web analytics

Efektivitas Koyo KB Sama Dengan Pil KB

Koyo KB yang mengandung hormon kontrasepsi dosis rendah tampaknya sama efektifnya dengan kontrasepsi oral kombinasi pada spektrum yang luas dari perempuan, kata peneliti.

Skor indeks Pearl keseluruhan untuk perempuan pada wanita dengan koyo KB dosis rendah etinil estradiol dan levonorgestrel adalah 4,96, dibandingkan dengan skor 4,02 pada wanita dengan pil kombinasi (20 mg etinil estradiol dan 0,1 mg levonorgestrel), Andrew Kaunitz, MD, dkk dari University of Florida College of Medicine di JacksonvilleĀ melaporkan.

Perbedaan tersebut secara statistik atau klinis tidak bermakna, Kaunitz mengatakan dalam presentasi pada pertemuan klinis tahunan American College of Obstetricians and Gynecologists.

Penelitian setahun tersebut mempelajari populasi perempuan yang mencerminkan penduduk AS secara umum, termasuk wanita gemuk, minoritas, perokok, dan wanita dengan atau tanpa penggunaan kontrasepsi hormonal sebelumnya. Para wanita dikelompokkan secara acak dan diberi koyo sekali seminggu selama 3 minggu, diikuti dengan seminggu bebas koyo. Mekanisme transdermal eksklusif ini memungkinkan dosis rendah estrogen dan levonorgestrel untuk diserap melalui kulit. Dosis harian dihitung dari koyo adalah setara dengan 30 mikrogram etinil estradiol.

Wanita dalam kelompok studi lainnya selama enam siklus diberi kontrasepsi oral kombinasi, yang kemudian diikuti oleh tujuh siklus koyo KB.

Secara keseluruhan, 1.503 wanita pada kedua kelompok itu berusia rata-rata 26,4 tahun, 55% kulit putih/ non-Hispanik, 28% perokok dan memiliki indeks massa tubuh rata-rata 27,5. Mayoritas (60%) adalah pengguna baru kontrasepsi hormonal.

Kaunitz mencatat bahwa Indeks Pearl – yang secara rutin digunakan dalam uji klinis untuk mengukur efektivitas kontrasepsi – adalah 2,85 untuk wanita obesitas dengan BMI lebih besar dari 32 kg/m2 dibandingkan dengan skor indeks 3,17 untuk wanita dengan BMI lebih rendah.

“Ada kekhawatiran tentang berkurangnya efektivitas yang diamati dalam penggunaan koyo KB generasi pertama oleh wanita obesitas, jadi kami mencari di sini apakah ada perbedaan antara wanita gemuk dan wanita kurus. Kami tidak melihat perbedaan yang bermakna pada tingkat kegagalan berdasarkan indeks massa tubuh.”

Sumber: Comparative phase 3 study of AG200-15, a low-dose estrogen and levonorgestrel contraceptive patch, Kaunitz A, et al, ACOG 2012.

Arsip Artikel
Bergabunglah dengan ribuan orang lain yang secara otomatis mendapatkan artikel baru dari situs ini ke email mereka. Masukkan alamat e-mailmu:
    Kumis Kucing - 30 harga produk
    30ribu
    Kumis Kucing