6 Faktor yang Dapat Meningkatkan Tekanan Darah

Jogging on a bright November morningphoto © 2008 Ed Yourdon | more info (via: Wylio)Banyak orang yang menderita tekanan darah tinggi (hipertensi). Seringkali mereka memiliki masalah hipertensi karena bakat genetik. Namun, ada banyak faktor lain yang dapat meningkatkan dan memengaruhi tekanan darah selain bakat bawaan. Berikut ini adalah beberapa faktor di antaranya:

1. Garam

Salah satu penyebab tekanan darah tinggi adalah makan terlalu banyak garam. Banyak orang mendapati tekanan darah mereka naik setelah makan terlalu banyak garam. Kita sering mengonsumsi natrium jauh melebihi yang kita sadari. Penyebabnya seringkali karena garam yang sudah ada dalam makanan. Dalam banyak makanan seperti sup, gorengan dan mie terdapat garam yang lebih banyak garam daripada yang mungkin Anda perkirakan atau rasakan.

2. Stres

Jika Anda stres, Anda memiliki tekanan darah lebih tinggi. Anda perlu mencoba untuk tetap tenang dan menangani masalah secara rasional. Teknik relaksasi dan obat kadang-kadang dapat membantu untuk tetap tenang menghadapi tekanan kehidupan.

3. Obat

Obat-obat tertentu dapat meningkatkan tekanan darah, termasuk sejumlah obat flu. Waspadai obat yang mungkin menimbulkan efek ini.

4. Umur

Seiring bertambahnya usia, orang lebih rentan memiliki tekanan darah tinggi. Inilah sebabnya mengapa semakin tua, semakin penting orang untuk memeriksa tekanan darah Anda. Hipertensi sering disebut sebagai “silent killer” karena diam-diam membahayakan kesehatan banyak orang tanpa disadari.

5. Berat badan

Jika Anda kelebihan berat badan, Anda akan cenderung memiliki tekanan darah tinggi. Mengontrol berat badan Anda dapat membantu mengurangi ancamannya.

6. Kurang olahraga/ aktivitas

Kurang olahraga sering berperan terhadap tekanan darah tinggi. Orang yang kurang gerak sering memiliki tekanan darah tinggi. Siapapun yang berolahraga secara teratur berpotensi memiliki tekanan darah lebih rendah. Olah raga juga bermanfaat mengurangi stress.

Bila Anda memiliki hipertensi, Anda harus selalu memantau tekanan darah Anda agar tidak berisiko terkena stroke dan penyakit jantung. Menjaga tekanan darah tetap dalam kontrol memastikan kesehatan Anda selalu optimal.


Rekomendasi:

Zaitun Kapsul berisi minyak zaitun murni berkualitas tinggi. Minyak zaitun terbukti secara ilmiah dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL) dalam darah, menyehatkan jantung, mencegah kanker, melancarkan pernafasan, mencegah peradangan lambung, meningkatkan pertumbuhan tulang, menghambat penuaan sel-sel kulit dan sebagai antioksidan.

Arsip Artikel
Bergabunglah dengan ribuan orang lain yang secara otomatis mendapatkan artikel baru dari situs ini ke email mereka.
Berlangganan
Nama: 
Alamat email Anda:*
Please enter all required fields
Correct invalid entries
Buku best seller nasional oleh dr Salma. Tiga kali cetak ulang hanya dalam 6 bulan setelah terbit! Segera dapatkan di toko-toko buku kesayangan Anda!