehat Wanita merupakan kapsul yang berisi ekstrak daun sirih (piper folium), biji pinang (arecae fructus), rimpang kunyit (curcuma domestica), dan daun sambiloto (adrographis folium) yang diramu dalam komposisi tepat.

Sehat Wanita membantu mengurangi keputihan, lendir dan bau tak sedap pada daerah kewanitaan, menghilangkan gatal-gatal pada organ genital, melancarkan haid, serta mencegah infeksi rahim dan infeksi kandung kemih.

61 Komentar

  1. rahma
    19 Desember 2010    

    wktu blan ramadhan saya haid slma sblan pnh stlah itu udah gg mndpat haid lg, ada mslah apa yah..??

  2. anita musari
    16 Februari 2011    

    usia saya sekarang 26thn tapi saya tidak pernah mengalami haid seumur hidup saya, saya sudah menikah dan setiap saya melakukan hubungan suami istri maaf sperma suami saya akan tumpah kembali mohon saran nya

  3. dr Salma
    16 Februari 2011    

    @anita, kondisi yang Anda miliki disebut amenore primer (tidak pernah haid), berbeda dengan amenore sekunder yaitu berhenti haid karena suatu sebab yang kasusnya lebih banyak. Penyebab tidak haid bila tanda-tanda kewanitaan Anda yang lain normal kemungkinan adalah masalah/cacat pada organ reproduksi seperti pada leher rahim dan rahim atau gangguan struktural vagina. Bila sperma tumpah kembali, kemungkinan adalah yang kedua yaitu ada rintangan di vagina yang mencegah perdarahan haid. Dalam hal ini, ada membran atau dinding dalam vagina yang menghalangi aliran darah dari rahim dan leher rahim.

    Untuk lebih jelas mengetahui apa sebabnya dan bagaimana terapinya, Anda perlu segera memeriksakan diri ke dokter obsgin.

  4. Dian
    22 Februari 2011    

    saya wanita berusia 23thn, tetapi saya tidak pernah mengalami haid seumur hidup saya,saya belum menikah.kondisi ini sama seperti ibu saya waktu dahulu,dia mengalami menstruasi pada umur 23 thn ketika akan menikah.Dokter apakah penyebab belum menstruasinya saya ini karena faktor genetik?apakah hal ini yang menyebabkan payudara dan bokong saya kecil,dan anehnya pertumbuhan bulu ketiak saya yang tangan kiri lebih lambat dibandingkan bulu ketiak di tangan kanan saya.apakah aman mengkonsumsi obat herbal untuk menyeimbangkan hormon?bagaimana caranya agar saya bisa menstruasi seperti wanita pada umumnya.

  5. dr Salma
    22 Februari 2011    

    @Dian, masalah yang Anda miliki mungkin disebabkan masalah genetik atau hormon. Kita tidak bisa mengetahui penyebab persisnya tanpa diagnosis seperti tes fisik (pelvis), tes hormon, analisis kromosom, tes darah, dll oleh ahlinya. Herbal tertentu mungkin saja bermanfaat untuk menyeimbangkan hormon, tapi kalau masalahnya bukan itu juga tidak tepat sasaran. Saran saya, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter kebidanan dan kandungan. Masalah Anda tidak bisa diselesaikan dengan menduga-duga. Salam.

  6. IFA
    23 Februari 2011    

    siang dok, sy wanita berumur 33 th sudah 3 minggu ini haid ngak berhenti-henti,pernah sy kasih jamu berhenti 7 hari’an trus mens lg dan keluarnya pun banyak ( padahal sebelum-sebelumnya haid sy tak teratur )bermsalah ngak dok ..???? terima kasih

  7. dr Salma
    23 Februari 2011    

    @Ifa, perdarahan haid normalnya tidak lebih dari 7 hari. Kalau sudah 3 minggu belum berhenti, berarti ada yang salah di tubuh Anda. Perdarahan haid seperti itu bisa merupakan gejala gangguan hormon atau masalah di organ reproduksi (kista atau tumor, misalnya). Coba memeriksakan diri ke dokter kebidanan dan kandungan.

