web analytics

Konsultasi

Anak 2 Tahun Belum Bisa Bicara


  Diposting tgl: 27 Oktober 2013

  Pertanyaan

Siang dok,

Anak saya usia 2 tahun 2 minggu sampe sekarang belum bisa berbicara seperti anak di usianya pada umumnya. Saya pernah bawa ke dokter anak katanya harus di stimulasi dirumah selama 2 bulan, dia tidak suka menirukan apa yang bunda dan bapaknya ucapkan, konsentrasinya kurang kalo disuruh mengikuti ucapan, dia juga tidak mau menatap mata kalo diajarin beribicara, perkembangannya dari lahir sampe sekarang sih normal, cuma di bicaranya yang lama sekali, tolong masukannya dokter, apakah anak saya perlu saya bawa ke perkembangan anak ato seperti apa,,.. sebelumnya anak saya suka sekali menonton film kartun dan sejenisnya... terima kasih dokter.

(Afniza, Jakarta)

   Jawaban dr Sony Prabowo, Sp.A

Ibu Afniza yang baik,

Perkembangan bahasa (berbicara) pada anak dipengaruhi banyak faktor, antara lain kondisi rangsangan suara dari luar, pendengaran, otak (pusat pendengaran dan bicara), rongga mulut, tenggorokan dan pita suara.

Sebaiknya Ibu mengajak anak Ibu berkonsultasi dengan spesialis anak ahli tumbuh kembang untuk pemeriksaan lebih lanjut, untuk mengetahui lebih detail penyebab keterlambatan bicara pada anak Ibu dan selanjutnya dilakukan penanganan yang sesuai.


... dr Sony Prabowo, Sp.A adalah staf medis pada Siloam Hospital, Bali. Lulusan fakultas kedokteran Universitas Brawijaya dan residensi pediatrik Davao Doctor Hospital, Davao, Filipina, ini juga aktif dalam berbagai kegiatan sosial kesehatan untuk masyarakat miskin dan pencegahan aborsi ilegal. Bila Anda memiliki masalah terkait dengan kesehatan bayi dan anak, silakan berkonsultasi dengan dr Sony melalui rubrik ini.
Klik di sini untuk menghubungi dr Sony.