web analytics

Konsultasi

BAB pada Bayi


  Diposting tgl: 5 November 2012

  Pertanyaan

Anak saya Azzam (10 bulan) dalam seminggu ini BAB nya tidak teratur tiap hari, kemarin 4 hari baru BAB.. dan sekarang sudah 2 hari belum BAB .. Apakah itu tanda-tanda sembelit? Bagaimana penanggulangannya.. namun BAB yang terakhir tidak ada bercak darah pada BAB nya, dan warnanya kuning. Sebagai informasi Azzam sampai sekarang masih saya berikan ASI dok, dan makanan MPASI selalu saya sertakan sayuran dan buah.. saya takut dia mengalami sembelit , mohon infonya dok.. Terimakasih.

(Fatmi, Batam)

   Jawaban dr Sony Prabowo, Sp.A

Ibu Fatmi yang baik,

Benar anak Ibu mengalami sembelit atau yang dalam istilah medis dikenal dengan konstipasi (constipation). Konstipasi ini paling sering disebabkan oleh makanan sehari-hari yang kurang serat (dari sayur dan buah), dapat pula disebabkan oleh kurang minum, pengaruh beberapa obat, dan kelainan hormonal.

Beberapa langkah awal untuk mengatasinya, antara lain :

  • berikan makanan yang mengandung serat (dari buah dan sayuran), setiap kali makan minimal sebanyak sepertiga (1/3) dari porsi makan. Dengan banyaknya konsumsi serat tsb, diharapkan feces (kotoran) nya menjadi lebih lunak dan lebih mudah dikeluarkan.
  • aktivitas fisik yang cukup
  • minum air putih yang banyak
  • berikan waktu secukupnya untuk buang air besar setiap harinya.

Bila dalam beberapa hari setelah menjalankan langkah-langkah di atas, tetap belum terdapat perubahan bermakna, maka sebaiknya Ibu periksakan ke dokter spesialis anak untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut, dan dapat diberikan obat-obatan untuk mengatasinya.


... dr Sony Prabowo, Sp.A adalah staf medis pada Siloam Hospital, Bali. Lulusan fakultas kedokteran Universitas Brawijaya dan residensi pediatrik Davao Doctor Hospital, Davao, Filipina, ini juga aktif dalam berbagai kegiatan sosial kesehatan untuk masyarakat miskin dan pencegahan aborsi ilegal. Bila Anda memiliki masalah terkait dengan kesehatan bayi dan anak, silakan berkonsultasi dengan dr Sony melalui rubrik ini.
Klik di sini untuk menghubungi dr Sony.

Blm ada komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>