  8. uchie
    23 Februari 2011    

    malam dok saya pengguna kb susuk hampir 1 tahun 5 bulan ditahun pertama saya tdk haid mungkin karena sy menyusui kata bidannya 4 bulan ini dalam sebulan saya haid 3 minggu nggk berhenti haidnya pagi ada siang ngk ada malam ada begitu sampai sekarang apa itu normal untuk pengguna kb susuk ???dan benarkah pencabut susuk kb lebih mahal dibandingkan pemasangan?

  9. dr Salma
    23 Februari 2011    

    @uchie, salah satu efek samping susuk KB adalah menstruasi tidak teratur, bisa menjadi lebih banyak perdarahan/lebih lama atau sebaliknya, menjadi lebih sedikit atau bahkan terhenti sama sekali. Umumnya setelah melewati satu tahun, haid akan kembali normal atau lebih teratur. Namun, dalam kasus Anda, meskipun sudah setahun masih belum teratur. Coba konsultasikan dengan dokter kebidanan, karena menstruasi tidak teratur bukan hanya disebabkan penggunaan susuk tapi bisa juga oleh sebab lain, misalnya penyakit. Dokter akan mengevaluasi kasus Anda secara spesifik, apakah masih bisa meneruskan dengan susuk atau sebaiknya diganti metode kontrasepsi lain. Saya tidak tahu kalau biaya pencabutan susuk bisa lebih mahal daripada pemasangannya? Mestinya tidak mahal karena bisa dilakukan oleh bidan.

  10. uchie
    24 Februari 2011    

    trimah kasih atas responnya,dan jadi takut untuk ke dokter jika pada akhirnya harus menerima kenyataan kalo ada penyakit….!!!dan penyakit apa yang dokter maksud??

  11. dr Salma
    25 Februari 2011    

    @uchie, penyakit seperti kista, tumor atau bahkan kanker bisa menyebabkan perdarahan di luar menstruasi.

  12. rita
    25 Februari 2011    

    thank’s bgt untuk infonya… :)

  13. qie
    2 Maret 2011    

    Siang dok, pertengahan January lalu saya baru habis melahirkan. Dan darah nifas berhenti kira2 skitar 2 minggu dan tinggal cairan kuning lalu putih bening, pada hari ke 39 masa nifas keluar darah lagi sampe hari ini (ini hari ke 4), apakah ini menstruasi ataukan masih darah nifas/ lainnya? karna biasanya darah menstruasi saya tidah banyak dan berlangsung paling lama 4 hari sudah bersih. Terima kasih sebelumnya.

  14. dr Salma
    2 Maret 2011    

    @qie, kemungkinan darah menstruasi, karena nifasnya sudah berhenti. Menstruasi melebihi 4 hari sampai dengan 7 hari masih normal, tidak perlu dicemaskan.

  15. ana
    3 Maret 2011    

    siang dok..saya haid tgl 7 peb dan mpe skr (tgl 3 Maret) belum berhenti, sudah 3 minggu lebih..sudah saya perikasakan ke dokter kandungan pada minggu ke-2 haid dan diberi obat, kata dokter ada kelainan hormon dan minum obat bisa berhenti. tapi setelah obat habis kok masih belum berhenti. Sekedar informasi saya pernah kena kista endometriosis, tp kata dokter sudah hilang setelah diobati selama 3 tahun..umur saya 32 tahun, dan baru bulan januari 2011 kmrn menikah..
    kenapa ya dok haid nya ga berhenti padahal dah minum obat?? Terimakasih sebelumnya

  16. dr Salma
    4 Maret 2011    

    @ana, kalau perdarahan sampai 3 minggu lebih itu sih bukan haid tapi ada masalah di tubuh Anda. Coba konsultasi kembali ke dokter obgin Anda.

