Konsultasi

Berat Badan Anak 2 Thn Susah Naik


  Diposting tgl: 16 September 2015

  Pertanyaan

Selamat siang dok, dok saya mau konsultasi anak saya skarang baru 2 tahun bb nya cuman 9 kilo, makanny tiap hari normal biasa 3 x sehari, cuman cemilan ny suka mkn mie gelas,mie kremes,yupie,permen kiss dan dll... apakah anak sya termasuk gagal tumbuh kembang anak dok,? Minta tolong dong tips gimana saya sebagai bundanya bisa kasih makanan yang sehat dan bergizi dok, karena anak saya termasuk anak yg gak mau di larang,d bantah gitu.. saya sedih kadang seumuran dia temenny pada gemuk dan tinggi, tinggi anak saya kmren 80 cm... saya harus gmn dok? Vitamin udah saya kasih,tpi ga rutin tiap hari,karena dia gak doyan manis kaya madu gtu... maaf dok klo saya konsultasi ny panjang sekali, mohon d maklumi.makasih sebelumnya..

(Yani Siti Nurbayani, Bandung)

   Jawaban dr Sony Prabowo, Sp.A

Ibu Yani yang baik,

Tampaknya terdapat gagal tumbuh pada anak Ibu, di mana berat badan dan tinggi badannya berada di bawah rentang normal untuk golongan usia tsb. Dari foto yang Ibu kirimkan, terkesan adanya pembesaran daerah leher, di mana perlu disingkirkan masalah yang berhubungan dengan kelenjar gondok (hormon thyroid). Silakan berkonsultasi dengan spesialis anak untuk dilakukan pemeriksaan lebih mendalam sehingga dapat diketahui penyebab gagal tumbuhnya tsb dan agar dapat diberikan penanganan yang sesuai. Untuk informasi lebih lanjut dapat dibaca di: Anakku Gagal Tumbuh?

TELAH TERBIT, buku kesehatan anak "Apa Kata Dokter" oleh dr Sony Prabowo, Sp.A dan dr Salma. Dapatkan di toko-toko buku kesayangan Anda!
buku apa kata dokter

... dr Sony Prabowo, Sp.A adalah staf medis pada Siloam Hospital, Bali. Lulusan fakultas kedokteran Universitas Brawijaya dan residensi pediatrik Davao Doctor Hospital, Davao, Filipina, ini juga aktif dalam berbagai kegiatan sosial kesehatan untuk masyarakat miskin dan pencegahan aborsi ilegal. Bila Anda memiliki masalah terkait dengan kesehatan bayi dan anak, silakan berkonsultasi dengan dr Sony melalui rubrik ini.
Klik di sini untuk menghubungi dr Sony.