Konsultasi

BAB Bayi Berlendir Encer Ada Gumpalan-Gumpalan


  Diposting tgl: 26 Juli 2014

  Pertanyaan

Dokter sony yang baik.. anak saya berumur 7 bulan,sejk usia 4 bulan minum sufor bmt timbul ruam serta bab berwarna hijau dan bau namun teksturnya normal seperti pasta dan bab 1x sehari.dsa nya bilang elergi susu sapi dan beralih ke susu nutribaby pepti junior kemudian anak saya diare saya berhentikan dan beralih ke bmt php diare nya berhenti bab nya kembali normal namun hanya bertahan 3 hari kembali berwarna hijau kemudian saya beralih ke susu pregestimil namun anak saya kembali diare saya beralih lagi ke susu isomil soya diare berhenti namun mengalami konstipasi kemudian saya beralih ke susu neocate anak saya kembali diare, dokter bilang ini udh susu berbahan dasar asam amino dn tidak ada lgi diatas ini untuk anak elergi, saya bertahan menggunakannya dan memberikan obat2 untk diare namun diare nya tak kunjung sembuh sehari bisa mencapai 9-12 x bab sdah hampir 2 minggu berlangsung tanpa persetujuan dsa nya saya berhentikn saya beralih ke bmt soya eh diarenya kok langsung berhenti bab nya normal sehar i 1-2 x wrnanya kuning tekstur sprti pasta tapi ini hanya berlangsung 2 minggu sekarang babnya berlendir dan berair saya periksa fases ke lab hasilnya lendir ada eritrosit 1-2 leukosit 0-1 sisa makanan ada dan selebihnya negatif dsa memberikan metrodazole,zinc eh babnya malah 10-12 x saya berlih ke rs lainnya dkter jg mmbrikn obt yg sama dn hsilnya sama kemudian saya berhntikn obatnya dn skrang bab nya 3-4 x ttap berlendir dan encer dan sdh hmpir 2 minggu ...sebenarnya ada apa dengan bayi saya dok..? apakh hasil lab nya baik2 saja..?i apa yang menyebabkn bab anak saya berlendir encer dn seperti ada gumplan2 kecil..? sufor apa sebaiknya yang di berikn ..? sangat mohon pencerahannya dok ... saya sangat mengharapkn jwbn dokter dn terimakasih atas perhatiannya. wasalam.

(Afidah Lailatul Royan, Pekanbaru)

   Jawaban dr Sony Prabowo, Sp.A

Ibu Afidah yang baik,

Mengingat usia anak Ibu sudah lebih dari 6 bulan, silakan dimaksimalkan sumber nutrisinya dari makanan halus saja, dan sementara hindari susu sapi, kedelai dan semua produk olahannya. Untuk pemeriksaan lebih lanjut silakan berkonsultasi dengan spesialis anak ahli pencernaan (pediatric gastro) yang ada di Palembang,Medan, Jakarta.

Bila diarenya berlangsung sering maka perlu diberikan minum yang cukup agar tidak terjadi kekurangan cairan dan elektrolit dan perlu diperiksa kembali oleh spesialis anak.

TELAH TERBIT, buku kesehatan anak "Apa Kata Dokter" oleh dr Sony Prabowo, Sp.A dan dr Salma. Dapatkan di toko-toko buku kesayangan Anda!
buku apa kata dokter

... dr Sony Prabowo, Sp.A adalah staf medis pada Siloam Hospital, Bali. Lulusan fakultas kedokteran Universitas Brawijaya dan residensi pediatrik Davao Doctor Hospital, Davao, Filipina, ini juga aktif dalam berbagai kegiatan sosial kesehatan untuk masyarakat miskin dan pencegahan aborsi ilegal. Bila Anda memiliki masalah terkait dengan kesehatan bayi dan anak, silakan berkonsultasi dengan dr Sony melalui rubrik ini.
Klik di sini untuk menghubungi dr Sony.