5 Langkah Mengatasi Diabetes Secara Alami

Dr. Don Colbert adalah penulis buku dan seorang pakar dalam pengobatan diabetes. Dalam video di atas beliau menjelaskan secara ringkas bagaimana caranya mengatasi diabetes secara alami.

Sepertinya tidak ada yang baru dari langkah-langkahnya, hampir semuanya telah dibahas di berbagai artikel di situs ini dan berbagai sumber lainnya, kecuali barangkali langkah ke-4 yaitu keseimbangan hormon (yang sebenarnya tidak bisa disebut alami dan harus dilakukan oleh dokter berpengalaman).

Lima langkah tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Mengendalikan lingkar perut. Diabetes mengikuti kegemukan, terutama kegemukan di mana lemak berpusat di lingkar perut. Anda perlu melakukan pengukuran lingkar perut (waistline) secara berkala untuk memastikan bahwa nilainya dalam batas normal.
  2. Diet yang tepat. Hindari gula, gandum dan pati jagung. Produk berbasis gandum atau terigu seperti cracker, cereal, pasta, bagel, dll memiliki indeks glikemik tinggi. Pada penderita diabetes, makanan seperti itu menciptakan lonjakan dalam gula darah yang memerlukan banyak insulin dan membuat pankreas kepayahan. Terlalu banyak gula darah juga menyebabkan tubuh “keracunan glukosa” atau apa yang disebut glocutoxicity, yang merusak organ-organ.
  3. Olah raga yang baik. Olah raga bisa merupakan kombinasi aerobik maupun non-aerobik (angkat beban) yang membentuk kelompok otot besar di paha, pantat dan punggung. Hal itu akan menurunkan resistensi insulin, yang menjadi penyebab diabetes tipe 2.
  4. Keseimbangan hormon. Penderita diabetes tipe 2 biasanya memiliki keseimbangan hormon yang buruk. Pada pria, kadar testosteron biasanya rendah. Demikian pula dengan DHT (Dihydrotestosterone). Suntikan atau pil hormon testosteron dapat menaikkannya. Pada perempuan, estrogen biasanya juga rendah. Suntikan progesteron dapat meningkatkannya. Perempuan juga dapat memiliki testosteron terlalu tinggi, yang cenderung meningkatkan lingkar perut.
  5. Mengambil suplemen. Berbagai suplemen tersedia untuk membantu Anda mengelola diabetes secara alami.

Diabetes dalam jangka panjang meningkatkan risiko hampir semua penyakit berat seperti stroke, serangan jantung, kanker, gagal ginjal, alzheimer, dll. Diabetes juga menyebabkan penuaan dini. Kulit menjadi keriput dan menggelantung. Pada pria, diabetes dapat menyebabkan disfungsi ereksi. Oleh karena itu, penting sekali untuk mengelolanya sebelum berkembang menimbulkan komplikasi.

Semoga tips-tips beliau bisa semakin menguatkan tekad Anda yang telah memiliki diabetes atau pradiabetes untuk melawan penyakit tersebut dengan sungguh-sungguh. Diabetes bukanlah penyakit yang tidak dapat diobati.

Arsip Artikel
Bergabunglah dengan ribuan orang lain yang secara otomatis mendapatkan artikel baru dari situs ini ke email mereka.
Berlangganan
Nama: 
Alamat email Anda:*
Please enter all required fields
Correct invalid entries
Buku best seller nasional oleh dr Salma. Tiga kali cetak ulang hanya dalam 6 bulan setelah terbit! Segera dapatkan di toko-toko buku kesayangan Anda!