web analytics

Konsultasi

Demam Hanya di Kepala


  Diposting tgl: 20 Februari 2013

  Pertanyaan

Dok anak berusia 8 bulan, beberapa minggu yang lalu mengalami demam, tapi tidak lebih dari 39 C, saya beri sanmol alhamdulillah sembuh. 2 hari kemudian demam lagi tapi anehnya hanya kepalanya saja dan disertai sering muntah. Kalo muntahnya saya yakin karena sudah beberapa hari tidak BAB kemudian saya beri lacto B alhamdulillah baikan. Yang ingin saya tanyakan apa yang menyebabkan kepala bayi saya saja yang panas tapi badannya tidak.

(Novi, Bontang)

   Jawaban dr Sony Prabowo, Sp.A

Ibu Novi yang baik,

Panas pada anak paling sering disebabkan oleh adanya infeksi. Di saat terjadi proses peradangan, tubuh menghasilkan zat-zat kekebalan tubuh untuk melawan kuman-kuman yang ada, di mana salah satu akibatnya adalah terjadinya panas. Panas tersebut diatur oleh salah satu bagian yang terdapat di otak, jadi bila panasnya tidak terlalu tinggi, bisa saja cuma kepala saja yang teraba panas.

Infeksi di sekitar kepala (misalnya pada telinga, hidung, sinus, tenggorokan) juga dapat menyebabkan panas yang terutama di daerah kepala.


... dr Sony Prabowo, Sp.A adalah staf medis pada Siloam Hospital, Bali. Lulusan fakultas kedokteran Universitas Brawijaya dan residensi pediatrik Davao Doctor Hospital, Davao, Filipina, ini juga aktif dalam berbagai kegiatan sosial kesehatan untuk masyarakat miskin dan pencegahan aborsi ilegal. Bila Anda memiliki masalah terkait dengan kesehatan bayi dan anak, silakan berkonsultasi dengan dr Sony melalui rubrik ini.
Klik di sini untuk menghubungi dr Sony.