Konsultasi

Batuk Pilek pada Bayi 2 Bulan


  Diposting tgl: 28 September 2013

  Pertanyaan

Dokter, saya mempunyai anak usia 2 bulan. Sejak hamil menjelang kelahiran saya flu dan batuk. Setelah saya melahikan flu dan batuk nya masih sehingga bayi saya yang bru lahir (kurang tau) tertular (mungkin). Yang saya lihat adalah ada suara grok grok pada bayi saya. Tapi pada saat menyusu saya ada bunyi ngik ngik dari pernafasan dia. Kmudian saya periksakan ke dokter anak. Kata dokter tsb anak saya ada bakat alergi. Alergi tsb menyerang saluran pernafasan dan kulitnya. Kemudian saat dia berusia hampir 2 bulan anak saya pilek dan batuk berdahak. Karena salah satu anggota keluarga kami batuk dan pilek jadi mungkin dia tertular. Kemudian saya periksakan ke dokter anak lagi dan dari resepnya anak saya diberi antibiontik cefixime. Sebenarnya saya kurang begitu sreg dengan pemberian antibiotik pada bayi. Kemudian saya tanyakan ke dokter tsb kok anak saya dibawah 6 bulan diberi antibiotik. Jawab dokter tsb ibu tidak usah takut dengan pemberian antibiotik pada bayi karena antibiotik ini memang diperlukan untuk anak ibu saat ini dan ada takarannya, saya tidak memberikan antibiotik ke anak ibu dengan sembarangan. Walaupun dengan ragu2 saya terima juga resep dokter tersebut dan obat yang diberikan juga saya berikan ke bayi.

Saat ini anak saya berusia 2 bulan lebih dan dia terserang batuk dan pilek yang sama lagi. Yang mau saya tanyakan adalah bisakah anak saya sembuh tanpa antibiotik? Melihat dia sudah pernah mengkonsumsi antibiotik sebelumnya. Kemudian apakah alergi memang membuat anak jadi rentan terhadap suatu penyakit? Dan apakah anak yang mempunyai bakat alergi jika dia sakit jadi lebih parah dari anak yang tidak memiliki alergi? Bisakah alergi tersebut di sembuhkan? Dan apakah alergi yang menyerang pernafasan anak saya (bunyi ngik ngik saat menyusu) mengarah pada penyakit asma? Atas jawaban dokter saya ucapkan terima kasih. Regards

(Eki Estimingtyas, Solo)

   Jawaban dr Sony Prabowo, Sp.A

Ibu Eki yang baik,

Pada bayi usia tsb bila terjadi infeksi maka akan sangat mudah terkena infeksi bakteri karena daya tahan tubuh bayi yang relatif lebih lemah dibandingkan dengan anak/orang dewasa, sehingga pemberian antibiotik memang perlu dipertimbangkan.

Anak yang memiliki alergi akan lebih mudah terkena infeksi di daerah tsb dibandingkan dengan anak lain yang tidak memiliki alergi. Alergi sampai saat ini sulit disembuhkan, jadi konsep pada saat ini adalah alergi cuma dapat dikontrol dengan pemberian obat-obatan sehingga tidak mengganggu aktivitas sehari-hari. Kondisi yang dialami anak Ibu dapat saja mengarah pada asma di kemudian hari, terutama bila terdapat riwayat alergi di keluarga.

TELAH TERBIT, buku kesehatan anak "Apa Kata Dokter" oleh dr Sony Prabowo, Sp.A dan dr Salma. Dapatkan di toko-toko buku kesayangan Anda!
buku apa kata dokter

... dr Sony Prabowo, Sp.A adalah staf medis pada Siloam Hospital, Bali. Lulusan fakultas kedokteran Universitas Brawijaya dan residensi pediatrik Davao Doctor Hospital, Davao, Filipina, ini juga aktif dalam berbagai kegiatan sosial kesehatan untuk masyarakat miskin dan pencegahan aborsi ilegal. Bila Anda memiliki masalah terkait dengan kesehatan bayi dan anak, silakan berkonsultasi dengan dr Sony melalui rubrik ini.
Klik di sini untuk menghubungi dr Sony.