web analytics

Konsultasi

Anak 14 Bulan Susah BAB


  Diposting tgl: 21 Mei 2013

  Pertanyaan

Siang Dok, anak saya sekarang berumur 1 tahun 2 bulan (cewek). sudah hampir 3 bulan ini anak saya bermasalah dengan BAB nya. Sudah coba ganti-ganti susu tapi tetep tidak teratur dan saat pup nangis karena keras (mungkin sedikit trauma juga). Bentuk (maaf) tinjanya bulet-bulat seperti kotoran kambing dan berwarna hitam kadang hijau. Kadang-kadang kalau habis ganti susu, tinjanya warnanya bagus, kuning cerah dan tidak keras, tapi kalau sudah beberapa hari lagi keras babnya. Kalau sudah keras bab nya dan menangis, saya pasti pakaikan microlac untuk melancarkan.

Waktu lahir saya pakai asi dan sufor. Setelah 3 bulan tidak asi lagi karena keluar sedikit jadi hanya sufor, ternyata asi berhenti keluar alerginya, berupa bercak-bercak di kulit wajah (konsul ke dokter sp. anak waktu itu). Sekarang saya bingung harus pakai susu apa, dan harus bagaimana karena setiap kali konsul ke dokter anak, cuma disarankan ganti susu saja dan susunya diencerkan. Sudah saya encerkan susunya tetep saja bab nya tidak lancar dan keras.

Anak saya dari 4 bulan lebih sudah diperkenalkan buah pepaya dan bubur bayi karena dia sudah minta makan. Mohon bantuan dokter. Terima kasih banyak sebelumnya.

(Nani, Denpasar)

   Jawaban dr Sony Prabowo, Sp.A

Ibu Nani yang baik,

Mengingat pada usia tsb anak Ibu sudah diperbolehkan mengkonsumsi makanan, maka perlu diberikan lebih banyak sayur yang dihaluskan maupun buah-buahan seperti pepaya dan buah manis berserat lainnya yang dihaluskan sehingga fecesnya menjadi lebih lunak dan lebih mudah dikeluarkan. Pepaya merupakan salah satu pilihan yang baik, tetapi tentu diberikan lebih banyak jumlahnya sehingga BABnya lebih lancar.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan baca di: Anak Sulit BAB?


... dr Sony Prabowo, Sp.A adalah staf medis pada Siloam Hospital, Bali. Lulusan fakultas kedokteran Universitas Brawijaya dan residensi pediatrik Davao Doctor Hospital, Davao, Filipina, ini juga aktif dalam berbagai kegiatan sosial kesehatan untuk masyarakat miskin dan pencegahan aborsi ilegal. Bila Anda memiliki masalah terkait dengan kesehatan bayi dan anak, silakan berkonsultasi dengan dr Sony melalui rubrik ini.
Klik di sini untuk menghubungi dr Sony.