Konsultasi

Asma pada Anak 2 Tahun


  Diposting tgl: 26 Agustus 2014

  Pertanyaan

Dari bayi anak saya dinyatakan mengalami alergi susu sapi dok,dan dulu dia lahir prematur karena saya hipertensi,waktu usia 1,5 thun dia masuk RS karena batuk dan tdk bisa mengeluarkan dahak,pada usia 2 th tiba tiba saja dia sesak nafas tanpa sebab yang jelas dan dirawat di RS lagi,pertanyaan saya apakah penyebab sesak nafas pada anak saya yang tiba tiba itu dok,apakah dia menderita asma seperti ayahnya,atau ini berhubungan dengan paru parunya yang kurang sempurna karena dia lahir prematur dulunya,trus bagaimana menanganinya dok,mohon penjelasannya,terima kasih.

(Weni, Kediri)

   Jawaban dr Sony Prabowo, Sp.A

Ibu Weni yang baik,

Kemungkinan asma tentu perlu dipertimbangkan karena adanya riwayat alergi susu sapi dan keturunan asma dari orang tua. Bayi yang terlahir prematur juga dapat memiliki masalah pada paru-paru karena perkembangannya belum sempurna. Pada anak Ibu kemungkinan infeksi di saluran napas juga perlu dipertimbangkan.

Silakan berkonsultasi dengan spesialis anak untuk pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut, bila perlu dengan spesialis anak ahli paru (pediatric respirologist) yang ada di Surabaya.

TELAH TERBIT, buku kesehatan anak "Apa Kata Dokter" oleh dr Sony Prabowo, Sp.A dan dr Salma. Dapatkan di toko-toko buku kesayangan Anda!
buku apa kata dokter

... dr Sony Prabowo, Sp.A adalah staf medis pada Siloam Hospital, Bali. Lulusan fakultas kedokteran Universitas Brawijaya dan residensi pediatrik Davao Doctor Hospital, Davao, Filipina, ini juga aktif dalam berbagai kegiatan sosial kesehatan untuk masyarakat miskin dan pencegahan aborsi ilegal. Bila Anda memiliki masalah terkait dengan kesehatan bayi dan anak, silakan berkonsultasi dengan dr Sony melalui rubrik ini.
Klik di sini untuk menghubungi dr Sony.