web analytics

Gejala dan Penanganan Stroke Ringan

stroke ringanStroke ringan atau yang dikenal secara medis sebagai transient ischemic attack (TIA) terjadi ketika asupan oksigen ke bagian tertentu dari otak terhalang sebentar, lalu kembali normal. Halangan tersebut biasanya disebabkan oleh penyempitan arteri otak karena aterosklerosis atau gumpalan darah kecil yang terbawa masuk dari tempat lain dalam tubuh dan menyumbat arteri otak. Kebanyakan stroke ringan hanya berlangsung kurang dari sepuluh menit dengan gejala yang bersifat temporer. Sebagian stroke ringan lainnya berlangsung hingga beberapa jam. Bila berlanjut lebih dari 24 jam maka dikategorikan sebagai stroke biasa.

Gejala Stroke Ringan

Gejala stroke ringan mirip dengan stroke biasa. Berikut adalah beberapa gejala stroke ringan, tergantung bagian mana dari sistem peredaran darah dan otak Anda yang terkena:

  • Masalah penglihatan di salah satu atau kedua mata, termasuk penglihatan ganda dan kebutaan sementara
  • Pusing, bingung dan lemah
  • Kesulitan berbicara, termasuk berbicara dengan intonasi kacau
  • Tidak dapat berjalan (ataxia).
  • Kehilangan ingatan atau kesadaran secara tiba-tiba
  • Kesulitan koordinasi tangan dan lengan
  • Lemah atau lumpuh di satu sisi tubuh

Diagnosis

Bila Anda mengalami gejala di atas, Anda harus segera memeriksakan diri ke dokter. Stroke ringan adalah ancaman sekaligus peluang bagi Anda. Disebut ancaman karena sebagai peringatan adanya risiko stroke berat di masa mendatang. Disebut peluang karena Anda memiliki peluang mencegahnya.

Selain memeriksa gejala, dokter akan menanyakan riwayat kesehatan Anda, termasuk bila Anda memiliki risiko stroke karena tekanan darah tinggi, diabetes, kolesterol tinggi, merokok dan penyakit jantung tertentu. Pemeriksaan fisik mencakup pemeriksaan neurologis untuk mengevaluasi tingkat kesadaran, sensasi, dan fungsi (visual, motorik, bahasa) dan menentukan penyebab, lokasi, dan tingkat stroke. Dokter Anda akan mengevaluasi jalan napas, pernapasan, dan sirkulasi dan tanda-tanda vital (yaitu, nadi, respirasi, suhu badan). Kepala (termasuk telinga, mata, hidung, dan tenggorokan) dan ekstremitas juga diperiksa untuk membantu menentukan penyebab dari stroke dan mengesampingkan kondisi lain yang menghasilkan gejala yang sama.

Untuk memastikan penyebab stroke ringan, dokter Anda mungkin meminta dilakukan pemeriksaan CT (computed tomography) atau MRI (magnetic resonance imaging) pada otak Anda. Pemeriksaan lain atas kondisi jantung dan sirkulasi darah dengan menggunakan Doppler, MRA (magnetic resonance angiography) atau rontgen jantung juga mungkin dilakukan.

Penanganan

Bila Anda telah terkena stroke ringan, dokter akan memberikan obat-obatan pencegah penggumpalan darah untuk mengurangi risiko berulangnya stroke, yaitu anti-koagulan dan anti-platelet. Aspirin adalah jenis obat yang paling banyak diberikan pada pasien pasca stroke.

Bila pembuluh arteri di leher Anda mengalami penyempitan berarti, pembedahan atau stent arteri carotid mungkin dilakukan untuk mengoreksinya.