  17. nisa
    12 Maret 2011    

    dok, saya gadis berumur 18 tahun, ketika menstruasi kemarin, terdapat sperti cacing kecil ( tidak lbih dari 1/2 cm ) di sela-sela darah, itu kenapa ya dok ? berbahaya kah ? mohon jawabannya, terima kasih ..

  18. dr Salma
    12 Maret 2011    

    @nisa, yang dimaksud “cacing” itu apakah benar cacing? Saya kira bukan cacing tapi bagian dari lapisan rahim (endometrium) yang memang sewajarnya ikut dibuang melalui menstruasi.

  19. ela
    15 Maret 2011    

    dok… saya punya kakak berumur 26 tahun, ketika dia beumur 21thn dia haid pertama kali itupun karena dia telah berobat ke dokter kebidanan, karena keterbatasan dana dia tidak lagi berobat sampai sekarang. sejak itu dia tdak pernah haid lagi, kondisi fisik: payudara kakak saya tidak berkembang (kecil tidak menonjol) dan dia bercerita bahwa bulu kemaluan yang tumbuh pun halus…
    pertanyaan saya: apakah masih bisa di obati? dan bisakah kakak saya menikah mengingat umurnya tidak muda lagi? dengan kondisinya sekarang? saya mohon dokter dapat membantu kakak saya, saya sedih melihat penderitaan kakak saya tu….

  20. Kartini
    16 Maret 2011    

    Dokter, anak saya mendapat mens ketika usia 11 tahun dan kini usianya 12 tahun, selama ini menstruasinya lancar biasa saja normal, cuma terakhir menstruasi akhir Februari 2011 (lupa ..tepatnya tgl berapa) dia mens, cuma sampai hari ini 16 Maret 2011 dia masih mens tapi bukan darah berupa cairan warna coklat. Kalau boleh tau ini kenapa dan sebaiknya saya konsultasikan ke dokter apa? terimakasih sekali informasinya…

  21. Kartini
    16 Maret 2011    

    oiya Dok 3 hari terakhir dia mengeluh mules,,,yg saya kira dia diare saya kasih obat diare tapi terakhir tgl 16 Maret pagi dia bilang kalo mens dia belum selesai….

  22. dr Salma
    16 Maret 2011    

    @ela, peluang pengobatan masih tetap ada, jangan berputus-asa. Kelihatannya kakak ela mengalami amenore primer, tapi kemudian bisa diterapi sehingga mendapatkan menstruasi, meskipun kemudian berhenti lagi. Coba kembali berkonsultasi dengan dokter kebidanan untuk mendapatkan terapi.

  23. dr Salma
    16 Maret 2011    

    @kartini, menstruasi belum teratur pada masa awal remaja seperti itu masih normal. Banyak remaja putri yang di awal-awal menstruasinya bahkan berhenti, kemudian ada lagi, ada yang siklus haidnya cuma tiga minggu atau malah sampai enam minggu baru dapat lagi. Nanti bila semakin dewasa, akan semakin teratur. Kalau tidak ada keluhan lain, tidak perlu dicemaskan.

  24. kartini
    16 Maret 2011    

    dr. Salma……terimakasih sekali atas informasinya, hati saya lebih tenang,…..

    tapi maaf sekali saya mau bertanya karena pertanyaan saya sebelumnya terpustus : jadi dia selama setahun ini menstruasinya sudah rutin tiap bulan dengan siklus 7 hari,,,,nah untuk yg februari ini dia sudah kurang lebih 3 minggu belum selesai,..cuma yang banyaknya seperti biasa 7 hari nah selebihnya warna coklat…malah 3 hari ini mengeluh perutnya mules, apakah itu pengaruh dari itu atau bukan? saya masih mencemaskannya…terimakasih…

  25. ela
    16 Maret 2011    

    terima kasih ya dok…. namun ada pertanyaan lagi dok, sebelum kami berobat ke dokter kebidanan, apakah kakak saya di perbolehkan menikah dalam keadaan mengalami amenore primer ? adakah kendala yang serius jika di paksakan untuk menikah??? jawaban dokter akan sangat membantu dok… terimakasih sekali lagi dok….

