Konsultasi

Bahaya Rontgen pada Bayi Usia 19 Hari


  Diposting tgl: 2 Desember 2015

  Pertanyaan

Slmt sore dok, saya ingn konsultasi bayi sy berusia 19 hr beberapa hri yg lalu smpat muntah dri hidung,bibirnya agak biru dn tdk ada respon bahkan tdk menangis kurang lebih 5mnt akhirnya sy bw ke Rumah sakit dn disarankan utk opname lalu dlakukan cek Dl dn Ul dn hasilnya dalam batas normal lalu di lakukan rontgen,dn sy menyetujui pemeriksaan tersebut krn takut ada Asi yg msuk ke paru paru. Yg ingn sya tanyakan bahayanya bagi anak sy utk kedepannya dn bgaimana cara mencegahnya. Terimakasih dok.

(I Nengah Redana, Karangasem)

   Jawaban dr Sony Prabowo, Sp.A

Bapak I Nengah Redana yang baik,

Risiko dari sinar rontgen adalah adanya radiasi pada tubuh manusia, di mana risiko akan meningkat bila dilakukan berulang kali. Bila memang diperlukan sesuai indikasi medis, maka pemeriksaan rontgen memang harus dilakukan. Yang penting diperhatikan adalah agar paparan sinar rontgen tsb tidak terjadi terlalu sering, hanya bila benar-benar diperlukan saja, dan tentu sudah dipertimbangkan secara matang untung ruginya oleh dokter yang merawat anak Bapak.

TELAH TERBIT, buku kesehatan anak "Apa Kata Dokter" oleh dr Sony Prabowo, Sp.A dan dr Salma. Dapatkan di toko-toko buku kesayangan Anda!
buku apa kata dokter

... dr Sony Prabowo, Sp.A adalah staf medis pada Siloam Hospital, Bali. Lulusan fakultas kedokteran Universitas Brawijaya dan residensi pediatrik Davao Doctor Hospital, Davao, Filipina, ini juga aktif dalam berbagai kegiatan sosial kesehatan untuk masyarakat miskin dan pencegahan aborsi ilegal. Bila Anda memiliki masalah terkait dengan kesehatan bayi dan anak, silakan berkonsultasi dengan dr Sony melalui rubrik ini.
Klik di sini untuk menghubungi dr Sony.