Konsultasi

Anak 2 Tahun Berat Badan 10 kg


  Diposting tgl: 4 Februari 2016

  Pertanyaan

Anak saya 2th pd tgl 27des2015.anak saya waktu kecil sering sekali terkena diare. Dan sekarang sudah berumur 2 thn. Tp anak saya brt badnnya 10,4kg. Makannya susah sekali. Sehari paling 3atau 5suapan. Sekali kalinya d paksa masuk,itu pun di lepeh. Sdh berbagai macam vitamin tp tdk mempan. Kalo tdr malam. Abrizan berkeringat banyak sekali bajunya sampai basah. maunya dikipasi pake kipas tangan. bajunya maunya dibuka. Pas diperut kaya kepanasan perutnya. Tidurnya pun gelisah tdk bs tenang. Karena tdk mau mkn akhirnya susunya saya ganti pediasure, sebelumnya susu bebelac. . abrizan sudah saya bawa ke dokter anak takutnya ada masalh, karena tetangga pd bilang abrizan kaya anak kena flek. Tp beberapa doktr anak tidak bilang apa2 dan tdk menyarankan apa apa. Riwayat lahirnya: lahir dicesar.karena terbelit tali pusar, 4 hari di Rs , baru pulang , 2 hari kemudian msk rmh skt lagi krn bilirubinnya 17. Setelah d sinar keesokannya dokter mendiagnosa abrizan infeksi pencernaan krn perutnya terlihat kembung dan ususnya terlihat jelas. Akhirnnya opnam 1minggu.

(Hety Lis Indrawati, Banjarnegara)

   Jawaban dr Sony Prabowo, Sp.A

Ibu Hety yang baik,

Perlu dilakukan pemeriksaan lebih mendalam untuk mengetahui penyebab masalah pertumbuhan pada anak Ibu. Perlu dipikirkan kemungkinan adanya gangguan metabolisme pada anak Ibu. Dapat coba ditingkatkan frekuensi pemberian susu Pediasure pada anak Ibu. Bila dalam beberapa minggu tetap belum terdapat perbaikan, silakan berkonsultasi lebih lanjut dengan spesialis anak ahli pencernaan (pediatric gastro) yang ada di Yogyakarta. Untuk informasi lebih lanjut dapat dibaca di: Tanya Jawab Mengenai “Picky Eater”.

TELAH TERBIT, buku kesehatan anak "Apa Kata Dokter" oleh dr Sony Prabowo, Sp.A dan dr Salma. Dapatkan di toko-toko buku kesayangan Anda!
buku apa kata dokter

... dr Sony Prabowo, Sp.A adalah staf medis pada Siloam Hospital, Bali. Lulusan fakultas kedokteran Universitas Brawijaya dan residensi pediatrik Davao Doctor Hospital, Davao, Filipina, ini juga aktif dalam berbagai kegiatan sosial kesehatan untuk masyarakat miskin dan pencegahan aborsi ilegal. Bila Anda memiliki masalah terkait dengan kesehatan bayi dan anak, silakan berkonsultasi dengan dr Sony melalui rubrik ini.
Klik di sini untuk menghubungi dr Sony.