web analytics

Cara Alami Menghilangkan Kutu Rambut

Diperkirakan sekitar 15% anak Indonesia mengalami masalah kutu rambut, serangga kecil tanpa sayap yang mengisap darah manusia lewat kulit kepala. Meskipun kutu rambut tidak menimbulkan masalah kesehatan serius, keberadaannya bisa sangat mengganggu dan menjengkelkan karena menimbulkan gatal terus-menerus di kepala. Prestasi belajar anak pun dapat terancam karena sulit berkonsentrasi.

Kutu rambut sulit ditemukan karena warnanya sangat mirip dengan warna rambut dan ukurannya kecil. Kutu rambut jantan dewasa berukuran sekitar dua milimeter, sedangkan yang betina sedikit lebih besar karena memiliki rongga perut untuk telur-telurnya.

Gejala

Sering menggaruk kepala adalah tanda utama seseorang memiliki kutu rambut. Tapi untuk memastikan keberadaannya, yang paling praktis adalah menghamparkan handuk atau saputangan putih dan meletakkan kepala anak di atasnya, lalu menyisir rambut dengan sisir khusus untuk kutu rambut (serit). Di kampung-kampung orang biasa menyimpan sisir jenis ini, yang biasanya berbilah dua dan bergigi rapat dan kaku. Bila ada kutu rambut, maka kutu dan telur-telurnya yang berwarna putih akan berjatuhan atau menempel di sisir.

Penanganan Alami

  1. Memangkas rambut. Bagi anak laki-laki yang memiliki masalah kutu rambut parah, cara termudah untuk menghilangkannya adalah memangkas rambut sampai plontos. Pencukuran sebaiknya dilakukan di rumah, bukan di tempat pangkas rambut untuk menghindari kemungkinan penularan ke orang lain.
  2. Zat Pembasmi Alami.Meskipun kini sudah tersedia obat-obat kimia pembunuh kutu rambut, sebagian orang masih menyukai cara alami untuk membasminya. Selain tidak selalu efektif, obat kimia bagaimana pun dapat memiliki efek samping bagi tubuh (baca baik-baik aturan pakainya bila Anda menggunakannya). Berikut adalah beberapa bahan alami yang mudah didapat dan efektif menghilangkan kutu rambut:
    • Minyak kayu putih dan jeruk nipis. Campur beberapa sendok minyak kayu putih dengan air perasan jeruk nipis. Gunakan campuran tersebut untuk membasahi rambut, dan pijatlah kulit kepala dan remas-remaslah rambut dengan merata selama beberapa menit. Tutuplah kulit kepala dengan topi mandi plastik dan biarkan cairan bekerja selama satu jam. Kemudian, keramaslah rambut sampai bersih. Sisir rambut dengan sisir khusus untuk membersihkan telur-telur kutu yang masih melekat. Ulangi beberapa kali dalam seminggu sampai anak Anda benar-benar bebas kutu.
    • Minyak kelapa. Minyak kelapa (Jawa: minyak klentik) dapat memasuki saluran pernafasan kutu dan membunuh mereka dengan membuat lemas dan dehidrasi. Sewaktu anak mau tidur, tuangkan minyak kelapa hangat di kepalanya dan remaslah rambut seperti berkeramas. Bungkus kepala dengan topi mandi plastik dan tidurkan anak. Di pagi hari, basuh kepala anak untuk membersihkan minyak. Sisir rambut dengan sisir khusus untuk membersihkan telur-telur kutu yang masih melekat. Lakukan tiga malam berturut-turut. Periksa kembali rambut anak dan ulangi hanya jika diperlukan.
    • Cuka Putih. Cuka putih tidak membunuh kutu, namun efektif membuat telur-telur kutu mudah lepas dari cengkeramannya di rambut.  Selain itu, cuka juga bersifat antiseptik sehingga bisa membersihkan jamur dan bakteri di kepala. Basahi kepala dan kulit kepala anak dengan air cuka. Tutup kepala dengan topi mandi plastik selama 30 menit agar cuka meresap dan bekerja. Sisirlah rambut dengan sisir khusus untuk mengeluarkan kutu dan telur-telurnya. Telur-telur yang sebelumnya sangat lengket di rambut akan dengan mudah berlolosan. Kemudian, keramaslah rambut sampai bersih. Ulangi beberapa kali sampai anak Anda bebas kutu rambut.

Pencegahan

Pencegahan adalah terapi yang paling efektif dan murah.