Rekomendasi:

Herbagold Garlic adalah produk herbal berbahan utama ekstrak bawang putih yang dikombinasi dengan bahan-bahan alami lain seperti sidaguri (sida rhombifolia), jahe (Zingiber officinale), kunyit (curcuma domestica), dll.Bawang putih (zingiber aromaticum) sudah lama dikenal sebagai obat alami pencegah/ penurun tekanan darah tinggi dan pencegah aterosklerosis yang menyebabkan stroke.Manfaat: membantu mencegah agregasi platelet dan meningkatkan aktivitas fibrinolitik sehingga sangat baik untuk penderita darah tinggi, kolesterol tinggi dan penyakit jantung serta bersifat antibakteri, antiparasit, dan antikanker.

image source: knowledge base

11 Komentar

  1. supriyadi marsan
    27 October 2010    

    Terapi Alternatif Karunia ASY-SYIFAA
    BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIIM By.Jamaluddin Supriyadi M

    Metode terapi ini dinamakan TERAPI FISIO-ARTERI yang menitik beratkan pada masalah penanganan CARDIOVISCULAR tubuh manusia.Metode baru ini pada kenyataannya amat sederhana dilihat dari bentuk DIAGNOSA,bahasa sederhana pada KONSULTASI dan sederhana pada praktek terapinya namun hasilnya sangat dihrapkan oleh para pasien yaitu kesembuhan.Adapun kelebihan dari terapi ini adalah; 1.Metode terapi ini lahir sebagai karunia ALLAH SWT kepada manusia dimana sebenarnya sangat ditunggu selama ribuan tahun sejak manusia diciptakan. 2.Adanya keahlian dan kemampuan dalm mengetahui dan bertindak dalam memberi solusi kesembuhan serta pengetahuan upaya pencegahan agar tidak terulang lagi sakit itu. 3.Kemampuan RUH dengan IZIN ALLAH/BI IDZNILLAH untuk menyembuhkan problem kesehatan internal manusia dengan nyata dalam waktu yang singkat.Dari seminggu hingga maksimal 3 bulan,dengan catatan pasien tidak mengalami kondisi arteri putus serta kondisinya bukan pada fase akhir. Perlu kita ketahui sekali lagi bahwa problem kesehatn manusia itu terbagi dua yaitu: 1.Problem kesehatan INTERNAL dimana penyebabnya dari dalam tubuh manusia itu sendiri dan dengan dua sebab utama sebagai pemicunya. 1.Baik tidaknya CARDIOVISCULAR atau sisten jaringan sirkulasi darah manusia itu 2.Baik tidaknya sistem PENCERNAAN manusia Dan problem kesehatan internal ini dapat dikenali dengan tanda-tanda seperti: A.Adanya rasa sakit pada jaringan anggota dan organ tubuh kita B.Menurunnya kemampuan jaringan anggota dan organ tubuh manusia tanpa adanya rasa sakit. C.Adanya kebiasaan yang berbeda secara umum. Pada kasus internal ini menggunakan obat-obatan(diluar vitamin/suplement) amat tidak efektif.

