Diet Sehat Mencegah Stroke Berulang dan Serangan Jantung

'Meals in Minutes' photo (c) 2007, Angie Linder - license: http://creativecommons.org/licenses/by-sa/2.0/Ini memang bukan berita baru. Sudah sekian banyak riset yang menunjukkan pentingnya diet sehat untuk kesehatan. Tapi berapa kali pun beritanya diulangi, tampaknya tetap layak dibaca untuk mengingatkan kita semua tentang pentingnya diet sehat.

Riset terbaru yang diterbitkan dalam jurnal Circulation dari American Heart Association ini menyebutkan bahwa jika Anda memiliki penyakit jantung, diet sehat dapat membantu mencegah serangan jantung dan stroke berulang. Manfaat itu menambahkan manfaat dari meminum obat-obatan pencegahan yang diresepkan dokter.

Temuan ini berasal dari penelitian yang dipimpin oleh Mahshid Dehghan, Ph.D., ahli gizi di Population Health Research Institute, McMaster University di Ontario, Kanada.

Para peneliti mensurvei 31.546 orang dewasa (usia rata-rata 66,5) yang memiliki penyakit jantung atau kerusakan organ utama untuk mengetahui seberapa sering mereka minum susu dan makan buah-buahan, sayuran, daging, ikan, biji-bijian, dan unggas pada tahun sebelumnya. Pertanyaan tentang pilihan gaya hidup, seperti olahraga, merokok, dan konsumsi alkohol, juga ditanyakan dalam wawancara.

Jumlah buah-buahan, sayuran, susu, dan biji-bijian yang dikonsumsi sehari-hari, serta rasio konsumsi ikan dengan daging, menentukan nilai total. Selama lima tahun tindak lanjut, para peneliti menemukan bahwa 5.190 kasus kardiovaskular terjadi di antara para peserta.

“Kadang-kadang, pasien menganggap tidak perlu menerapkan diet sehat karena obat-obatan telah menurunkan tekanan darah dan kolesterol mereka. Itu keliru.Diet sehat memiliki manfaat lain selain yang didapat dari aspirin, modulator angiotensin, penurun lipid dan agen beta blocker. ” kata Dehghan.

Analisis menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi diet sehat untuk jantung memiliki:

  • 35% penurunan risiko kematian kardiovaskular
  • 28% penurunan risiko gagal jantung kongestif
  • 19% penurunan risiko stroke
  • 14% penurunan risiko serangan jantung baru

Meskipun masyarakat di berbagai belahan dunia memiliki beragam kebiasaan makanan, diet sehat berhubungan dengan perlindungan terhadap penyakit jantung berulang di seluruh dunia, terlepas dari tingkat ekonomi masyarakat itu, kata Dehghan.

Tim juga menemukan bahwa bila Anda mengambil diet kaya buah-buahan dan sayuran, dan makan lebih banyak ikan daripada daging, Anda mendapatkan lebih banyak perlindungan terhadap penyakit jantung daripada terhadap kanker, cedera, atau patah tulang.

Penelitian ini mendukung penelitian sebelumnya yang menunjukkan bahwa diet yang tidak sehat menyebabkan peningkatan risiko mengembangkan penyakit jantung.

Dehghan menutup dengan  kesimpulan:

“Dokter harus menasihati pasien berisiko tinggi untuk memperbaiki pola makan mereka dan makan lebih banyak sayuran, buah-buahan, biji-bijian dan ikan yang secara substansial dapat mengurangi kekambuhan kardiovaskular melampaui terapi obat saja dan menyelamatkan banyak nyawa secara global.”

————————————————-

Referensi: Circulatin Journal

Arsip Artikel
Bergabunglah dengan ribuan orang lain yang secara otomatis mendapatkan artikel baru dari situs ini ke email mereka.
Berlangganan
Nama: 
Alamat email Anda:*
Please enter all required fields
Correct invalid entries
Buku best seller nasional oleh dr Salma. Tiga kali cetak ulang hanya dalam 6 bulan setelah terbit! Segera dapatkan di toko-toko buku kesayangan Anda!