web analytics

Konsultasi

Cara Mengatasi Alergi pada Kulit Bayi


  Diposting tgl: 21 December 2012

  Pertanyaan

Selamat sore Dok,

Anak saya umur 3 minggu, di pipinya dan telinga timbul bercak merah seperti jerawat & sering bersin-bersin & banyak keluar lendir, bercak merahnya di areal kulit yang terbuka, kemudian saya bawa ke dokter anak, dari diagnosa dokter, anak saya terkena alergi dingin atau alergi susu formula, sedangkan masalah keluar lendir katanya normal bawaan lahir, kondisi jantung sama paru-parunya normal.

Dokter memberikan resep susu formula anti alergi beserta obat alergi & semacam obat filek, tetapi setelah diobati kondisinya semakin memburuk, bercak merahnya tambah banyak sampai ada bintik di lubang telinga yang sangat mengganggu anak saya (tangannya seperti mau menggaruk). Langkah apa yang harus saya lakukan Dok untuk pengobatannya? Terimakasih atas perhatiannya

(Iwan, Bandung)

   Jawaban dr Sony Prabowo, Sp.A

Bapak Iwan yang baik,

Memang alergi merupakan salah satu kemungkinan yang dapat terjadi pada anak Ibu. Sulit untuk memberikan diagnosis karena tidak adanya foto dari bercak-bercak yang ada pada anak Bapak.

Secara umum alergi susu sapi akan membaik dalam satu sampai beberapa minggu setelah susu diganti dengan golongan hypoallergenic. Untuk informasi lebih lanjut bisa dibaca di : Alergi Susu Sapi

Sebaiknya Bapak membawa anak Bapak berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit untuk menentukan diagnosisnya lebih pasti dan selanjutnya dapat diberikan pengobatan yang sesuai.


... dr Sony Prabowo, Sp.A adalah staf medis pada Siloam Hospital, Bali. Lulusan fakultas kedokteran Universitas Brawijaya dan residensi pediatrik Davao Doctor Hospital, Davao, Filipina, ini juga aktif dalam berbagai kegiatan sosial kesehatan untuk masyarakat miskin dan pencegahan aborsi ilegal. Bila Anda memiliki masalah terkait dengan kesehatan bayi dan anak, silakan berkonsultasi dengan dr Sony melalui rubrik ini.
Klik di sini untuk menghubungi dr Sony.