Konsultasi

Cara Menambah Berat Badan Bayi 9 Bln


  Diposting tgl: 5 Juni 2013

  Pertanyaan

Dok,anak saya laki2 umur 9bln bb 6,6kg. Usia o-6bln asi eksklusif, baru usia 6bln sàya beri mpasi dg tepung gasol, usia 7 bln sudah bisa merangkak, terlihat secara fisik perkembangan tdk ketinggalan ,dia aktif juga. Keringatnya menurut saya berlebih, entah cuaca panas atau dingin dia mudah berkeringat, jenis keringat tidak berbau, tapi agak anyep, orang jawa bilang, keringat anyep. Makannya banyak, dia tdk pernah nolak diberi kentang, labu, sayur, telur, ikan, yang dihaluskan, semua masuk. Sekarang sudah makan nasi tim lemes, tapi 3 minggu bb nggak naik. Babnya ato pupnya juga banyak kadang sampai 2 kali, pernah saya beri pepaya yg sdh dilumatkan, pupnya keluar pepaya yang masih merah.

Dok, saya curiga dg kondisi anak saya, ada gangguan pencernaan ya, saya ga paham tentang kedokteran. Dok mohon saran, apakah anak saya perlu sufor untuk penambah berat badan?

(Ika Fatwasari, Lumajang)

   Jawaban dr Sony Prabowo, Sp.A

Ibu Ika yang baik,

Berat badan anak Ibu tergolong di bawah rentang normal. Untuk informasi lebih lanjut silakan baca di: Anakku Gagal Tumbuh?. Usahakan makanan yang diberikan cukup halus sehingga lebih mudah dicerna. Dapat diberikan tambahan susu untuk meningkatkan berat badannya.

TELAH TERBIT, buku kesehatan anak "Apa Kata Dokter" oleh dr Sony Prabowo, Sp.A dan dr Salma. Dapatkan di toko-toko buku kesayangan Anda!
buku apa kata dokter

... dr Sony Prabowo, Sp.A adalah staf medis pada Siloam Hospital, Bali. Lulusan fakultas kedokteran Universitas Brawijaya dan residensi pediatrik Davao Doctor Hospital, Davao, Filipina, ini juga aktif dalam berbagai kegiatan sosial kesehatan untuk masyarakat miskin dan pencegahan aborsi ilegal. Bila Anda memiliki masalah terkait dengan kesehatan bayi dan anak, silakan berkonsultasi dengan dr Sony melalui rubrik ini.
Klik di sini untuk menghubungi dr Sony.