web analytics

5 Tips Agar Cepat Sembuh dari Flu

'No swine flu, please' photo (c) 2009, Austin Keys - license: http://creativecommons.org/licenses/by-sa/2.0/Mungkin semua orang pernah terkena flu. Meskipun kebanyakan jenis flu tidak mengancam jiwa, Anda tentu ingin secepat mungkin sembuh dari flu ketika penyakit itu datang. Berikut adalah 5 tips untuk mengatasi flu agar Anda dapat cepat sembuh.

1. Beristirahat

Untuk membantu tubuh Anda mengenyahkan virus flu secepat mungkin, Anda perlu beristirahat dan tidur di lingkungan yang tenang dan nyaman.Jika Anda terus memaksakan diri untuk bekerja, tubuh Anda akan membutuhkan waktu lebih lama untuk pulih. Selain itu, ada kemungkinan gejalanya kembali dengan cepat karena Anda belum pulih dan resistensi Anda sangat rendah terhadap flu.

2. Cukup minum

Seringkali nafsu makan berkurang ketika Anda terkena flu karena adanya rasa mual atau pahit di lidah. Anda mungkin tidak banyak makan tetapi usahakanlah cukup minum. Hidrasi yang cukup membantu daya tahan tubuh Anda melawan virus flu. Teh yang dicampur madu adalah pilihan minuman yang baik untuk Anda. Beberapa orang menyukai wedang jahe yang menghangatkan atau wedang jeruk nipis yang terasa enak di tenggorokan, terutama bila Anda juga merasakan tenggorokan gatal. Cobalah untuk tidak meminum kopi karena kafein berefek diuretik sehingga dapat membuat Anda jadi kekurangan cairan.

3. Meminum obat

Sebenarnya tidak ada obat untuk flu karena penyakit itu disebabkan virus. Antibiotik tidak ada gunanya untuk flu. Tubuh Anda sendirilah yang harus mengatasinya. Namun demikian, obat-obatan yang tersedia secara bebas maupun obat resep dapat membantu Anda mengurangi gejala yang ditimbulkannya, seperti demam, hidung tersumbat dan sakit kepala.

Mengkonsumsi suplemen vitamin C juga tidak terlalu bermanfaat jika Anda sudah terkena flu karena vitamin C hanya efektif meningkatkan kekebalan tubuh jika telah lama digunakan. Bahkan, berlebihan mengkonsumsi vitamin C bisa berbahaya jika tidak diimbangi cukup minum karena meningkatkan risiko batu ginjal.

4. Mandi air hangat

Mandi air hangat mungkin tidak secara langsung menyembuhkan flu, tetapi jelas membuat Anda merasa lebih nyaman. Ketika mandi air hangat, buanglah seluruh lendir dari hidung dan biarkan uap air membuat hidung Anda terasa lega.

5. Kunjungi dokter

Jika demam terlalu tinggi (di atas 40 derajat Celcius), dalam waktu satu minggu belum sembuh atau tambah parah, pasien berusia lanjut atau anak-anak, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter.

Setelah Anda sembuh dari flu, untuk meningkatkan ketahanan tubuh Anda biasakanlah agar selalu cukup minum (1,5 sampai 2 liter sehari), makan makanan yang seimbang, berolahraga teratur dan cukup beristirahat.


Rekomendasi:

Spirulina (arthrospira) adalah alga plankton berwarna biru kehijauan yang kaya akan protein dan tujuh vitamin utama: A1, B1, B2, B6, B12, C dan E serta mengandung beta karotin dan bermacam-macam mineral.  Spirulina memiliki semua jenis asam amino dalam bentuk yang sangat mudah dicerna (lima kali lebih mudah dicerna dari protein hewan atau kedelai).

Manfaat: membantu mempercepat kesembuhan dari penyakit infeksi, menurunkan kadar kolesterol, menurunkan risiko serangan jantung, meningkatkan daya tahan tubuh, mengurangi keracunan pada ginjal, meningkatkan jumlah mikroba lactobacillus dalam tubuh, mempercepat penyembuhan luka dan mengatasi masalah kekurangan zat/mineral.

Arsip Artikel
Bergabunglah dengan ribuan orang lain yang secara otomatis mendapatkan artikel baru dari situs ini ke email mereka. Masukkan alamat e-mailmu:
    Mordica - 60 harga produk
    60ribu
    Mordica