Konsultasi

Feses Berwarna Hijau Kecoklatan dan Berlendir


  Diposting tgl: 12 Januari 2016

  Pertanyaan

Salam Dok,

Anak saya baru berumur 2minggu, pada awal kelahiran ASI saya tidak keluar sampai beberapa hari kemudian keluar tetapi produksi tidak banyak. Saya ngotot mau ASI ekslusif tetapi melihat kondisinya saya kasihan karena beberapa hari tidak BAB dan perutnya kembung jadi saya putuskan untuk diberi susu formula sebagai pendamping. Tetapi setelah mengkonsumsi itu anak saya BAB tetapi warnanya hijau kecoklatan dan berlendir. Apakah pada kondisi itu masih dikatakan normal? Mohon pencerahannya dok. Terima kasih.

(Chintiyasari, Indramayu)

   Jawaban dr Sony Prabowo, Sp.A

Ibu Chintiyasari yang baik,

Selama tidak ada keluhan lainnya seperti muntah, perut kembung, diare, rewel terus dsb maka tampaknya tidak perlu dikhawatirkan. Ibu perlu makan makanan yang bergizi cukup dan minum air putih yang cukup agar produksi ASI nya banyak. Sejauh mungkin silakan diusahakan memberikan ASI eksklusif.

TELAH TERBIT, buku kesehatan anak "Apa Kata Dokter" oleh dr Sony Prabowo, Sp.A dan dr Salma. Dapatkan di toko-toko buku kesayangan Anda!
buku apa kata dokter

... dr Sony Prabowo, Sp.A adalah staf medis pada Siloam Hospital, Bali. Lulusan fakultas kedokteran Universitas Brawijaya dan residensi pediatrik Davao Doctor Hospital, Davao, Filipina, ini juga aktif dalam berbagai kegiatan sosial kesehatan untuk masyarakat miskin dan pencegahan aborsi ilegal. Bila Anda memiliki masalah terkait dengan kesehatan bayi dan anak, silakan berkonsultasi dengan dr Sony melalui rubrik ini.
Klik di sini untuk menghubungi dr Sony.