    2.Poblem kesehatan yang bersifat EKSTERNAL atau datang dari luar tubuh manusia dimana dalam menggunakan berbagai tindakan medik dan obat obatan sangat efektif bagi pasien itu. Sedangkan dilihat dari sifatnya problem kesehatan INTERNAl itu terbagi atas dua bagian yaitu: 1.Bersifat EVOLUSI Dimana problem kesehatan itu berkembang beriring bertambah usia dan terbagi 3: 1.FASE AWAL usia -15 tahun 2.FASE TENGAH usia 15 thn -40thn 3.FASE AKHIR usia 40+/keatas 2.Bersifat SPONTAN atau sakit yang datang tanpa proses EVOLUSI seperti kecelakaan,stroke dan lainnya.Untuk stroke dapat dibaca di grup STROKE DAN SOLUSI SEHAT. Adapun metode terapi memakai prinsip sebagai berikut 1.ILMIAH Dari segi diagnosa,konsultasi serta terapinya tidak bertentangan dengan hukum akal dan tubuh manusia sebagai objeknya. 2.ALAMIAH. Tidak menggunakan unsur-unsur yang intinya dapat mencederai,meracuni,merusak sel-sel tubuh,jaringan tubuh serta organ tubuh manusia.Makanan adalah obat terbaik bagi tubuh sekaligus menjadi mediator bagi tubuh yang akan berfungsi kembali sebagai kekebalan,proses regenerasi dan sebagai sumber tenaga utama. 3.ILAHIYAH. Metode ini adalah KARUNIA ALLAH SWT yang dititipkan pada terapis namun menjadi anugerah bagi manusia yang menjalaninya sebagai bukti terkabulnya doa-doa mereka yaitu jawaban dan bukti adanya ALLAH SWT sebagai pencipta manusia dan segala yang ada.Sedapat mungkin menghindari pengkomersilan ayat-ayat AL-QUR’AN,serta terbebas dari syirik serta berada terutama bagi pasien wanita. Bila anda telah menjalani bermacam metode dan telah mengkomsumsi bebagai macam obat-obatan namun belum juga sembuh tidak ada salahnya mencoba metode TERAPI FISIOARTERI ini tanpa obat karena intinya ada pada terapi dan insya ALLAH w bi IDZNILLAH anda tidak akan kecewa dalam mengeluarkan uang dan kepercayaan anda terpenuhi. Jadikan upaya mencari sousi kesehata ini sebagai proses iman kepada ALLAH SWT dalam membuktikan janjiNYA yang termuat dalam AL QUR’AN tentang ayat-ayat kesembuhan,ayat tentang doa yang akan dikabulkan ayat tentang ALYAUMA AKMALTU LAQUM DIINUKUM WA ATMAMTU ALAIKUM BI NI’MATII WARA DIITULAKUMUL ISLAMIDINA. SEMOGA BEMANFAAT
    konsultasi:081284025560/021-68769609