  26. nisa
    16 Maret 2011    

    iya dok, karena bergerak, ukurannya sangat kecil sekali berwarna kemerahan, apa saya menderita cacingan dan cacing tersebut keluar bersama darah menstruasi saya ?

  27. dr Salma
    18 Maret 2011    

    @kartini, menurut dugaan saya memang dari pengaruh menstruasinya itu. Istilah awamnya dari bahasa Belanda “miskram”, kram perut karena haid. Kalau haidnya sudah hilang, sakitnya juga nanti hilang. Mudah-mudahan dengan semakin besar akan semakin teratur pola haidnya, sesuai kematangan organ-organ reproduksinya. Tapi kalau ibu masih cemas atau sakitnya sampai mengganggu aktivitas normal sehari-hari, baiknya diperiksakan ke dokter.

  28. dr Salma
    18 Maret 2011    

    @ela, kalau masalah apakah sebaiknya boleh menikah atau tidak, tentu tergantung calon pasangannya. Bila dia menerima kakak ela apa adanya, ikhlas dengan kondisinya dan bahkan dapat ikut membantu mencarikan terapinya, kenapa tidak? Yang penting harus terbuka di awal. Berobat ke dokter kebidanan bukan hanya untuk terapi semata, tapi paling tidak menjadi tahu sumber masalahnya, apa peluang keberhasilan terapinya, bagaimana langkah selanjutnya, dll. Jangan dibiarkan terus begitu saja, hanya “pasrah”. Kalaupun nanti diketahui harus keluar biaya yang mahal, bisa dipikirkan apakah bisa dicarikan solusi keuangannya, atau mencari alternatif terapi yang lebih murah, dll. Semoga membantu.

  29. dr Salma
    18 Maret 2011    

    @nisa, mungkin saja cacing yang keluar bersamaan. Kalau peluruhan lapisan rahim yang memang biasanya keluar bersamaan dengan menstruasi –tadinya dipersiapkan untuk janin, tapi karena tidak terjadi pembuahan maka dikeluarkan dalam proses menstruasi–pasti tidak bergerak.

  30. dewi
    25 Maret 2011    

    dok, saya mau tanya,,,klo mules dismenore setelah menstruasi normal ga????trus sebabnya apa ko bisa mules dismenore setelah menstruasi selesai??makasiiiiihhh….

  31. 29 Maret 2011    

    saya wnita 22thn.ingin tny sya bulan ini haid selama 2 hari..tpi stlah sktr 10 hri kmdian keluar pndrhn lgi..apa itu sisa haid??sblmny sya tdk pernah sprti itu…pndrahan sma sprti haid biasa??apa itugangguan serius dok??

  32. Ida (edi)
    30 Maret 2011    

    dok'(Ida)istri saya mau nanya,4bln setelah melahirkan haidnya tidak normal,selama 2 bln tidak haid dan pernah haid di akhir bln ke 2 tpi kalau haid cm sedikit darah yang keluar,apa yang ia alami ini normal atau tdk?????Dia juga tidak menggunakan alat KB tpi memakai sutra untuk pencegah kehamilan. terimakasih

  33. dr Salma
    31 Maret 2011    

    @graciakireidesu, kalau 10 hari kemudian perdarahan lagi, ya kemungkinannya menstruasi baru bukan lanjutan yang sebelumnya. Ketidakteraturan haid adalah hal biasa. Stres, makanan, aktivitas seksual, obat, olah raga, dll bisa menyebabkan haid tidak teratur untuk sementara waktu. Bila tidak ada keluhan lain seperti nyeri, perdarahan yang banyak, atau masalah lain, tidak perlu dicemaskan. Kalau ketidakteraturan berlanjut hingga berbulan-bulan atau disertai keluhan, Anda perlu memeriksakan diri ke dokter.