  • Setelah menyadari anak Anda memiliki kutu rambut, periksa anggota keluarga lainnya dan pastikan tidak ada satu pun anggota keluarga lain yang juga bermasalah kutu rambut. Lakukan penanganan yang sama bila ada anggota keluarga yang terkena.
  • Usahakan untuk tidak berbagi peralatan yang dapat menjadi sumber penularan kutu seperti sisir, topi, handuk, bantal, dll.
  • Jangan menggantung handuk, topi, jilbab dan lain-lain di tempat gantungan yang sama sehingga kutu rambut bisa melompat dari satu barang ke barang lain.
  • Untuk sementara sampai anak dipastikan bebas kutu, pisahkan tempat tidurnya. Kutu dapat melompat dari kepala anak yang satu ke yang lain sewaktu mereka tidur dengan kepala berdekatan.

image: source

46 Komentar

  1. chee-onge
    25 Oktober 2010    

    makasih tips nya…

  2. tika
    7 November 2010    

    cara pemakaian cuka putihnya bagaimana?tolong terangkan se detailnya cz temen aku kasian th banyak kutunya

  3. aqhu
    13 November 2010    

    itu cuka putih sama aj ma cuka yg biasa wat masak ???????

  4. 22 November 2010    

    makasih ya tipsnya aku juga punya tips nie buat ngilangin
    kutu rambut, caranya pake autan makenya rambut nya semua di sisir pake sisir biasa, abis otu semuanya di kasih autan makenya kayak keramas aja, tapi ini harus dipakein ama orang lain. abis itu rambutnya di sisir pake serit terus tunggu sampe 2 jam (120 menit ) baru di keramasih pake air anget tapi shampoonya harus (SHAMPOO NATUR yang MELEMBUTKAN RAMBUT)itu aja simpelkan,,,
    tapi itu dilakuin seminggu sekali….
    makasih ya tips nya…
    HHE…
    *_*

  5. dr Salma
    22 November 2010    

    @Thalita, terima kasih tips-nya. Mudah-mudahan bermanfaat buat yang lain. Tapi, apakah nggak bahaya itu pake autan?

  6. 23 November 2010    

    @ dr salma, enggak kok aku juga sering make autan,,
    tapi itu gak boleh buat hewan YYYYYaaaaaaa…….

  7. Rossa
    28 November 2010    

    hmm.. klo pke autan, telur-telurnya juga mati ??

  8. 7 Desember 2010    

    iyaaa,,pake autan sampe linsa (telur2) nya juga mati,,,sdah sya prktekkan pada adik sya,,

  9. nina dona
    12 Desember 2010    

    maksih yaa tips’x,,,kalo pake jeruk nipis ma minyak kayu nputih apakah ituu bisa mnghilangkan kutu kita juga???

  10. 29 Desember 2010    

    samponya kalo pantene bisa gak??

  11. 1 Januari 2011    

    apa gug rontok rmbt.na pake autan?????

  12. yayanx
    7 Januari 2011    

    ah……………zmua cara kuno!aku dah sering lakuin cara itu tapi kutunya cuma ilang sminggu doang,besoknya dah ada lagi.tapi ga papa kok aku coba skali lagi deach…….mudah mudahan mati tu zmua kutu amiennnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnn,,,,…,.,.,.,.,.,

  13. 12 Januari 2011    

    TP telurny bsa hlang dlm rmbt kt kan?dn gk nempel d rmbt lg tp pke autan panas gak aku takut!

  14. Tria
    15 Januari 2011    

    Makasihya yang buatin blog ini mudah2 bermanfaat untuk cmua

  15. afifah
    29 Januari 2011    

    iya makasih yea tuk tips nya

  16. angel
    29 Januari 2011    

    add makasih ugha yae tuks tips ya thank you ferry mach

  17. Tanuja
    29 Januari 2011    

    Thankz,tas info nya ya,tp hrz lbh bnyk lg nich tips untk mnghlngkan ktu,
    tlng dcri jln yg laen yach…

  18. dania
    29 Januari 2011    

    makasih yah udah buat tips itu sekarang kutu ku hilang tinggal telurnya

  19. nunna
    30 Januari 2011    

    makasih yah tipsnya!!
    bermanfaat banget buat adek aku,,kasian dia banyak kutunya!
    gak bisa d basmi,,udah hilang sehari ehh besoknya ada lagi,,,
    emank yang paling mempan tuh pke apa?? untuk sekarang aku mauh coba pke cuka putih dulu dehh…
    :)

  20. nani
    1 Februari 2011    

    makasih za ataz tipz nx moga bener2 manjur

  21. 5 Februari 2011    

    wuahh..,bisa di coba nihhh

  22. tia
    7 Februari 2011    

    mksh ataz tipz.nha moga bnr2 manjur….

  23. 7 Februari 2011    

    TUMBONAN, obat pemberantas kutu rambut tanpa dibilas, bahkan telor kutupun mati,ketombe pun hilang. Praktis cepat dan aman untuk kesehatan rambut, jika mengenai matapun AMAN..!!, dapat juga dipakai untuk memberantas kutu hewan.
    DIJAMIN CESPLENG..!