  2. supriyadi marsan
    27 October 2010    

    STROKE DAN PROSENTASE KESEMBUHAN PASIEN
    Dalam kasus Stroke yang kita amati baik dalam kehidupan sehari-hari apakah itu melalui media cetak ataupun elektronik kita mendapatkan gambaran yang pasif tentang stroke itu baik tentang pengetahuan dan upaya dari pasien untuk mencari solusi agar bisa sehat dan normal kembali baik dalam kehidupan keluarga dan masyarakat.Berikut ini saya paparkan tentang prospek dan prosentase kesembuhan bila mengikuti metode Yadi Terapi JAMSIRRAH yang saya kembangkan selama ini dan hasil-hasilnya bagi pasien yang diterapi selama kurang lebih 6 tahun dan sekitar 50 pasien sebagian besar diManado hingga diJakarta.
    Secara fase dibagi atas tiga bagian yaitu;
    1.Saat pasien pertama kena stroke dan setelah istirahat selama 2 atau 3 bulan dengan tujuan agar pembuluh darah yang bocor diotak dapat menutup kuat kembali dan juga agar sembab yang terjadi pada bagian yang bocor hilang dengan sendirinya melalui keringat dan rambut.
    Pada fase IDEAL ini masalah yang ada pada diri pasien walaupun dlam keadaan lumpuh masih satu saja,yaitu baru pada SIRKULASI DARAH YANG TIDAK BERJALAN dengan normal.Jadi belum merambat pada bagian yang lain dari tubuh.Karena itu pada pasien yang antara 3 bulan hingga 6 bulan prosentase sembuhnya dapat mencapai 100% juga karena jaringan otot daging dan persendian masih stabil dan mendukung terapi jamsirrah yang akan diterapkan nanti.Jadi jangan kaget bila dalam sebulan pasien dapat normal kembali dengan catatan usianya masuk produktif serta kondisi fisik tangan dan kaki tidak dalam keadaan bengkakm kemerahan karena pengaruh cairan infus juga obat-obtan yang dikomsumsi.Jika semua pasien melakukan terapi pada fase IDEAL ini maka insya ALLAH wa BI IZDNILLAH tidak akan ada pasien stroke yang terlambat dalam pemulihannya.Dalam fase ini pasien akan membutuhkan 5x terapi dalam waktu 2 minggu agar tercapai hasil yang maksimal.
    2.Fase yang kedua adalah 6 bulan-setahun;dalam fase ini pasien sudah mengalami tambahan dalam masalah kesehatannya baik itu bagian yang stroke ataupun tidak juga pada bagian organ dlam tubuh pasien disebabkan faktor-faktor yang dianggap baik tetapi belum tentu benar untuk diterapkan,jadi hal ini menyulitkan bagi Terapis maupun pasien dalam menjalani masa-masa penyembuhan dan pemulihan.Dalam masa setahun masalah yang timbul adalah 1.sirkulasi yang masih tidak berjalan,2.Hilangnya jaringan otot dan 3.Pengaruh obat-obatan yang sudah mengisi setiap inci dari tubuh kita terutama bagian pencernaan,liver serta akan sangat memberatkan bagi kerja ginjal.jadi butuh waktu sedikit lama untuk memulihkan sirkulasi darah, mengeluarkan efek obat-obatan dari pencernaan dan juga dalam membentuk kembali jaringan otot dengan terapi fisik.Butuh waktu 3 bulan bagi pasien untuk mendapatkan hasil tersebut tentu dengan bantuan keluarganya.
    3.Fase ketiga ini yaitu setahun lebih benar-benar fase yang sulit bagi pasien yang terkena stroke berat karena permasalahn yang timbul benar-benar kompleks pada seluruh tubuhnya baik itu dari kepala hingga kaki.Jadi benar-benar situasi yang sulit bagi pasien karena kondisi tubuhnya tidak mengizinkan lagi untuk proses NORMAL kembali.Untuk SEHAT dapat dicapai dalam waktu 3 bulan terapi.Dalam arti proses DEGENERATIFnya tidak lagi berjalan dan berganti dengan proses REGENERATIF.
    Karena dalam fase ini seluruh tubuh dan apa yang ada didalam tubuh pasien bergerak terus siang dan malam dalam memperbaiki jaringan dlam tubuhnya.
    Jadi hasil yang diharapkan akan berbeda dengan fase yang pertama dan kedua dan situasi ini bukan karena terapis yang tidak berupaya maksimal tetapi kondisi pasienlah yang tidak mendukung proses tersebut.
    Dengan keterangan ini dapat menjadi pedoman bagi kita semua dan menjadi satu tanggungjawab bagi pemerhati/peduli stroke untuk tidak menunda-nunda dalam upaya TERAPI dan tidak memperturuti sangkaan dan kecurigaan yang tidak benar.
    Dalam hal pasien sebaiknya dpat melakukan terapi sekali dulu untuk melihat hasil agar terbukti metode terapi JAMSIRRAH ini benar atau bohongan.
    Semakin anda menunda maka semakin kompleks masalah kesehatan anda dan semakin sulit bagi anda untuk mengharapkan sehat dan normal kembali.

  3. supriyadi marsan
    27 October 2010    

    ??? ???? ??????? ??????

