web analytics

Konsultasi

Anak Gabaken


  Diposting tgl: 6 Maret 2013

  Pertanyaan

Dokter yth. Bayi saya usia 10 bln. Sebulan yang lalu mendpatkan imunisasi campak dan hari ini dia gabaken setelah kemarin 3 hr demam. Pas demam turun suhu normal gabaknya muncul rata dok. Bukankah gabak is campak ya dok? Bagaimana terapinya di rumah ya dok karena dia tidak demam lagi. Makan minum normal, yang beda cuma males ketawa dan suka garuk muka. Apakah boleh saya beri bedak gatal seperti purol? Dia saya mandikan biasa dok. Saya beri air rebusan sirih mandinya. Jadi ini belum saya tabur bedak. Maksud saya biar tidak garuk-garuk kulitnya yang gabaken tsb. Terima kasih.

(Theresia Chandra, Semarang)

   Jawaban dr Sony Prabowo, Sp.A

Ibu Theresia yang baik,

Istilah gabak biasanya adalah campak (measle), tetapi dapat juga merupakan campak jerman (german measle / rubella).

Mengingat anak Ibu tidak panas lagi dan dapat makan minum dengan baik, maka cukup diberikan Caladin lotion untuk mengurangi bercak-bercaknya dan rasa gatalnya. Biasanya penyembuhan terjadi dalam 1-2 minggu. Bila gatal masih berlebihan, maka dapat diberikan sirup antihistamin, tentunya setelah berkonsultasi dengan dokter.


... dr Sony Prabowo, Sp.A adalah staf medis pada Siloam Hospital, Bali. Lulusan fakultas kedokteran Universitas Brawijaya dan residensi pediatrik Davao Doctor Hospital, Davao, Filipina, ini juga aktif dalam berbagai kegiatan sosial kesehatan untuk masyarakat miskin dan pencegahan aborsi ilegal. Bila Anda memiliki masalah terkait dengan kesehatan bayi dan anak, silakan berkonsultasi dengan dr Sony melalui rubrik ini.
Klik di sini untuk menghubungi dr Sony.