Cincin Vagina dan Koyo KB Sedikit Meningkatkan Risiko Stroke dan Serangan Jantung

Studi terbesar untuk meneliti risiko pengendalian kelahiran berbasis hormon telah menyimpulkan bahwa kontrasepsi sedikit meningkatkan risiko stroke dan serangan jantung, tergantung pada metode dan jenis hormonnya. Namun, risiko tersebut masih sangat rendah, terutama pada wanita muda, tim peneliti Denmark melaporkan pekan lalu.

Penemuan mereka, yang dipublikasikan dalam New England Journal of Medicine, menunjukkan risiko stroke yang lebih tinggi khususnya untuk wanita yang menggunakan cincin vagina dan koyo– meskipun temuan kedua didasarkan pada kelompok perempuan yang lebih sedikit dan bisa saja karena kebetulan.

Faktor-faktor lain (seperti keyakinan/sugesti bahwa koyo atau cincin mungkin lebih aman bagi perempuan yang dianggap berisiko stroke) dapat menjelaskan tingkat stroke yang lebih tinggi pada kelompok itu, kata Dr James Simon, seorang peneliti kesehatan perempuan di George Washington University di Washington, DC, yang tidak terlibat dalam studi.

Simon mengatakan temuan mungkin tidak perlu mengubah cara dokter meresepkan kontrasepsi, mengingat bahwa risiko yang terlihat pada penelitian tidak seberapa dibandingkan dengan risiko stroke, serangan jantung atau kematian yang dihadapi oleh perempuan yang hamil.

“Tak satu pun dari kontrasepsi hormonal itu berkaitan dengan kenaikan risiko stroke yang tidak bisa diterima, mengingat manfaat memakai kontrasepsi dibandingkan tanpa kontrasepsi,” tulis Dr Diana Petitti dari Arizona State University dalam sebuah editorial yang menyertai penelitian.

Usaha-usaha sebelumnya untuk menilai risiko stroke atau serangan jantung terkait dengan kontrasepsi hormonal telah menghasilkan hasil yang bertentangan.

Simon mengatakan bahwa wanita yang berpikir temuan ini berarti mereka harus berhenti menggunakan kontrasepsi mendapatkan pesan yang salah, karena risiko yang terkait dengan kehamilan sangat jauh lebih besar.

sumber: Reuters

Arsip Artikel
Bergabunglah dengan ribuan orang lain yang secara otomatis mendapatkan artikel baru dari situs ini ke email mereka.
Berlangganan
Nama: 
Alamat email Anda:*
Please enter all required fields
Correct invalid entries
Buku best seller nasional oleh dr Salma. Tiga kali cetak ulang hanya dalam 6 bulan setelah terbit! Segera dapatkan di toko-toko buku kesayangan Anda!