    ?? ???????? ?????????? ???????? ???? ???????? ??????? ???????? ?????????????? ???? ??????????? ??????? ??????????? ????????????? ????? ??? ?????????? ???????????
    “Hai orang2 yg beriman jika datang kepada kalian orang membawa suatu berita mk periksalah dgn teliti agar kalian tdk menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaan yg menyebabkan kalian menyesal dgn perbuatan itu.”
    Assalamu alaykum.warahmatullahi wabarakatuhu..
    Salah satu masalah kesehatan yang masih menjadi tanda tanya besar bagi manusia adalah apa yang dikatakan oleh alat tensi sebagai “Darah Tinggi”.
    Masalah ini terus manghantui manusia dari waktu kewaktu.Apakah Darah tinggi itu suatu penyakit yang membahayakan jiwa manusia,mengapa tekanan darah bisa tinggi,dan bagaimana solusi terbaik dan benar untuk menormalkannya(bukan menurunkan).
    Dari segi Metode Fisioterapi SEHAT(Sesuai etika,Hemat,Aman dan Tepat) dapat disimpulkan bahwa darah tinggi itu dua sifat:1.Yang bersifat tetap ,2.Yang bersifat Sporadis.
    1.Pada kasus tekana darah tinggi tetap ada dua faktor utama yaitu:
    1.Faktor HAMSIDAR(Hambatan Sirkulasi Darah)
    2.Faktor OXIDAR (Dxygen lebih dalam Darah)
    Adapun tindakan yang harus diambil adalah bukan menurunkan tekanan darah tetapi menormalkan kembali tekanan darah tersebut.
    Yang terjadi pada kasus HAMSIDAR adalah ;apabila (contoh) kita menderita sakit kepala,maka keadaan yang terjadi adalah seperti pada mata uang yang mempunyai dua sisi yang berbeda tetapi dalam satu kesatuan.
    >Pada satu sisi bila terjadi HAMSIDAR pada suplay darah yang menuju” kepala”,maka anda akan merasakan keluhan nyeri kepala,susah tidur dan secara psikologi cenderung pemarah.Disamping itu pula pada arteri yang kosong tidak lagi dilewati darah akan menjadi pendek dan kaku(pegal linu).Intinya bagian tersebut akan mengalami proses DEGENERATIF berkala.
    >Pada sisi yang lain bagian yang terus bersikulasi juga mengalami perubahan”kondisi”
    Pengertiannya adalah:
    a.Seluruh jaringan arteri /urat/pembuluh darah yang ada dalam tubuh kita katakan AREA EDARAN(lalulintas) bila normal dikalkulasi 100%.
    b.Seluruh volume/isi darah yang ada dalam tubuh kita samakan 100%.
    Apabila kita mengalami HAMSIDAR(sakit kepala) maka kita kehilangan Area Edaran sebanyak 20% namun volume darah tetap 100%.
    Jadi area edaran yang bersikulasi adalah 80% dan kemudian diisi oleh 100% volume darah.Jadi yang terjadi adalah meningkatnya tekanan pada jaringan arteri dan kemudian anda memeriksakan diri(chek up),maka amat “WAJAR” bila didiagnosa dengan Darah Tinggi.
    Dan tindakan yang perlu kita lakukan adalah bagaimana menyeimbangkan fungsi Area Edaran itu (100%) agar seimbang dengan Volume Darah kita (100%) dengan membuka masalah HAMSIDAR tersebut.Karena masalah HAMSIDAR ini adalah keluhan INTERNAL.maka tidak akan berakibat baik jika diambil tindakan EKSTERNAL.
    Dalam FISIOTERAPI SEHAT saya intinya adalah “ayat pembuka” yaitu mencari dengan mendiagnosa dimana “SUMBER” Hamsidar ,lalu kita bahas(konsultasikan) agar dapat diambil tindakan terapan yang benar sehingga tidak terjadi kesalahan penanganan serta langsung dapat memberi hasil kesembuhan dalam 1 hingga 3x terapi dalam sejam sehingga hak-hak pasien dapat dipenuhi.

