5 Langkah Praktis Memeriksa Payudara Sendiri

Memeriksa sendiri secara teratur keadaan payudara Anda (self breast examination) dapat secara efektif mengurangi risiko kehadiran kanker payudara tanpa disadari. Setiap wanita berusia di atas 20 tahun sangat dianjurkan untuk melakukannya.langkah1

Berikut adalah lima langkah praktis untuk memeriksa sendiri payudara Anda:

Langkah 1:

Berdirilah di depan cermin dengan bahu tegak dan tangan lurus di samping pinggang. Lihat kedua payudara Anda:

  • Apakah ukuran, bentuk dan warnanya seperti biasa?
  • Apakah ada distorsi bentuk atau pembengkakan?

Periksakan diri ke dokter bila menemukan perubahan berikut pada payudara Anda:langkah2

  • Lekukan, kerutan atau tonjolan di kulit
  • Puting susu berubah posisi atau masuk ke dalam
  • Warna kemerahan, pucat, meradang atau membengkak

Langkah 2:

Angkat kedua tangan Anda dan lihat apakah ada perubahan yang sama.

Langkah 3:

Tekan dengan lembut putting susu Anda dengan jari dan ibu jari. Lihat apakah ada benda cair yang keluar.langkah3

Langkah 4:

Selanjutnya, sambil tidur berbaring, rasakan kedua payudara Anda dengan meraba payudara kanan dengan tangan kiri, dan payudara kiri dengan tangan kanan. Tekan secara mantap namun lembut dengan jari-jari yang rata dan saling merapat.

Lakukan perabaan dari atas ke bawah, sisi ke sisi dari dada bagian atas sampai ke perut bagian atas dan dari ketiak sampai lekukan tengah di antara kedua payudara.
langkah4

Ikuti satu pola untuk memastikan seluruh bagian payudara Anda terperiksa. Anda bisa memulai dari puting susu, lalu melingkar melebar seperti obat nyamuk ke bagian luar payudara. Anda juga bisa mengambil pola seperti orang mengepel lantai, dari atas ke bawah atau kiri ke kanan dengan tarikan lurus-lurus. Mulai dengan rabaan lembut, lalu tekan lebih keras pada bagian yang perlu diperiksa jaringannya sampai ke dalam.

Langkah 5:

Terakhir, rasakan payudara Anda ketika duduk dan berdiri. Banyak wanita yang merasa lebih peka ketika payudara mereka basah dan licin. Anda bisa mencoba melakukannya sewaktu sedang mandi. Lakukan gerakan yang sama dengan langkah 4.

Rekomendasi:

Kapsul Keladi Tikus terbuat 100% dari ekstrak keladi tikus (typonium flagelliforme) yang menghambat dan mematikan sel-sel kanker. Sejak tahun 1995, khasiat keladi tikus mulai dikenal luas oleh masyarakat dan membantu ribuan orang sembuh dari penyakit kanker.

Manfaat: membantu penyembuhan berbagi jenis kanker seperti: kanker payudara, serviks, otak, paru-paru, prostat dan kolon/usus besar, mengurangi efek samping kemoterapi dan mempercepat penyembuhan penyakit infeksi.

Arsip Artikel
Bergabunglah dengan ribuan orang lain yang secara otomatis mendapatkan artikel baru dari situs ini ke email mereka.
Berlangganan
Nama: 
Alamat email Anda:*
Please enter all required fields
Correct invalid entries
Buku best seller nasional oleh dr Salma. Tiga kali cetak ulang hanya dalam 6 bulan setelah terbit! Segera dapatkan di toko-toko buku kesayangan Anda!