web analytics

Apakah Pil KB Menyebabkan Kenaikan Berat Badan?

Apakah pil KB memiliki efek samping menyebabkan kenaikan berat badan? Jawabannya secara umum adalah “tidak”. Berbagai riset menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara penggunaan pil KB dengan kenaikan berat badan. Memang ada sejumlah kecil wanita yang menggunakan pil KB dan berat badannya naik, namun fenomena yang sama juga dialami oleh mereka yang tidak menggunakannya. Jadi efeknya bukan sebab-akibat, tapi koinsiden saja. Menurut penelitian yang dilakukan pada Pusat Penelitian Primata Nasional, Oregon Health & Science University, pendapat umum bahwa kontrasepsi oral menyebabkan kenaikan berat badan tampaknya tidak berdasar.

Namun, tidak bisa dinafikkan juga fakta di lapangan yang masih sering kita dengar tentang para ibu yang mengeluhkan kenaikan berat badan setelah pemakaian pil KB. Meski tidak didukung riset, sejumlah praktisi percaya bahwa sebagian kecil wanita memang mengalami peningkatan berat badan setelah mengkonsumsi pil KB kombinasi, biasanya pada bulan-bulan awal pemakaian. Tidak jelas apakah kenaikan berat badan tersebut berkaitan dengan isi pil progestin (progestogen) yang menyebabkan retensi cairan atau terkait dengan peningkatan nafsu makan. Kelihatannya efek tersebut bersifat spesifik hanya pada merek-merek pil KB tertentu dan pada orang tertentu. Pertambahan berat badan bisa bersifat sementara pada minggu sebelum menstruasi dan berkurang setelah menstruasi dimulai. Hal ini biasa terjadi pada beberapa wanita, namun menjadi lebih nyata pada pengguna pil KB tertentu.

Apa pun kesimpulannya, Anda tidak perlu terlalu khawatir. Bila Anda yakin bahwa pil KB secara khusus menyebabkan kenaikan berat badan Anda, bicarakan dengan dokter tentang metode kontrasepsi lain. Demi kesehatan Anda secara umum, Anda tetap perlu mengelola pola makan Anda dan berolah raga secara teratur. Batasi ukuran porsi makan Anda dan hindari ngemil di antara waktu makan. Dengan menghitung kalori dan memantau jumlah lemak dan karbohidrat yang Anda konsumsi serta berolahraga teratur, Anda akan dapat secara bertahap mencapai berat badan ideal Anda kembali.

Arsip Artikel
Bergabunglah dengan ribuan orang lain yang secara otomatis mendapatkan artikel baru dari situs ini ke email mereka. Masukkan alamat e-mailmu:

Kicauan