web analytics

Konsultasi

Benjolan pada Leher


  Diposting tgl: 15 December 2012

  Pertanyaan

Ass..dok saya mau bertanya dok, anak saya usia 3 th terdapat benjolan pada leher di sebelah kanan. Benjolan itu terlihat sejak 4 bln yang lalu, benjolan tersebut terlihat jika anak saya menjerit, menangis dan berbicara, jika sedang diam benjolan tersebut tidak terlihat. Saya pernah konsultasi pada dokter anak katanya benjolan tersebut adalah HERNIA mohon bantuannya untuk menjelaskan penyakit apa yang diderita oleh anak saya. Apakah itu benar HERNIA?

(Nur Istiqomah Agustina, Pandeglang)

   Jawaban dr Sony Prabowo, Sp.A

Ibu Nur Istiqomah Agustina yang baik,

Banyak kemungkinan yang dapat menjadi penyebab benjolan pada leher, antara lain pembesaran kelenjar getah bening karena infeksi (sering) dan kanker (lebih jarang), pembesaran kelenjar air liur, pembesaran kelenjar gondok (thyroid), atau tumor jinak lainnya. Bila perlu dapat dilakukan pengambilan sebagian kecil jaringan dari benjolan tsb dengan biopsi jarum halus untuk mengetahui jenis pasti benjolan tsb untuk dapat direncanakan tindakan selanjutnya.

Untuk pemeriksaan lebih lanjut Ibu bisa berkonsultasi dengan spesialis bedah onkologi.


... dr Sony Prabowo, Sp.A adalah staf medis pada Siloam Hospital, Bali. Lulusan fakultas kedokteran Universitas Brawijaya dan residensi pediatrik Davao Doctor Hospital, Davao, Filipina, ini juga aktif dalam berbagai kegiatan sosial kesehatan untuk masyarakat miskin dan pencegahan aborsi ilegal. Bila Anda memiliki masalah terkait dengan kesehatan bayi dan anak, silakan berkonsultasi dengan dr Sony melalui rubrik ini.
Klik di sini untuk menghubungi dr Sony.