Apakah Urtikaria?

Oleh: dr M. Patricia Dian P

Utikaria atau masyarakat lebih mengenal dengan istilah biduran atau kaligata, merupakan penyakit kulit alergi yang sering kita jumpai. Urtikaria dapat terjadi pada semua umur, baik laki-laki maupun perempuan. Keluhannya pun bermacam-macam, seringkali berupa kemerahan di kulit bentuk bulat seperti pulau dan terasa gatal.

Penyebab

Penyebab urtikaria bermacam-macam, di antaranya adalah obat-obatan. Obat-obat yang sering menyebabkan urtikaria termasuk antibiotik golongan penisilin, sulfonamide dan obat anti nyeri. Selain obat-obatan, makanan juga sering menyebabkan urtikaria, di antaranya telur, ikan, kacang, udang, coklat, makanan yang mengandung penyedap rasa atau yang mengandung bahan pengawet. Gigitan atau sengatan serangga dapat menimbulkan urtikaria hanya di sekitar tempat gigitan. Biasanya reaksi alergi yang timbul akibat gigitan serangga ini sembuh dengan sendirinya. Contoh serangga yang dapat menyebabkan reaksi alergi adalah tomcat, biasanya karena cairan tubuh tomcat menyebabkan kulit kemerahan dengan rasa panas terbakar dan gatal.

Penyebab lain urtikaria yaitu inhalan seperti serbuk sari bunga, debu, bulu binatang dan aerosol atau kontaktan seperti bahan kosmetik, kutu binatang, air liur binatang dan bahan kimia. Urtikaria juga dapat disebabkan oleh faktor psikis. Faktor genetik atau keturunan turut berperan penting dalam penyakit urtikaria.

Diagnosis

Sulit untuk menentukan penyebab dari urtikaria tanpa keterangan lengkap dari penderita dan konsultasi dengan dokter. Diagnosis  penyebab urtikaria dapat dibantu dengan pemeriksaan uji kulit melalui uji gores dan uji tusuk di rumah sakit atau dengan cara yang lebih sederhana melalui tes eliminasi makanan dengan cara menghentikan semua makanan yang dicurigai untuk beberapa waktu, lalu mencobanya kembali satu persatu.

Pengobatan

Pengobatan yang paling ideal pada urtikaria tentu adalah menghindari penyebab yang dicurigai. Bila tidak memungkinkan, paling tidak dengan mencoba mengurangi atau menghindari berkontak dengan penyebab. Obat-obatan yang diperlukan untuk penyakit urtikaria adalah golongan antihistamin selain penerapan bedak pada kulit yang gatal.

image source: wikipedia

Arsip Artikel
Bergabunglah dengan ribuan orang lain yang secara otomatis mendapatkan artikel baru dari situs ini ke email mereka.
Berlangganan
Nama: 
Alamat email Anda:*
Please enter all required fields
Correct invalid entries
Buku best seller nasional oleh dr Salma. Tiga kali cetak ulang hanya dalam 6 bulan setelah terbit! Segera dapatkan di toko-toko buku kesayangan Anda!