  34. dr Salma
    31 Maret 2011    

    @ida/edi, siklus haid tidak beraturan setelah melahirkan adalah hal yang normal.

  35. yanti
    31 Maret 2011    

    Siang dok….
    dok saya mau nanya, saya baru menikah sekitar 1 bulan. yang saya mau tanyakan apakah ciri2 kehamilan itu? saya pikir sebelumnya saya hamil, tetapi pada hari ini saya mengalami haid yang seharusnya pada awal bulan april, tapi di tanggal 31 maret ini darah haid pertama saya udah keluar, dan warnanya merah muda. biasanya klo saya pertama haid perut suka sakit dan warna darahnya merah tua. tapi haid sekarang ga ada rasa sakit. kemudian tubuh saya malah naik 2kg dan sering kencing. apakah pada kehamilan juga terjadi haid/pendarahan dok? minta penjelasannya dok…. Trims.

  36. dr Salma
    31 Maret 2011    

    @yanti, mengenai tanda kehamilan, coba baca artikel Tanda-tanda kehamilan. Pada awal kehamilan, bisa memang sering ada sedikit bercak darah merah karena bakal janin melakukan perlekatan di rahim, tapi jelas bukan darah haid. Kalau hamil, tidak terjadi haid.

  37. titi
    31 Maret 2011    

    dok saya menstruasi hri pRtma,ddrah’y tuh ada cacing dok..jls bgt itu cacing,bahayakah dok?mkch..

  38. dr Salma
    31 Maret 2011    

    @titi, kayaknya sih bukan cacing tapi bagian dari lapisan rahim yang memang dikeluarkan dalam proses menstruasi. Cacing sebagai parasit umumnya tidak berbahaya. Lihat 5 Jenis Cacing Penyebab Cacingan

  39. lia
    1 April 2011    

    dok.. saya mengalami haid berkepanjangan dan setelah ke dr kandungan dan di usg ada polip di rahim. krn masih gadis saya tidak bisa dkuret. sebaiknya apa yang harus saya lakukan utk menyembuhkan polip? dan apa penyebab polip agar tidak terulang dikemudian hari.

  40. dr Salma
    3 April 2011    

    @lia, satu-satunya cara untuk menyembuhkan adalah kuretase atau bedah. Obat-obatan hormonal dapat mengecilkan polip atau mengurangi gejala, tapi biasanya akan kembali tumbuh bila dihentikan. Selain itu, obat-obatan tersebut memiliki efek samping. Langkah terbaik saat ini adalah membiarkan polip itu. Pada kebanyakan kasus, polip tidak perlu diambil bila tidak mengganggu atau berisiko menjadi kanker. Sampai saat ini tidak ada yang tahu mengapa polip tumbuh pada seseorang dan tidak pada yang lainnya. Jadi, tidak ada yang bisa kita lakukan untuk mencegahnya.

  41. yulia
    13 April 2011    

    siang dok,, sy gadis brusia 21 tahun. sy menstruasi tak kunjung slesei,, trus keluhan nyeripun hanya kadang2..haid sdh 3 minggu blm slesei.. gmn ya dok..?makasi :)

  42. dr Salma
    13 April 2011    

    @yulia, kalau menstruasi 3 minggu belum selesai itu berarti ada masalah. Sebaiknya memeriksakan diri ke dokter.

  43. dr Salma
    13 April 2011    

    @dewi, normalnya dismenore hilang setelah menstruasi selesai. Bila masih mules setelah menstruasi, penyebabnya bukan siklus menstruasi tapi sebab lain kista, tumor, endometriosis, dll (dismenore sekunder). Atau karena masalah lain di perut.

