7 Tanya-Jawab Mengenai Diabetes

tanya jawab diabetesBila Anda sudah terdiagnosis diabetes, memahami berbagai hal mengenai diabetes sangat membantu Anda untuk menjadi pasien yang cerdas dan dapat tetap hidup sehat. Tujuh tanya-jawab penting berikut dapat membantu menambah pengetahuan Anda mengenai diabetes.

1. Bila saya memiliki diabetes, seberapa sering saya harus memeriksa gula darah sendiri?

Jika Anda meminum obat secara teratur sesuai resep dokter, Anda tidak perlu terlalu sering memeriksa, mungkin seminggu sekali sudah cukup. Bila Anda mendapatkan terapi insulin, Anda perlu lebih sering memeriksa agar perubahan gula darah Anda termonitor.

2. Kapan waktu terbaik untuk memeriksa gula darah?

Anda sebaiknya memeriksa gula darah secara berpasangan, sebelum makan dan sekitar dua jam setelah makan. Idealnya, gula darah Anda naik tidak lebih dari 40 mg/dl di antara dua pengukuran.

Dengan mengukur gula darah secara berpasangan Anda akan mengetahui kadar gula darah Anda sebelum makan dan dampak dari  berbagai jenis makanan dan jumlah makanan, obat-obatan dan olahraga terhadap gula darah Anda.

3. Berapa target gula darah saya?

Target yang harus dicapai tergantung situasi Anda masing-masing. Untuk kebayakan pasien, beberapa target berikut dapat menjadi patokan:

  • Glukosa darah sebelum makan antara 110-120 mg/dl
  • Glukosa darah sesudah makan antara 160-180 mg/dl
  • Hemoglobin glikosilasi (glycosilated hemoglobin) (HbA1c) antara 6,5 – 7%

4. Apakah yang disebut tes HbA1c?

Tes HbA1c atau tes hemoglobin A1c atau tes hemoglogin glikosilasi adalah tes darah yang untuk mengukur kadar glukosa darah rata-rata dalam 6-8 minggu terakhir. Tes itu mengukur jumlah glukosa yang menempel pada molekul protein pembawa oksigen di dalam sel darah merah yang disebut sebagai hemoglobin. Karena memberikan gambaran global dalam jangka panjang, tes ini bermanfaat untuk melihat perkembangan diabetes sebelum dan setelah pengobatan dan perubahan gaya hidup.

Hasil tes ini diukur dalam persentase. Semakin mendekati 7 persen atau kurang, semakin mendekati kadar gula darah harian di kisaran normal 75-130 mg/dl. Kenaikan HbA1c di atas 1 persen meningkatkan risiko komplikasi jangka panjang, seperti kerusakan ginjal, gangguan penglihatan, dll hingga 30 persen.

5. Apakah tanda atau gejala bahwa gula darah saya terlalu rendah?

Gula darah terlalu rendah biasanya ditandai dengan rasa lapar, tremor/gemetaran, lemas, dan keringat berlebihan. Namun gejala bisa berbeda pada setiap orang. Bila Anda telah sering mengalami hipoglikemia, mungkin tidak ada gejala yang dirasa karena tubuh sudah terbiasa. Anda mungkin tiba-tiba pingsan atau mengalami konvulsi.

Bila Anda mencurigai gula darah Anda terlalu rendah (hipoglikemia), Anda harus segera mendapatkan gula secara langsung, misalnya dalam bentuk minuman manis, madu, permen, dll. Gejala seharusnya berkurang setelah Anda mendapatkan gula. Setelah itu, Anda perlu mengikutinya dengan makan.

Hipoglikemia bisa disebabkan oleh terlambat makan atau karena dosis pengobatan  diabetes yang berlebihan atau efeknya lebih dari biasanya. Bila penyebabnya bukan karena Anda terlambat makan, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter.

6. Apakah tanda atau gejala gula darah terlalu tinggi?

Merasa lemas, lelah, sering kencing, sering haus, dan rasa lapar dapat menjadi tanda gula darah terlalu tinggi (hiperglikemia). Namun, gula darah tinggi sering hadir tanpa gejala. Hanya tes gula darah yang dapat mendeteksi kondisi aktual gula darah Anda.

7. Betulkah makan buah yang manis seperti kelengkeng dan semangka tidak berbahaya bagi penderita diabetes?

Buah-buahan mengandung gula ganda yang disebut disakarida, di mana separuhnya adalah glukosa dan separuhnya fruktosa. Namun semuanya di dalam tubuh diubah menjadi glukosa untuk menjadi energi. Buah-buahan yang tidak diolah (dimakan apa adanya) harus menjadi bagian dari diet Anda sehari-hari karena kaya akan vitamin, mineral dan serat. Silakan mengonsumsi buah-buahan asalkan tidak berlebihan. Porsi yang disarankan adalah sekitar 2 cangkir buah sehari.

Arsip Artikel
Bergabunglah dengan ribuan orang lain yang secara otomatis mendapatkan artikel baru dari situs ini ke email mereka.
Berlangganan
Nama: 
Alamat email Anda:*
Please enter all required fields
Correct invalid entries
Buku best seller nasional oleh dr Salma. Tiga kali cetak ulang hanya dalam 6 bulan setelah terbit! Segera dapatkan di toko-toko buku kesayangan Anda!