  4. supriyadi marsan
    27 October 2010    

    STROKE DAN KONDISI FISIK PASIEN
    Dan Dialah yang menciptakan kamu dari seorang diri,maka bagimu ada tempat tetap dan tempat simpanan.Sesungguhnya telah KAMI jelaskan tanda-tanda kebesaran KAMI kepada orang-orang yang mengetahui(diberi pengajaran)(QS.6:98)
    Dan telah Kami turunkan dari AL-Quran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orangt-orang yang beriman.
    >Sebab itu sampaikanlah berita kepada hamba-hamba KU yang mendengarkan perkataan,lalu mengikuti apa yang paling baik diantaranya(QS39:17-18)
    Setelah seseorang terkena stroke dan telah melewati masa kritis/trauma fisik,maka pasien akan memasuki tahap pemulihan dari kondisi tersebut dengan menjalani metode-metode Pramedik maupun fisioterapis dan juga Alternatif.
    Sesungguhnya dalam diri pasien stroke itu mencakup kurang lebih 10 macam masalahkesehatan yang bisa dialami oleh 10 orang yang berbeda.Seperti rincian berikut ini:
    1.Masalah utama adalah kelumpuhan motorik tangan dan kaki.
    2.Jaringan/fakultas otak mengalami proses Degeneratif akibat tidak lagi menerima suplya darah dari jantung;bisa berupa rasa sakit kepala,susah tidur,memori yang menurun dan kram-kram pada bagian belakang kepala.
    3.Pada telinga mengalami penurunan daya dengar dan juga hidung tidak nyaman,otot rahang yang kaku mengakibatkan gangguan pada reaksi menelan ludah,juga lidah menjadi kaku/sulit berbicara.
    4.Pada fakultas MATA mengalami penurunan daya lihat dan pengeringan bertahap pada lensa mata yang mengganggu penglihatan.
    5.Pada bagian dada yang terkena stroke akan mengalami rasa sesak adn nyeri akibat darah yang tidak dpat berjalan dan terjadi arus balik(dikatakan sakit jantung)
    6.Pada tahap selanjutnya karena terus mengkomsumsi obat-obatan maka akan berakibat pada terganggunya lambung-usus besar-usus kecil serta pencernaan keluar sebagai akibat dari gas-gas yang dihasilkan olehobat tersebut(dikatakan gangguan pencernaan)
    7.Terganggunya kerja organ ginjal dan liver akibat pengaruh obat yang sifatnya keras akibat terjadinya pengentalan darah dan konsentrasi darah yang tidak berjalan
    8.Selamjutnya bagian yang ikut terimbas langsung adalah organ reprodulsi dimana menurunnya kualitas,kuantitas,aktivitas serta produktivitas biologis(dikatakan gangguan reproduksi)
    9.Bila telah melewati masa 6 bulan akan mulai terjadi perubahan pada struktur jaringan otot,persendian serta kulit.
    10.Disamping pada bagian yang terkena stroke yang bermasalah,bagian yang tidak terkenapun ikut terganggu akibat volume darah yang berotasi pada bagian tersebut,dan juga akibat dari obat-obatan yang dikomsumsi secara ekstrim,baik itu organ otak-mata paru-ginjal-prostat/rahim bagian yang tidak kena alur stroke.
    Jadi benar-benarsuatu kondisi yang sangat sulit,rumit dan berat bagi paramedik,tabib ataupun terapis untuk dipulihkan kembali.Ini adalah efek langsung pada tubuh pasien saja belum ditinjau dari efek psikologisnya.
