web analytics

Konsultasi

Alergi Susu Soya


  Diposting tgl: 17 Februari 2013

  Pertanyaan

Kemarin waktu diperiksa ke dokter anak, anak saya dvonis alergi susu sapi. Usia anak saya baru 2 bln dan dianjurkan diganti dengan susu soya. Setelah diganti dengan susu soya anak saya tidak muntah dan ruam merah di pantatnya. Tapi setelah mengganti dengan susu soya anak saya susah tdur di siang hari tapi malam hari tidurnya nyenyak, ruam merah di leher, bab 2 hari sekali. Yang mau saya tanya apa itu juga termasuk gejala alergi susu soya?

(Riri Riesty, Bandung)

   Jawaban dr Sony Prabowo, Sp.A

Ibu Riri Riesty yang baik,

Tentunya susu terbaik yang seharusnya Ibu berikan kepada bayi Ibu adalah ASI.

Dalam hal ini, adanya ruam merah di leher setelah konsumsi susu soya, dapat saja disebabkan oleh alergi soya/kedelai. Ibu bisa coba ganti susunya dengan Pregestimil / Neocate. Dan dilihat reaksi selanjutnya dalam 2-4 minggu. Untuk informasi lebih lanjut, Ibu bisa baca di: Alergi Susu Sapi


... dr Sony Prabowo, Sp.A adalah staf medis pada Siloam Hospital, Bali. Lulusan fakultas kedokteran Universitas Brawijaya dan residensi pediatrik Davao Doctor Hospital, Davao, Filipina, ini juga aktif dalam berbagai kegiatan sosial kesehatan untuk masyarakat miskin dan pencegahan aborsi ilegal. Bila Anda memiliki masalah terkait dengan kesehatan bayi dan anak, silakan berkonsultasi dengan dr Sony melalui rubrik ini.
Klik di sini untuk menghubungi dr Sony.