  44. linda
    15 April 2011    

    dok.. sudah setahun sy tdk haid, terakhir haid dua bulan setelah melahirkan, seblm hamil haid saya emang tdk teratur kadang 3 – 6 bln br haid, sy biasa minum obat yg d kasih sm dokter buat pelancar haid, tp kayaknya sdh tidak berkhasiat lg, kalo hbs minum obat biasanya cuman flek2 aja dok. mohon solusinya …

  45. dr Salma
    16 April 2011    

    @linda, penyebab tidak haid lagi (amenore sekunder) banyak sekali. Salah satunya, menyusui bisa membuat beberapa wanita berhenti haid untuk sementara. Untuk menentukan penyebab tidak mens, biasanya perlu diagnosis pemeriksaan hormon-hormon yang mengendalikan siklus menstruasi, yaitu TSH (tyroid stimulating hormone) dan prolaktin. Kista, tumor, pil kb, obat-obatan, penyakit kronis, gangguan kelenjar tiroid, kehamilan ektopik, penurunan berat badan drastis. dll bisa menyebabkan gangguan kinerja kedua hormon sehingga siklus mens terhenti. Untuk mengembalikan haid, penyebab dasarnya harus dihilangkan. Bila Anda menyusui bayi Anda, tidak adanya haid sementara ini saya kira tidak perlu dikhawatirkan, kecuali ada keluhan lain. Nanti bila Anda ingin memiliki anak lagi dan belum juga dapat mens, sebaiknya kembali berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan perawatan.

  46. nta
    22 April 2011    

    dok….usia saya 28 tahun, udah 2 bulan ini setiap selesai mentruasi saya keluar darah sedikit sih berwarna coklat, bulan kemaren sih 3 harian, bulan ini baru hari ini aja, sebelumnya 2 tahun lalu saya pernah sampe 6 bulan begini, berobat ke dokter …pertama dikasih obat penyeimbang hormon…tapi gak mempan…kemudian dikasih progynova dan akhirnya berhenti…tapi kok sekarang ada lagi, saya sudah punya menikah selama 7 tahun dan belum pernah hamil dan tidak pernah memakai alat kontrasepsi, tolong saya dok…ada apa dgn saya? trm ksh

  47. dr Salma
    22 April 2011    

    @nta, Anda tampaknya dari diagnosis dokter sebelumnya memiliki masalah hormonal sehingga menstruasinya abnormal. Progynova yang diberikan dokter adalah hormon estrogen sintetis yang biasa diberikan kepada wanita yang kekurangan hormon estrogen (misalnya menjelang menopause untuk mencegah osteoporosis) atau yang dirangsang kesuburannya untuk proses bayi tabung. Untuk mengatasi masalah haid Anda, yang juga membuat Anda kesulitan mendapatkan kehamilan, Anda perlu mendapatkan perawatan spesialistik gangguan reproduksi.

  48. astrid
    24 April 2011    

    dok, sya 28 thn,kb iud sdh 3thn. Stlh mens,sya bhub dg suami,stlh itu suami dnas luar kota. 8 hr kmdn sya hbub lg dg,tp stlh bhub ini,kok keluar drh n perut bag bawah skt,spt wkt mens. Itu knp ya dok? Terimakasih sblmnya

  49. dr Salma
    25 April 2011    

    @astrid, kalau perdarahan setelah hubungan, terjadi di pertengahan siklus menstruasi dan jumlahnya tidak banyak, kemungkinan karena terlalu bersemangat saja atau kurang pemanasan (foreplay). Kalau jumlahnya banyak dan terus keluar, perlu pemeriksaan lebih lanjut.

  50. hikmah
    26 April 2011    

    dok,saya gadis berusia 15 tahun , saya kok mens nya cept bgt yah ! hanya berselang 15 hari waktu haid di bulan ini .dan haid saya udh 5 hari kok ga’berhenti yah,besok nya keluar darah lagi tapi kadang2 saja ! dan darah yang keluar biasanya cukup banyak.ada apa yah dok?

