web analytics

7 Tips Perawatan Rambut Berminyak

'Hair drying' photo (c) 2009, k4dordy - license: http://creativecommons.org/licenses/by/2.0/Anda sering berkeramas dengan sampo. Namun, dalam hitungan jam rambut Anda sudah terasa kotor dan kusut. Rasanya rambut Anda seperti telah dilumuri vaselin. Seperti jutaan orang lainnya, Anda memiliki masalah rambut berminyak.

Rambut yang sehat membutuhkan sejumlah sebum, sejenis minyak yang dikeluarkan oleh kelenjar-kelenjar di kulit kepala Anda. Sebum menjaga rambut agar tidak getas dan membuatnya berkilau indah. Rambut berminyak terjadi ketika produksi sebum berlebihan.

Penyebab rambut berminyak biasanya bersifat bawaan (genetik). Anda memiliki bakat untuk memproduksi sebum lebih banyak dari orang kebanyakan. Perubahan hormonal juga dapat membuat rambut lebih berminyak pada saat-saat tertentu. Beberapa wanita mengeluhkan rambut yang lebih berminyak pada awal dan akhir siklus menstruasi. Sebagian remaja putri memiliki rambut berminyak karena hormon androgen merangsang kelenjar sebasea untuk memproduksi lebih banyak sebum.

Meskipun Anda tidak dapat mengubah gen dan mengontrol hormon, beberapa tips berikut dapat membantu Anda mengelola rambut berminyak:

  1. Bersampo setiap hari. Orang dengan rambut berminyak boleh memakai sampo setiap hari. Rambut hanyalah struktur protein yang mati. Menyampo rambut setiap hari tidak akan merusaknya.
  2. Gunakan sampo sederhana. Kebanyakan sampo diperkaya dengan berbagai zat aditif dan kondisioner. Orang dengan rambut berminyak memerlukan sampo yang melarutkan minyak dengan baik. Pilih jenis sampo yang khusus untuk rambut berminyak dan tanpa tambahan kondisioner. Anda tidak perlu kondisioner.
  3. Gunakan sampo kering. Bubuk sampo kering membantu menyerap kelebihan minyak. Fokuskan penerapan sampo pada akar rambut untuk menyerap minyak dari sumbernya (kulit kepala).
  4. Gunakan sampo lembut. Waspadai sampo yang mengandung sulfat keras karena dapat menghapus kelembaban rambut, yang akan memicu kelenjar minyak untuk memproduksi minyak lebih banyak untuk mengurangi kekeringan. Pilihlah sampo yang ringan, misalnya sampo bayi.
  5. Gunakan cuka atau jeruk nipis. Bila Anda memiliki rambut berminyak yang parah, cobalah resep berikut: campurkan dua sendok cuka putih atau air perasan sebutir jeruk nipis dengan secangkir air hangat. Terapkan larutan tersebut ke rambut Anda secara merata, lalu bilas sampai bersih dengan air hangat.
  6. Bersampo sampai bersih. Bilaslah rambut setiap selesai bersampo sampai benar-benar bersih. Sisa sampo di rambut akan melengketkan kotoran dan mempercepat perminyakan.
  7. Kurangi rangsangan terhadap rambut Anda. Menyisir dan bermain-main dengan rambut Anda dapat memicu kelenjar sebasea untuk menghasilkan lebih banyak minyak. Cobalah untuk menahan tangan Anda untuk tidak terlalu sering menjamah dan menyisir rambut Anda.
Arsip Artikel
Bergabunglah dengan ribuan orang lain yang secara otomatis mendapatkan artikel baru dari situs ini ke email mereka. Masukkan alamat e-mailmu:
    Mimba - 27 harga produk
    27ribu
    Mimba