    Dan ini adalah satu tanggungjawab yang amat berat yang dipikul oleh Paramedik maupun Tabib/terapis untuk dpat memberikan win-win solusi yang terbaik bagi pasien dan keluarganya.Dengan kondisi seperti ini apa yang akan diberikan oleh Paramedik/Tabib/Terapis dan apa yang akan didapatkan oleh pasien sesungguhnya lebih banyak dari apa yang sekedar diharapkan dan diinginkan oleh IPS dan keluarganyayaitu dari hanya sekedar tangan dan kaki dapat bergeraknormal saja.
    Dengan penjelasan ini kiranya akan menjadi pedoman bagi pasien dan keluarga agar berhati-hati dalam melakukan metode pengobatan dan terapi pemulihan.Dan nantinya dalam menjalani upaya pemulihan dapat terjadi saling mempercyai timbal-balik dang saling menghargai.
    INSYA ALLAH, WA BI IZDNILLAHI dengan menjalani metode YadiTerapi atau Terapi Pijat Pemulihan Sirkulasi Darah,maka step by step kondisi tersebut akan dapat diatasi sperti berhentinya proses DEGENERATIF(kerusakan jaringan sel dan organ) dan langsung berganti dengan proses REGENERATIF (proses perbaikan jaringan organ tubuh),berapa lamapun kondisi usia stroke anda(USIA PRODUKTIF PASIEN).
    Semakin pasien malakukan terapi semakin baik hasil yang diharapkan dan juga anggaran yang akan dikaluarkan(USIA IDEAL PERTAMA PASCA STROKE 3 BLN-6 BLN DAN USIA IDEAL KEDUA 6 BLN-SETAHUN)
    Selanjutnya secara bersamaan pasien juga akan diberi petunjuk tentang terapi fisik seperti apa yang dapat mempercepat proses kesembuhan dan juga penjelasan lainnya.
    Namun bila ada pasien yang tidak dapat menerima keterangan ini maka tidaklah boleh dipaksakan karena itu adalah hak pribadinya.
    Namun bagi mereka yang menghargai dan menghormati KEBENARAN DAN PENGETAHUAN DARI KEBENARAN ITU tentu akan mendapatkan kemashlahatan karenanya.
    Kemampuan metode terapi pijat ini INSYA ALLAH WA BI IZDNILLAH sekitar 10 % dari apa yang dijelaskan dalam Surah AL-Imran ayat 49 juga surah AL-Maidah 110.
    Sesungguhnya ALLAH Maha KUasa ATAs segala sesuatu………
    Paramedik/Tabib/Terapis yang baik adalah yang mempergunakan setiap jenis taktik untuk memperkuat jaringan fakultas pasien.Pada satu titik dia akan meningkatkan kekuatan melalui metode terapan terapi pemulihanpada satu titik dia akan meningkatkan kekuatan melalui makan,dan pada satu titik dengan menstimulasi kegembiraan dan kelegaan atau bahkan dengan harapan dan rasa takut pada pasien dengan dalil atau argumen/pengetahuan yang sebenarnya antara pasien dan masalah kesehatan yang sedang dialaminya.
    Sebab itu sampaikanlah berita kepada hamba-hamba KU yang mendengarkan perkataan lalu mengikuti apa yang paling baik diantaranya(QS.389:17-18)
    >Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mengetahui pengetahuan tentangnya,sesungguhnya pendengaran,penglihatan dan hati(jantung) semua itu akan diminta pertanggungjawaban(AL_ISRA 36)
    Semoga keterangan dapat membantu bagi Pasien dan keluarganya dalam mengambil dan menentukan pilihan yang terbaik bagi kesehatan pasien…..terima kasih

