Konsultasi

Asma Setelah Operasi Jantung


  Diposting tgl: 28 Desember 2015

  Pertanyaan

dok anak saya usia 11th umur 5th operasi jantung krn TOF dirscm 2th belakangan kalau cape dan kedinginan anak saya batuk dan sesak kata dokter yg memeriksa penyakit asma apa ini efek operasinya soalnya sudah tdk pernah kontrol jantung lagi terimakasih.

(Handoyo, Kebumen)

   Jawaban dr Sony Prabowo, Sp.A

Bapak Handoyo yang baik,

Tentu kemungkinan asma pada anak Bapak perlu dipikirkan, terutama bila terdapat riwayat alergi pada keluarga Bapak. Perlu disingkirkan kemungkinan sesak yang disebabkan masalah pada jantung. Silakan berkonsultasi dengan spesialis anak untuk pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut. Kontrol rutin dengan spesialis anak ahli jantung (pediatric cardiologist) tetap perlu dilakukan secara berkala.

TELAH TERBIT, buku kesehatan anak "Apa Kata Dokter" oleh dr Sony Prabowo, Sp.A dan dr Salma. Dapatkan di toko-toko buku kesayangan Anda!
buku apa kata dokter

... dr Sony Prabowo, Sp.A adalah staf medis pada Siloam Hospital, Bali. Lulusan fakultas kedokteran Universitas Brawijaya dan residensi pediatrik Davao Doctor Hospital, Davao, Filipina, ini juga aktif dalam berbagai kegiatan sosial kesehatan untuk masyarakat miskin dan pencegahan aborsi ilegal. Bila Anda memiliki masalah terkait dengan kesehatan bayi dan anak, silakan berkonsultasi dengan dr Sony melalui rubrik ini.
Klik di sini untuk menghubungi dr Sony.