  51. auliya
    27 April 2011    

    dokter, sya remaja berusia 19 tahun dan belum menikah, tapi sya mengalami obesitas, menstruasi sya akhir2 ini tdk lancar, sudah dua bulan sya tdk haid, selain itu sya juga memiliki jadwal serta tugas kuliah yg sangat padat, jujur dok sya takut kalo sampek 2 bulan ini sya belum menstruasi… mohon jawabannya dok.. terimakasih

  52. shita
    29 April 2011    

    Dok,sy gadis berusia 19th. sy mendapat mens pertama kali umur 17th. tapi sampai sekarang siklus mens saya tidak teratur stiap bulan. trkadang sampai 6bulan baru dapat mens. nah, yang jadi masalah disini apa ya Dok?

  53. dr Salma
    29 April 2011    

    @auliya, siklus menstruasi tidak lancar banyak sebabnya, baik fisik maupun psikis. Stres yang tinggi dapat berpengaruh pada hormon pengatur menstruasi sehingga mens tidak teratur/tidak mens. Sebab lainnya tidak mens tentu saja adalah kehamilan. Bila Anda tidak pernah melakukan hubungan sebelumnya, tidak perlu khawatir kalau hamil.

  54. dr Salma
    29 April 2011    

    @shita, keterlambatan Anda mendapat mens pertama dan siklusnya yang tidak teratur kemungkinan karena adanya gangguan hormonal. Anda perlu mendapatkan pemeriksaan karena bisa berpengaruh pada fertilitas Anda di masa depan. Semakin dini ditangani, semakin baik.

  55. 1 Mei 2011    

    hai dokter..saya berumur 23 tahun..saya ada masalah tentang gangguan haid…masalahnya macm ni..kitaran haid saya tidak betul..bila saya datang haid,hanya ambil masa 3 hari saja..lepas tu..haid datang lambat…biasanya 2 atau 3 bulan baru haidnya datang…jadi apakah masalahnya?

  56. Ami
    1 Mei 2011    

    dokter saya mau tanya? saya wanita dan belum menikah, usia 26 tahun.. dokter saya mengalami keluhan sakit, nyeri dan mengganjal dibagian perut bawah sebelah kanan, kejadian ini saya alami hampir setiap minggu.. 3 s/d 5 kali, kemudia juga saya sering kali haids setelah darah tidak keluar lagi selang 3 s/d 7 hari keluar darah lagi?? saya sakit apa ya dok?

  57. dr Salma
    2 Mei 2011    

    @ami, sebaiknya diperiksakan ke dokter.

  58. dr Salma
    2 Mei 2011    

    @mass, kitaran haid tidak teratur biasanya karena gangguan hormonal.

  59. baktiyo
    4 Mei 2011    

    kalau seorang wanita mengalami menstruasi 10 – 12 hari itu normal apa tidak? saat menstruasi darah yang keluar biasa/wajar dan secara kasat mata seperti darah haid normal. rasa nyeri ya sedikit dirasakan saat mengalami menstruasi sebelum menstruasi disertai dengan pegal – pegal di otot betis dan paha. 2 hari pertama darah yang keluar sedikit kemudian 3 hari kemudian banyak dan sisanya sedikit kalau haid mau selesai darah yang keluar berwujud flek – flek coklat. .haid bulan berikutnya kadang maju 1-2 hari dari haid sebelumnya. terima kasih atas jawabannya.

  60. dr Salma
    6 Mei 2011    

    @baktiyo, menstruasi sampai 10-12 disertai gejala/keluhan lain menunjukkan ada yang tidak beres. Jangan dianggap sebagai sesuatu yang normal, sebaiknya segera diperiksakan ke dokter.

  61. dr Salma
    6 Mei 2011    

    @ami, keluhan Anda menandakan ada masalah di rahim Anda, harus diperiksa dokter untuk mengetahuinya.

Arsip Artikel
Bergabunglah dengan ribuan orang lain yang secara otomatis mendapatkan artikel baru dari situs ini ke email mereka. Masukkan alamat e-mailmu:
    Kunyit Putih - 30 harga produk
    30ribu
    Kunyit Putih