  24. 7 Februari 2011    

    Iya memang Tumbonan emang cesplenk, lagian gak pake dibilas.pokoknya jangan pake kapur ajaib, soalnya setelah sy tanyakan di lab kapur ajaib bisa melumpuhkan bahkan mematikan urat syaraf rambut.trims

  25. 7 Februari 2011    

    emang beneran nich tumbonan bisa memberantas kutu dan telornya sekaligus,….wah berita menarik donk,…tpi apa gak bikin rontok kayak obat nyamuk?.di jkta da gak?

  26. naomi
    9 Februari 2011    

    thanks buat tips ya akan ku coba

  27. distia
    9 Februari 2011    

    kalo nyari obat tumbonan di mana tuhh ?
    mohon balezan nya yya …
    maksihhh ..

  28. Dewi
    24 Februari 2011    

    gmna sich cara.a biar kutu & telur kutu.a cepat hilang……?????

    Tolong kasih tau d0nk bagi yg tau….!!!!

  29. 27 Februari 2011    

    kalo cara nya pake minyak kayu putih sama jeruk nipis kaya apa ?
    ga rontok kah rambut ?

  30. naffisa
    5 Maret 2011    

    kalo pake cuka putih, apa rambut gak rontok……!!!!!

  31. novita
    6 Maret 2011    

    mksh y tips-a.smg j brhsil.. n smg j tu amn buat kshtn rmbt.

  32. 6 Maret 2011    

    hate kutu lah!!!

  33. 11 Maret 2011    

    AQ BERUNTUNG BNGET BSA TAU CARA MENGHILANGKAN KUTU
    AQ TERIMA KASIH YACH ATAS TIPSNYA……

  34. seghy
    23 Maret 2011    

    kalo rambutnya gimbal gimna??
    ap bisa make minyak kayu putih,jruk nipis???

  35. dian
    23 Maret 2011    

    Saya baca di brosur ***blogspot.com , kok sifat kutu itu MELONCAT kayak belalang?.Mana yang benar?!.mohon keterangan lanjut!

  36. dea
    24 Maret 2011    

    jadi mana iank benar ni tips.a ??
    jadi binun , bnyak beet ci .

  37. feby
    30 Maret 2011    

    tumbonan…..itu…apa sich . klo misalnya minyak kayu putih bisa ngilangin telor kutu gak????? MOHON DI ” JAWAB “

  38. sulfiani
    3 April 2011    

    tumbonan tu apha eaa
    andbli ea d,mnha?

  39. mia
    3 April 2011    

    Adduuhhhhh gmna siiiihhh cra ngilangin kuttuuuuuuu,, susah bgt ngilanginny,, ada lagi,, ada lgi,, herraannn gw!! Hobi bgt di kpla gw,, tlong donk,, ksih sran

  40. w.heruwibowo
    4 April 2011    

    tumbonan trims ak dah coba beneran manjur, tpi sayang ga bis ngecer tuh,rekan2 bis cari tumbonan di google/ yahoo, tap harganya kurang merakyat, boleh donk diturunin!, tpi tips di atas coba dulu, karena tumbonan harus pesen dulu dan datangnya 1 mingguan bro.kritik tumbonan ga papa ya?!.tx

  41. shafa
    14 April 2011    

    wowww… tapi klo perempuan gmn aku dah berulang kali potong rambut tapi hasilnya gt2 ja

  42. phiekha
    19 April 2011    

    aku punya saudara yang banyak kutu rambutnya aku akan coba untuk pke cara minyak kayu putih dan jeruk nipis mudah-mudahan berhasil ya doain jha yach tmen tmen

  43. dea imut
    26 April 2011    

    ak dah coba tips di atas tp masih ada aja kutunya, tp jg lumayan berkurang.trims. dan sy bc di atas ada OBAT TUMBONAN cara cepat dan praktis, cukup semprot selesai. dimana carinya?mohon info

  44. shella.......
    27 April 2011    

    hem… emnxya bnyak ktu bkin pusinx….udh ilanx…! eh ktlran lg…………

    doain ya byar ktu bza d bsmi d indonesia………….

  45. ltg
    29 April 2011    

    hm,, gara2 tmn jd ketularan nih,, wktu itu udh sempet ilang tp kok ada lgi,, heuhh.. cma binatang kecil aja bikin pusing masyarakat

  46. anti kutu
    1 Mei 2011    

    tumbonan app siiihh ?
    aku juga ada kutu niihhh
    trus beli tumbonan dimana
    mohon info.a

Arsip Artikel
Bergabunglah dengan ribuan orang lain yang secara otomatis mendapatkan artikel baru dari situs ini ke email mereka. Masukkan alamat e-mailmu:
    Yaslim - 40 harga produk
    40ribu
    Yaslim