web analytics

7 Tips Memilih BH atau Bra Yang Sehat

Payudara adalah bagian tubuh yang lembut dan sensitif karena tidak mengandung massa otot. Penggunaan BH atau bra yang kurang tepat dapat menyebabkan kerusakan permanen pada payudara. Bila BH Anda terlalu ketat, payudara Anda akan tertekan sehingga menghalangi sirkulasi darah dan menyebabkan iritasi. Bila BH Anda terlalu longgar, payudara Anda akan kendor/menggantung karena kurang ditopang. Oleh karena itu, penting sekali untuk menggunakan BH yang tepat setiap hari.

Berikut adalah tips memilih BH yang tepat untuk Anda:

  1. Usahakan untuk mencoba/mengepaskan BH sebelum Anda membeli. BH yang pas akan menahan payudara Anda dengan baik tetapi tidak menekan sehingga meninggalkan bekas di kulit pundak maupun punggung Anda. Jangan malu atau ragu untuk mencoba BH sebelum membeli dan jangan mengandalkan informasi dari pramuniaga. Andalah yang paling bisa merasakan mana BH yang paling sesuai dengan tubuh Anda. Jangan membeli BH hanya dengan melihat-lihat kecuali Anda telah menggunakan merek, ukuran dan tipe yang sama sebelumnya. Bila Anda tidak diizinkan mencoba BH, cari toko lain yang mengizinkan Anda melakukannya.
  2. Bila ukuran payudara Anda membesar sebelum atau selama menstruasi, sebaiknya tidak membeli BH pada masa-masa tersebut karena Anda akan membeli BH dengan ukuran terlalu besar. Anda mungkin perlu memiliki BH khusus untuk masa-masa tersebut (dan juga di saat lain ketika payudara membesar, misalnya ketika hamil dan menyusui).
  3. Ukuran BH ditunjukkan dalam lingkar tubuh bagian dada dan besarnya payudara. Ukuran BH dalam lingkar dada dinyatakan dalam angka, misalnya 32, 34, 36 (AS), atau 70, 75, 80 (Eropa/Internasional). Ukuran besarnya payudara dinyatakan dalam huruf, yaitu A, B, C, dst. Ketahuilah pasangan ukuran mana yang tepat dengan tubuh Anda. Bila ukuran payudara Anda berbeda antara yang kanan dan kiri, pilihlah ukuran payudara yang lebih besar sebagai patokan.
  4. Pilihlah BH dari bahan katun atau serat mikro karena lebih nyaman untuk kegiatan sehari-hari. Bahan ini mengikuti kontur tubuh dan berpori-pori sehingga kulit Anda bisa bernafas leluasa. Hindari membeli BH yang sudah kedaluwarsa sehingga tidak lagi lentur saat dipakai, meskipun dijual dengan harga diskon atau obral.
  5. Pilihlah pengikat/tali BH yang elastis karena lebih memberikan kenyamanan dan fleksibilitas bila Anda menyesuaikannya dengan tepat. Namun, jangan menggunakan tali BH dari bahan yang terlalu lentur seperti lycra, spandex, dll karena kurang memberikan daya topang bila payudara Anda cukup besar.
  6. Untuk mangkuk BH, Anda boleh memilih yang berbusa atau tanpa busa, asalkan terasa nyaman. Mangkuk BH tanpa busa terasa lebih “mencengkeram”, namun mungkin sedikit kurang nyaman dibandingkan yang berbusa. Anda bisa berganti-ganti di antara kedua tipe sesuai aktivitas dan preferensi Anda.
  7. Gunakanlah BH khusus saat berolah raga. Ada banyak jenis BH khusus olah raga, namun semuanya memiliki fungsi khusus yaitu mengurangi goyangan payudara tanpa membuatnya tertekan. Untuk itu, BH khusus olah raga biasanya tidak memiliki kerangka dan bertali besar yang terikat kuat untuk memberikan dukungan maksimal. Tali BH mungkin bersilangan di punggung (berbentuk X atau Y) untuk memberikan keleluasaan gerak dan bahan yang dipakai biasanya berpori-pori sehingga dapat menyerap dan mengeringkan keringat. Ketika memilih BH khusus olah raga, pastikan juga Anda telah mengepaskannya dengan tubuh Anda. Cobalah BH dengan melakukan gerakan-gerakan tertentu untuk mengetahui apakah Anda akan nyaman mengenakannya saat berolah raga.