  5. yuniarimoedh
    5 April 2011    

    minta bantuannya untuk p’obatan stroke ringan dgn riwayat m’derita sakit jantung….(jantung di pasang ring)….obat yg cocok appa yah?……trimakasih bnyak ats infonya….

  6. dr Salma
    8 April 2011    

    @yuniari, sebaiknya tetap meminum obat-obatan pengendali tekanan darah/diabetes dan lainnya sesuai penyebab stroke yang diberikan dokter. Jangan putus obat tanpa berkonsultasi dengan dokter yang merawat. Beberapa herbal seperti teh hijau, zaitun, bawang putih, dan lainnya mungkin bermanfaat untuk mendukung kesehatan secara alami. Coba baca artikel: 9 hal yang harus dilakukan pasca stroke ringan dan 15 Makanan yang menurunkan kadar kolesterol

  7. 8 April 2011    

    Ibu saya penderita stroke udah 2 tahun, namun pasca stroke perangainya berubah dari yang dulu sabar sekarang suka teriak histeris, kadang ngomongnya kayak gak terkendali gitu diulang-ulang, apa penyebabnya? dan bagaimana cara mengatasinya? pada saat seperti itu saya ajak bicara saya suruh diam. kayak gak ngefek. mohon penjelasan.

  8. dr Salma
    8 April 2011    

    @obat herbal, memang dampak stroke tidak hanya fisik tapi juga mental. Pasien pasca-stroke banyak yang mengalami perubahan perilaku karena depresi, apatis, kesulitan mengendalikan emosi, dan lainnya. Kondisinya bisa parah setelah stroke, namun biasanya semakin berkurang dengan berlalunya waktu. Bila tidak cukup ada kemajuan dalam dua tahun ini, sebaiknya minta bantuan dokter/psikiater. Beberapa obat dapat membantu kimiawi otak sehingga membuat pikiran tenang dan emosi lebih terkendali. Psikiater juga bisa memberikan konseling yang sama bermanfaatnya dengan obat.

    Bagi pihak keluarga, beberapa tips berikut dapat membantu Ibu Anda melalui masa-masa berat pasca-stroke ini:

    -Tanyakan kepadanya bagaimana dia ingin dibantu ketika mengalami situasi yang membuatnya sedih.
    -Ingat bahwa perilaku emosional sering menyebabkan orang merasa tersinggung atau malu. Jangan memberitahu dia agar tidak menangis histeris karena hal itu tidak akan membantu.
    -Alihkan perhatian dengan mengubah topik percakapan
    -Ketahui hal-hal atau saat-saat yang memicu ibu sehingga sulit untuk mengendalikan emosi sehingga bisa mengantisipasi atau mencegahnya
    -Jangan mengabaikan atau meninggalkannya, kecuali hal itu memang yang dia inginkan
    -Anggap perilakunya sebagai ketidaknyamanan kecil dan lanjutkan pembicaraan seolah-olah tidak ada hal aneh yang terjadi
    -Berikan sentuhan di lengan atau tangan atau pelukan sebagai bentuk empati dan perhatian. Hal ini dapat meningkatkan tangisan dan histerisnya, tetapi membantu dia untuk merasa lebih baik.

    Semoga ibu Anda bisa cepat pulih seperti semula.

  9. nenot
    14 April 2011    

    perlu diwaspadai………

  10. Wilda
    25 April 2011    

    ayah saya menderita stroke. pertama-tama vertigo, lalu beberapa tahun kemudian pembuluh darah di otaknya pecah dan dirawat di rumah sakit kurang lebih 1minggu di ICU (pada tahun 2008) dua tahun kemudian (tepatnya akhir tahun 2010) stroke ayah saya kumat, berbicara tidak jelas dan tidak bisa bangun. pada tahun 2011 keadaannya sudah lebih baik, tapi baru beberapa minggu yang lalu ayah saya jatuh dari kamar mandi dan tulang iga nya patah tapi kata dokter tidak apa2 (karna hanya kecil yang patah) baru kemarin kaki kanan ayah saya seperti sangat sulit digerakan dan seperti berat untuk mengangkat kaki. Bagaimana caranya menyembuhkan ayah saya seperti sedia kala? paling tidak mengembalikan fungsi kakinya sehingga dapat berjalan dengan normal lagi. Terimakasih

  11. dr Salma
    26 April 2011    

    @wilda, kebanyakan kerusakan otak akibat stroke bersifat permanen, apalagi yang terjadi berulang. Jadi, bila pun sembuh mungkin tidak seperti sedia kala. Namun demikian, kita tidak boleh putus asa. Ayah Anda harus didorong untuk tetap memiliki semangat hidup dan pelan-pelan memulihkan fungsi-fungsi tubuhnya yang masih bisa dipulihkan. Untuk itu, dia perlu pemantauan terus dari segi medis dan bantuan tenaga fisioterapi untuk melatih fungsi motoriknya. Coba ditanyakan di daerah Anda apakah pusat fisioterapi yang bisa dikunjungi secara berkala dan juru fisioterapi yang bisa diundang ke rumah untuk melatih ayah Anda.

Arsip Artikel
Bergabunglah dengan ribuan orang lain yang secara otomatis mendapatkan artikel baru dari situs ini ke email mereka. Masukkan alamat e-mailmu:
    Puratik - 40 harga produk
    40ribu
    Puratik