Konsultasi

Feses Hijau Berlendir


  Diposting tgl: 4 Februari 2016

  Pertanyaan

usia anak saya 9 bln, bb nya 13.3 kg udah makan (bubur, nasi lembek), minumnya asi dan air putih. dari 1 bln yg lalu bab nya berwarna hijau encer berlendir 3-7x. udah ke dsa 4x. pertama. bb nya 13.4 kg, dsa nya bilang tidak apa2 krn anaknya aktif dan minumnya lancar, jadi cuma diberi Intrazink saja. tpi 10 hari tidak ada perubahan. kedua. bb nya 13.4 kg, diberi promuba, ada perubahan tpi cuma 1 hari, 7 hari kontrol lgi ketiga. 13.1 kg, cek feses, hasilnya warna kehijauan, lembek, eritrosit 0-1, lekosit 0-2, bakteri +, ph 5.4, lemak/sudan III +, hematest/benzidine positif. dari dsa nya diberi Promuba dan disuruh kontrol kembali stelah 12 hari, hasilnya 1 minggu frekuensi nya 1-3x slama 3 hari saja, lalu kembali 3-5x keempat. bb nya 13.3 kg, hasil lab sama dgn hasil sblmnya dan tidak diberi obat, tpi disarankan untuk di Kultur. dan dsa nya yakin klo tidak sampai opname, krn anak nya aktif, minumnya banyak, diperiksa perutnya jg bagus.. saya hrs gimana ya dok? minum obat trus kok ga da perubahan? sampai skrg bab nya msh 3-5x hijau encer lendir. sya khawatir klo hrs opname, mohon solusinya. terima kasih.

(Siti Khoiriyah, Kudus)

   Jawaban dr Sony Prabowo, Sp.A

Ibu Siti Khoiriyah yang baik,

Pengobatan Promuba pada anak Ibu, di mana kandungannya adalah Metronidazol, biasanya diberikan untuk infeksi yang disebabkan oleh amoeba. Pada hasil pemeriksaan feces lengkap yang pertama – tidak ditemukan adanya amoeba.
Perlu diketahui bahwa untuk menyingkirkan kemungkinan diagnosis amoeba – perlu dilakukan pemeriksaan laboratorium feces lengkap sampai 3 kali. Bila pada semua hasilnya tidak ditemukan adanya amoeba, barulah dapat disingkirkan kemungkinan infeksi Amoeba.

Saya setuju dengan pendapat speisalis anak yang merawat untuk dilakukan pemeriksaan kultur feces, karena bila infeksinya disebabkan oleh bakteri – maka dari pemeriksaan kultur feces tsb akan dapat diketahui bakteri penyebabnya dan antibiotik yang paling tepat yang perlu diberikan. Perlu dipastikan anak Ibu mendapat asupan cairan (minum) yang cukup dan tidak terjadi kekurangan cairan pada anak Ibu karena diare.

TELAH TERBIT, buku kesehatan anak "Apa Kata Dokter" oleh dr Sony Prabowo, Sp.A dan dr Salma. Dapatkan di toko-toko buku kesayangan Anda!
buku apa kata dokter

... dr Sony Prabowo, Sp.A adalah staf medis pada Siloam Hospital, Bali. Lulusan fakultas kedokteran Universitas Brawijaya dan residensi pediatrik Davao Doctor Hospital, Davao, Filipina, ini juga aktif dalam berbagai kegiatan sosial kesehatan untuk masyarakat miskin dan pencegahan aborsi ilegal. Bila Anda memiliki masalah terkait dengan kesehatan bayi dan anak, silakan berkonsultasi dengan dr Sony melalui rubrik ini.
Klik di sini untuk menghubungi dr Sony.