Anda Sulit Tidur? Pijat Aja!

Banyak orang yang tidak mengetahui bahwa pijat dapat membantu meningkatkan kualitas tidur Anda. Bila Anda sulit tidur karena stres dan tegang, pijat mungkin menjadi solusi bagi
Anda. Pijat dapat membantu mengurangi stres, meningkatkan sirkulasi darah, melemaskan otot-otot yang tegang, melepaskan ketegangan dan bahkan menurunkan tekanan darah tinggi.
Kulit kita memiliki jutaan reseptor saraf yang terhubung dalam sistem saraf kita. Pemijatan pada kulit menciptakan rangsangan dan melepaskan zat-zat kimia di dalam otak kita
seperti serotonin yang mengurangi stres, kecemasan dan depresi. Pijat juga meningkatkan produksi endrofin, hormon yang mengurangi rasa nyeri dan menenangkan.
Kesemua itu membuat Anda lebih tenang dan menjadi mudah tidur.
Bayi yang dipijat dengan lembut dapat menjadi tenang dan tertidur. Wanita hamil yang sulit tidur, terutama di trimester ketiga, dapat lebih merasa nyaman setelah dipijat. Ketegangan dan nyeri di punggung dan persendiannya dapat dikurangi dengan pijat.
Pijat tidak harus dilakukan oleh seorang profesional agar memberikan manfaat. Anda bisa meminta teman, pasangan atau keluarga Anda melakukannya. Anda juga dapat memijat sendiri
dengan atau tanpa alat bantu. Pemijatan seluruh badan memang dianjurkan, tetapi bila hanya di kepala dan pundak Anda pun mungkin sudah cukup untuk relaksasi. Bila Anda sering sulit tidur, cobalah menjadikan pijat bagian dari rutinitas Anda sebelum tidur.

terapi pijatBanyak orang yang tidak mengetahui bahwa pijat dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Bayi yang dipijat dengan lembut dapat menjadi tenang dan tertidur. Wanita hamil yang sulit tidur, terutama di trimester ketiga, dapat merasa nyaman setelah dipijat. Ketegangan dan nyeri di punggung dan persendiannya dapat dikurangi dengan pijat. Bila Anda sulit tidur karena stres dan tegang, pijat mungkin adalah solusinya.

Pijat membantu mengurangi stres, meningkatkan sirkulasi darah, melemaskan otot-otot yang tegang, melepaskan beban pikiran dan bahkan menurunkan tekanan darah tinggi.

Kulit kita memiliki jutaan reseptor saraf yang terhubung dalam sistem saraf kita. Pemijatan pada kulit menciptakan rangsangan dan melepaskan zat-zat kimia di dalam otak kita seperti serotonin yang mengurangi stres, kecemasan dan depresi. Pijat juga meningkatkan produksi endrofin, hormon yang mengurangi rasa nyeri dan menenangkan. Kesemua itu membuat Anda lebih tenang dan mudah tidur.

Pijat tidak harus dilakukan oleh seorang profesional agar memberikan manfaat. Anda bisa meminta teman, pasangan atau keluarga untuk melakukannya. Anda juga dapat memijat sendiri dengan atau tanpa alat bantu. Pemijatan seluruh badan memang dianjurkan, tetapi bila hanya di kepala dan pundak pun mungkin sudah cukup untuk relaksasi.

Bila Anda sering kesulitan tidur, cobalah menjadikan pijat bagian dari rutinitas malam hari Anda.

image source: eric lon

Arsip Artikel
Bergabunglah dengan ribuan orang lain yang secara otomatis mendapatkan artikel baru dari situs ini ke email mereka.
Berlangganan
Nama: 
Alamat email Anda:*
Please enter all required fields
Correct invalid entries
Buku best seller nasional oleh dr Salma. Tiga kali cetak ulang hanya dalam 6 bulan setelah terbit! Segera dapatkan di toko-toko buku kesayangan Anda!