web analytics

Cara Menaikkan Berat Badan

Ketika banyak orang mengeluhkan kelebihan berat badan, sebagian dari Anda justru tidak bahagia karena merasa berat badannya kurang. Namun, sebelum Anda mengeluh bahwa berat badan Anda kurang, perlu diketahui bahwa setiap orang memiliki titik keseimbangan berat badan berbeda-beda. Beberapa orang secara alami memiliki badan langsing karena titik keseimbangan berat badannya rendah. Meskipun tidak membatasi makanan, berat badan mereka tidak pernah naik. Jika Anda termasuk dalam kelompok tersebut, masalah Anda bukanlah berat badan itu sendiri tetapi persepsi Anda mengenainya. Dari segi kesehatan, kondisi Anda yang langsing justru menguntungkan karena Anda berisiko lebih rendah terkena penyakit jantung dan masalah kesehatan lain seperti diabetes.

Masalah baru muncul bila badan Anda terlalu kurus (BMI Anda kurang dari 18). Selain membuat kurang percaya diri, terlalu kurus dapat meningkatkan risiko osteoporosis, gangguan kesuburan, melemahkan sistem kekebalan tubuh, dan menyebabkan masalah kesehatan lainnya. Tubuh yang terlalu kurus biasanya disebabkan oleh:Free coiled tape measure healthy living stock photo Creative Commonsphoto © 2009 D. Sharon Pruitt | more info (via: Wylio)

  • Penurunan berat badan yang signifikan karena penyakit, anoreksia, depresi, dll.
  • Gaya hidup yang buruk seperti bekerja terlalu keras, merokok berat dan mengonsumsi narkoba.
  • Kurang gizi karena diet, mengabaikan makan, atau kemiskinan.

Bagaimana menaikkan berat badan?

Bila berat badan Anda terlalu rendah dan ingin menaikkannya, beberapa tips berikut mungkin membantu:

1. Tingkatkan asupan kalori

Untuk menaikkan berat badan, jumlah asupan kalori Anda harus lebih besar dari jumlah kalori yang Anda bakar. Jumlah kalori yang Anda bakar dalam sehari terdiri dari jumlah kalori yang dibutuhkan tubuh untuk proses dasar seperti bernafas, sirkulasi darah, perbaikan dan aktivitas sel, dan kalori yang dibakar untuk aktivitas fisik. Tingkatkanlah asupan kalori Anda dengan:

  • Menambahkan lemak sehat ke dalam makanan Anda. Contoh sumber lemak sehat adalah alpukat, zaitun, kacang, dan minyak ikan. Ingatlah bahwa makanan berlemak tidak sehat seperti sate kambing, steak, es krim, dll tetap tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan, meskipun Anda kurus. Kolesterol jahat pada makanan-makanan tersebut tetap berbahaya bagi Anda.
  • Minum jus atau susu sebagai pengganti air putih.
  • Makan empat kali sehari: sarapan, makan siang, makan sore dan makan malam.
  • Mendapatkan sarapan yang lebih lengkap dengan nasi, sayur, lauk-pauk dan buah-buahan.
  • Mengonsumsi makanan ringan lebih banyak, terutama jika Anda mengalami kesulitan memakan makanan besar.
  • Memilih makanan yang lebih padat kalori, yaitu yang berkalori lebih banyak dalam volume yang lebih kecil.

2. Lakukan aktivitas fisik

Olahraga dapat menambah berat badan dengan meningkatkan massa otot. Sebagai hasilnya, tubuh Anda lebih berisi, lebih sehat dan lebih indah. Jika Anda kurang berolahraga, kenaikan berat badan didapatkan dari penambahan massa lemak, yang membuat tubuh Anda lebih rentan penyakit dan kurang indah. Selain itu, olahraga adalah perangsang nafsu makan yang baik. Untuk tujuan kenaikan berat badan, pilihlah jenis olahraga kebugaran, bukan olahraga daya tahan (endurance).

3. Tingkatkan kesehatan mental Anda

Bergaullah dengan orang-orang yang humoris dan optimistis. Kelucuan dan semangat mereka membuat Anda lebih mencintai kehidupan. Nikmatilah kelakar mereka, bahkan bila itu termasuk olok-olok mengenai badan Anda yang kurus. Banyak tertawa meningkatkan nafsu makan Anda!

Arsip Artikel
Bergabunglah dengan ribuan orang lain yang secara otomatis mendapatkan artikel baru dari situs ini ke email mereka. Masukkan alamat e-mailmu:
    Mengkudu - 27 harga produk
    27ribu
    Mengkudu