web analytics

Konsultasi

Bayi 1 Bulan Berat 2,6 Kg


  Diposting tgl: 29 July 2013

  Pertanyaan

Anak lahir 2,2kg langsung diberi asi tp 10 hari kemudian malah berat badan turun jadi 1,8kg lalu di rujuk ke rs dan mondok 7 hari dan dikasih susu formula sgm bblr lalu jd 2,3 kg. sekarg umur 1 bulan berat jd 2,6kg, susu formula diganti nutrilon dan asi. Apakah pertumbuhan anak normal? apa saran dokter untk susu formulanya. Apa kelak anak bs cerdas dan tumbuh fisik normal? Terimakasih

(Ida, Yogyakarta)

   Jawaban dr Sony Prabowo, Sp.A

Ibu Ida yang baik,

Berat badan bayi Ibu berada di bawah rentang normal.

Tentu yang terbaik adalah ASI. Tapi perlu juga diperhatikan kecukupan gizi Ibu selama menyusui sehingga ASI yang diberikan bergizi tinggi.
Silakan berkonsultasi langsung dengan spesialis anak terdekat untuk dilakukan pemeriksaan dan diberikan suplemen untuk meningkatkan asupan kalori bayi Ibu bila perlu. Pertumbuhan otak paling pesat terjadi pada saat sebelum usia sekolah.

Untuk memantau berat badannya selanjutnya, dapat dilihat di: Tabel Berat Badan Anak Menurut Usia.


... dr Sony Prabowo, Sp.A adalah staf medis pada Siloam Hospital, Bali. Lulusan fakultas kedokteran Universitas Brawijaya dan residensi pediatrik Davao Doctor Hospital, Davao, Filipina, ini juga aktif dalam berbagai kegiatan sosial kesehatan untuk masyarakat miskin dan pencegahan aborsi ilegal. Bila Anda memiliki masalah terkait dengan kesehatan bayi dan anak, silakan berkonsultasi dengan dr Sony melalui rubrik ini.
Klik di sini untuk menghubungi dr Sony.