Gejala-Gejala Awal Ostoartritis Kini Lebih Dipahami

gejala osteoartritisOsteoartritis tidak dapat disembuhkan tetapi deteksi dini sangat bermanfaat agar penyakit tersebut tidak berkembang lebih lanjut. Namun sayangnya kebanyakan pasien tidak menyadari kehadiran osteoartritis hingga sudah terlalu parah.

Gejala awal osteoartritis yang paling umum adalah nyeri lutut. Sebuah penelitian yang dilaporkan dalam jurnal “Arthritis Care & Research” mencoba untuk menemukan aktivitas apa saja yang pertama kali dilaporkan pasien yang berhubungan dengan nyeri lutut, untuk meningkatkan deteksi dini osteoartritis dan meningkatkan efektivitas pengobatannya. Para peneliti dari Universitas Leeds itu melibatkan 4.673 orang yang sudah menderita atau berisiko tinggi untuk menderita osteoartritis dalam waktu dekat.

Prof Philip Conaghan yang memimpin penelitian mengatakan: “Saat ini kita hanya memiliki sedikit pemahaman mengenai tahap awal osteoartritis dan sering baru menemukan pasien ketika mereka sudah memiliki rasa sakit kronis yang signifikan dan kehilangan fungsi. Penelitian ini sangat penting untuk memahami gejala awal osteoartritis lutut.”

Nyeri pada kehidupan sehari-hari

Selama periode tujuh tahun, para peserta mengikuti survei tahunan untuk membantu para peneliti melacak munculnya rasa sakit dalam berbagai kegiatan selama periode tersebut. Analisis terhadap jawaban mereka membuka informasi mengenai aktivitas hidup sehari-hari apa yang pertama kali memicu nyeri lutut. Hasilnya: osteoartritis mulai dirasakan dengan adanya nyeri lutut saat menaiki tangga. Ketika penyakit itu berkembang, keluhan nyeri lutut juga timbul saat berjalan biasa, kemudian saat berdiri dan duduk. Pada tahap paling parah, berbaring di tempat tidur juga menimbulkan nyeri pada persendian.

“Pengetahuan ini akan membantu kita melakukan intervensi dini, yang dapat mengarah ke cara-cara yang lebih efektif untuk mengobati kondisi yang sangat menyakitkan ini,” para ilmuwan berharap.

Degradasi tulang rawan

Osteoartritis adalah penyakit sendi yang paling umum di seluruh dunia. Pada penyakit tersebut, tulang rawan (kartilago) di antara sendi menipis sehingga menimbulkan rasa nyeri dan membatasi gerak sendi. Meskipun faktor keturunan berpengaruh dalam timbulnya osteoartritis, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegahnya. Hal tersebut termasuk, misalnya, gerak tubuh yang benar, mengurangi kelebihan berat badan, memperkuat otot-otot yang mendukung sendi dan memastikan kesehatan tulang rawan dengan nutrisi yang baik.

——————————–
Sumber: Elizabeth Hensor MA et al. “Toward a Definition of Early Osteoarthritis Clinical Onset of patient-reported Knee Pain Begins on stairs. Data From the Osteoarthritis Initiative.” Arthritis Care & Research, 2015; 67 (1): 40 DOI: 10.1002 / acr.22418

Arsip Artikel
Bergabunglah dengan ribuan orang lain yang secara otomatis mendapatkan artikel baru dari situs ini ke email mereka.
Berlangganan
Nama: 
Alamat email Anda:*
Please enter all required fields
Correct invalid entries
Buku best seller nasional oleh dr Salma. Tiga kali cetak ulang hanya dalam 6 bulan setelah terbit! Segera dapatkan di toko-toko buku kesayangan Anda!