9 Komentar

  1. RAHMA
    1 Desember 2010    

    Dear Majalah Kesehatan.

    Saya wanita usia 32thn, sehari2 saya memakai bh sport. Saya merasa nyaman memakai nya karena bahannya menyerap keringat.
    Yg saya tanyakan, apakah itu baik buat kesehatan saya?

  2. dr Salma
    4 Desember 2010    

    @Rahma, sebenarnya setiap busana dirancang sesuai keperluannya. BH sport dirancang untuk melindungi payudara dari gerakan-gerakan olahraga sehingga cenderung lebih kuat untuk mempertahankan posisinya. Dalam aktivitas sehari-hari, perlindungan ekstra semacam itu sebenarnya tidak diperlukan. Yang lebih diperlukan mungkin adalah kenyamanan dan estetikanya. Tetapi, sejauh Anda tidak merasakan ada gangguan dan ketidaknyamanan karena BH sport, saya kira tidak apa-apa.

  3. rita
    25 Februari 2011    

    saya cewek berusia 18th….

    apa benar dok, kalau menggunakan BH yg basah ( karna keringat) dan jenis BH yg ada sponsnya beresiko kanker payudara???

  4. dr Salma
    25 Februari 2011    

    @rita, saya kira itu hanya mitos. Kanker payudara, seperti halnya kanker lain disebabkan mutasi genetis, bukan karena kelembaban atau efek negatif spon.

  5. rita
    1 Maret 2011    

    ow gt y dok…

    jd gpp y klw pake jenis BH yg berspon???

    makasih dok untuk infonya… :)

  6. ana
    26 Maret 2011    

    saya gadis berusia hmpr 19 thn,sdh mencoba bermacam2 merek bh yg bgs tp anehnya slalu merasa tdk nyaman di sebelah kanannya saja,jd pengen di tarik2 karena kayak kejepit gitu jd nggak nyaman,ini baru saya rasakan stgh thn blakangan ini…hanya ada perubahan dulu saya memakai tas punggung skrg tas bembeng, apakah penggunaan beban pada sblh tangan menjadi pengaruhnya???kira2 apa penyebab saya merasakan gejala ini??makasih dok

  7. uswah
    31 Maret 2011    

    dok saya gadis berumur 24 tahun, benarkah BH itu harus di lepas ketika tidur, klog emang bener tujuannya apa..trimkash

  8. dr Salma
    31 Maret 2011    

    @uswah, wah baru dengar itu malah kalau tidur harus lepas BH. Mungkin tujuannya agar bisa lega?

  9. Retno Nurmawati
    10 April 2011    

    kalau kita memahami tubuh kita para wanita, perlu kita sesuaikan dengan aktivitas yang kita lakukan sehari-hari, pada waktu bekerja yang tidak berat kita gunakan BH yang normal dan tentunya yang nyaman, kalau kita baru tugas di depan, mis sbg penerima tamu, mestinya kita menyesuaikan yang pantes dengan kostum yang kita pakai. Lebih-lebih pada waktu olah raga agar karunia Tuhan yang satu ini dapat tetap terpelihara dan terawat…….istilahnya harus ditata dg manajemen pemakaian BH agar terlihat bagus dan terasa nyata.

Arsip Artikel
Bergabunglah dengan ribuan orang lain yang secara otomatis mendapatkan artikel baru dari situs ini ke email mereka. Masukkan alamat e-mailmu:
    Daun Dewa - 27 harga produk
    27ribu
    Daun Dewa