Diagnosis Diare

Diare adalah kondisi yang disebabkan oleh banyak hal. Sebagian besar diare sembuh sendiri setelah beberapa jam atau hari. Namun dalam beberapa kasus diare dapat menjadi tanda penyakit serius yang mendasarinya.

Penanganan Diare
Gejala Anda mungkin disebabkan oleh INTOLERANSI LAKTOSA. Bila Anda perlu mengonsumsi produk susu, dokter bisa memberi Anda tablet atau sirup yang berisi enzim laktase untuk membantu pencernaan susu. Kalau tidak, sebaiknya dihindari saja makanan/minuman berbasis susu.
Anda mungkin telah KERACUNAN MAKANAN. Gejala lain keracunan makanan adalah kepala pusing, demam/panas-dingin, dan lemas.

Sebagian besar masalah keracunan makanan akan hilang dalam 12-48 jam. Dalam periode itu, perbanyak minum. Anak-anak mungkin memerlukan ORALIT untuk rehidrasi. Hindari makanan padat sampai diare hilang. Bila gejala-gejalanya parah atau tidak hilang dalam 24 jam, hubungi dokter.

Anda mungkin memiliki gangguan pencernaan seperti DIVERTIKULOSIS atau DIVERTIKULITIS. Kunjungi dokter untuk mendapatkan solusi. Konsumsi makanan yang kaya serat dapat mengurangi gejala Anda.
Anda mungkin memiliki GASTROENTERITIS, infeksi yang terjadi pada usus atau perut yang disebabkan oleh beberapa jenis virus. Perbanyak minum cairan. Hubungi dokter jika demam meningkat dan tidak sembuh dalam beberapa hari.
Anda mungkin memiliki diare yang disebabkan oleh bakteri atau parasit seperti salmonella, giardia, dll. Segera hubungi dokter. Perbanyak minum dan hindari kopi.
Anda mungkin mengalami gejala penyakit radang pankreas (pankreatitis) atau kandung empedu. Segera hubungi dokter.
Anda mungkin mengalami Ileus atau sumbatan pergerakan isi usus, yang mungkin disebabkan oleh adhesi, hernia, atau tumor. Itu adalah kondisi kedaruratan medis. SEGERA PERIKSAKAN DIRI KE UNIT GAWAT DARURAT RUMAH SAKIT TERDEKAT!
Diare Anda mungkin disebabkan oleh obat yang Anda minum. Bicarakan dengan dokter mengenai hal tersebut agar Anda mendapatkan obat pengganti yang tidak menyebabkan diare. Namun demikian, jangan hentikan obat Anda sebelum berkonsultasi dengan dokter.
Diare Anda mungkin disebabkan oleh disentri, infeksi usus yang disebabkan oleh bakteri shigella atau amoeba. Infeksi amoeba memiliki gejala yang lebih hebat. Disentri biasanya menular melalui makanan yang terkontaminasi. Segera periksakan diri ke dokter jika gejalanya parah atau berlanjut hingga beberapa hari. Perbanyak minum untuk mencegah dehidrasi.
Anda mungkin memiliki penyakit radang usus kronis atau penyakit Crohn . Segera periksakan diri ke dokter.
Anda mungkin memiliki IRRITABLE BOWEL SYNDROME atau spastik usus besar. Tambahkan konsumsi makanan berserat dalam diet Anda. Perbanyak minum. Bila ada darah dalam tinja Anda, periksakan diri ke dokter.
Anda mungkin memiliki impaksi fekal, yaitu tinja besar dan mengeras yang terjebak di dalam rektum setelah konstipasi (susah BAB) yang kronis. Segera periksakan diri ke dokter.
Anda memiliki gejala yang tidak umum. Silakan konsultasikan dengan dokter.
Sending
Arsip Artikel
Bergabunglah dengan ribuan orang lain yang secara otomatis mendapatkan artikel baru dari situs ini ke email mereka. Masukkan alamat e-mailmu: