web analytics

Konsultasi

Anak Mimisan


  Diposting tgl: 26 October 2012

  Pertanyaan

Keponakan saya mimisan sampai 2 kali, masih umur 4 tahun. Itu berbahaya tidak? Bagaimana cara mengatasi dan mencegahnya? Mohon bantuannya.

(Lilis, Kebumen)

   Jawaban dr Sony Prabowo, Sp.A

Ibu Lilis yang baik,

Mimisan atau yang biasa dikenal dengan istilah kedokteran “Epistaxis”, biasanya merupakan hal yang tidak berbahaya. Mimisan sering terjadi pada anak karena pecahnya pembuluh darah di daerah hidung. Beberapa hal yang ibu bisa lakukan antara lain adalah menghindarkannya dari paparan sinar matahari yang terik terlalu lama, mengatur suhu ruangan tidak terlalu dingin (bila menggunakan AC), dan perlu untuk memberikan vitamin dan mineral yang cukup pada makanan sehari-hari dengan mengkonsumsi sayur dan buah-buahan yang cukup.

Bila mimisan berlangsung sering (beberapa kali sebulan), perdarahannya lama berhenti dan banyak, maka sebaiknya keponakan Ibu diperiksakan ke dokter spesialis THT untuk pemeriksaan lebih lengkap dan mendalam.


... dr Sony Prabowo, Sp.A adalah staf medis pada Siloam Hospital, Bali. Lulusan fakultas kedokteran Universitas Brawijaya dan residensi pediatrik Davao Doctor Hospital, Davao, Filipina, ini juga aktif dalam berbagai kegiatan sosial kesehatan untuk masyarakat miskin dan pencegahan aborsi ilegal. Bila Anda memiliki masalah terkait dengan kesehatan bayi dan anak, silakan berkonsultasi dengan dr Sony melalui rubrik ini.
Klik di sini untuk menghubungi dr Sony.