Konsultasi

Anak Terkena Cytomegalovirus (CMV)


  Diposting tgl: 6 Agustus 2013

  Pertanyaan

Dr yang terhormat, keponakan saya yang msh berumur 1 bulan didiagnosa oleh dokter terkena cytomegalovirus (cmv). Setelah melakukan tes lab ternyata sudah menjalar keseluruh tubuh dan bahkan sampai ke otak. Pertanyaan saya : apakah penyakit ini masih bisa disembuhkan? Apa saja yang harus dilakukan setelah mengetahui hal itu? dan bagaimana cara mencegah terkena virus itu lg? Terima kasih sebelumnya.

(Novi, Jakarta)

   Jawaban dr Sony Prabowo, Sp.A

Ibu Novi yang baik,

Terdapat beberapa obat yang dapat diberikan untuk infeksi Cytomegalovirus pada anak, antara lain : Ganciclovir dan juga Foscarnet dan Cidofovir. Pada pasien dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah (immunocompromised) dapat diberikan Intravenous Immunoglobulin (IVIg) maupun CMV IVIg. Terdapat pemeriksaan laboratorium untuk pemeriksaan infeksi virus ini.

Pencegahannya dengan pemeriksaan CMV sebelum menerima transfusi darah maupun transplantasi organ. Cuci tangan dan menjaga kebersihan pribadi sangatlah penting, dan juga perlu dihindari kontak dengan air liur dari pasien yang menderita CMV ini.

Sebaiknya berkonsultasi lebih lanjut dengan spesialis anak – ahli penyakit tropik infeksi yang ada di Jakarta.

TELAH TERBIT, buku kesehatan anak "Apa Kata Dokter" oleh dr Sony Prabowo, Sp.A dan dr Salma. Dapatkan di toko-toko buku kesayangan Anda!
buku apa kata dokter

... dr Sony Prabowo, Sp.A adalah staf medis pada Siloam Hospital, Bali. Lulusan fakultas kedokteran Universitas Brawijaya dan residensi pediatrik Davao Doctor Hospital, Davao, Filipina, ini juga aktif dalam berbagai kegiatan sosial kesehatan untuk masyarakat miskin dan pencegahan aborsi ilegal. Bila Anda memiliki masalah terkait dengan kesehatan bayi dan anak, silakan berkonsultasi dengan dr Sony melalui rubrik ini.
Klik di sini untuk menghubungi dr Sony.