Konsultasi

Batuk Menahun pada Anak


  Diposting tgl: 5 September 2013

  Pertanyaan

Selamat malam dok,, saya mau tanya nih soal batuk menahun pada anak. Anak saya usia 7 thn sering batuk sejak usia TK atau sejak usia sekitar 5 thn, dan batuknya itu seperti ga ada abisnya gitu, tiap hari pasti ada aja batuk, apalagi kalo malam bisa sampe muntah. Dulu pernah saya bawa berobat ke dokter anak, dikasih obat, trus reda/sembuh. Ga lama kena lagi dehh,, kira-kira saya mesti ambil langkah apa ya dok? Apa harus tes alergi, rongent, dll nya? Trus penyebab batuk yang bandel ini sebenarnya apa ya? Apa bisa disebabkan karena makanan/minuman yang ga sehat juga? Kebetulan suami saya merokok dan anak saya gemuk banget dok, usia 7 thn tuh udh 40 kg, saya pengen dia diet supaya kurus, tapi nanti takutnya malah terlalu menekan anak dengan dietnya dok, takut anak stress juga. Aktifitas yg berlebihan juga kadag bisa bikin anak saya batuk terus. Mohon sarannya ya dok, sebaiknya langkah apa yang harus saya ambil agar penanganannya tepat gitu, trimakasih ya dok :)

(Nisa, Jakarta)

   Jawaban dr Sony Prabowo, Sp.A

Ibu Nisa yang baik,

Mengingatnya batuknya kronis maka harus dilakukan pemeriksaan lengkap, sebaiknya berkonsultasi dengan spesialis anak – ahli paru (Pediatric Pulmonologist / Respirologist) yang ada di Jakarta. Untuk informasi lebih lanjut dapat Ibu baca di: Batuk Lama (Kronis) pada Anak.

Asap rokok dapat menyebabkan reaksi alergi pada saluran napas dan dapat menyebabkan batuk kronis, sebaiknya Bapak tidak merokok di dalam rumah.

Berat badan anak Ibu terlalu berlebihan, di mana dapat digolongkan obesitas. Perlu dikurangi asupan nasi, daging, susu, dan diperbanyak sayur dan buah-buahan. Diperlukan ketegasan pendirian dari orangtua yang disampaikan ke anak dengan cara lemah lembut. Anak-anak yang mengalami obesitas sejak kecil – memiliki resiko tinggi terkena serangan jantung pada usia 30-40 tahun. Jadi kontrol makanan yang akan Ibu terapkan pada anak Ibu merupakan wujud kasih sayang orang tua untuk mencegah anak Ibu terkena banyak penyakit berat sejak usia 30 tahunan.

TELAH TERBIT, buku kesehatan anak "Apa Kata Dokter" oleh dr Sony Prabowo, Sp.A dan dr Salma. Dapatkan di toko-toko buku kesayangan Anda!
buku apa kata dokter

... dr Sony Prabowo, Sp.A adalah staf medis pada Siloam Hospital, Bali. Lulusan fakultas kedokteran Universitas Brawijaya dan residensi pediatrik Davao Doctor Hospital, Davao, Filipina, ini juga aktif dalam berbagai kegiatan sosial kesehatan untuk masyarakat miskin dan pencegahan aborsi ilegal. Bila Anda memiliki masalah terkait dengan kesehatan bayi dan anak, silakan berkonsultasi dengan dr Sony melalui rubrik ini.
Klik di sini untuk menghubungi dr Sony.