Konsultasi

Gizi Anak & Pertumbuhan


  Diposting tgl: 15 Mei 2013

  Pertanyaan

Pak dokter Sony yang saya hormati,

Kami memiliki tiga orang anak yang pertama 16 tahun, yang kedua 13 dan yang ketiga 7 tahun. Dari ketiga anak tersebut, yang pertama dan kedua adalah laki sedangkan anak yang ketiga perempuan.

Kedua anak kami laki-laki mempunyai masalah pada perkembangan tubuh mereka, badannya kurus, terus tubuhnya berkembang sangat lamban, adik sepupu dan teman sepermainan mereka bahkan lebih besar dan lebih tinggi dari mereka berdua. Hal ini membuat kami sangat gelisah dan tak tahu lagi harus berbuat apa.

Telah kami bawa ke dokter, dokternya bilang bahwa ada anak tertentu baru berkembang tubuhnya setelah akil balik, namun sampai saat ini hal tersebut tidak pernah terwujud.

Kami mencoba pengobatan alternatif dengan meminumkan ramuan cina, bahkan istri saya kasih obat nafsu makan, tetap tidak berpengaruh.

Kami sudah kehabisan akal, pak dokter. Menu yang kami berikan seperti daging, ayam, tempe tahu, telor, aneka kue, bubur, susu es cream sangat cukup untuk pemenuhan kebutuhan gizi tapi sama sekali tidak ada perubahan.

Tolong mohon sarannya, pak dokter. Terima kasih

(Alvaro Freitas, Dili, Timor Leste)

   Jawaban dr Sony Prabowo, Sp.A

Bapak Alvaro yang baik di Timor Leste,

Mengingat Bapak telah memberikan nutrisi yang cukup kepada anak-anak Bapak tetapi pertumbuhannya masih belum sesuai yang diharapkan, maka tentu perlu dilakukan pemeriksaan yang menyeluruh. Gangguan pertumbuhan tsb dapat disebabkan karena proses infeksi kronis, gangguan jantung, paru, hormon, pencernaan, metabolik dsb.

Sebaiknya Bapak berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis anak dan bila perlu selanjutnya ke spesialis anak – ahli tumbuh kembang.

Perihal Konsultasi gizi anak

TELAH TERBIT, buku kesehatan anak "Apa Kata Dokter" oleh dr Sony Prabowo, Sp.A dan dr Salma. Dapatkan di toko-toko buku kesayangan Anda!
buku apa kata dokter

... dr Sony Prabowo, Sp.A adalah staf medis pada Siloam Hospital, Bali. Lulusan fakultas kedokteran Universitas Brawijaya dan residensi pediatrik Davao Doctor Hospital, Davao, Filipina, ini juga aktif dalam berbagai kegiatan sosial kesehatan untuk masyarakat miskin dan pencegahan aborsi ilegal. Bila Anda memiliki masalah terkait dengan kesehatan bayi dan anak, silakan berkonsultasi dengan dr Sony melalui rubrik ini.
Klik di sini untuk menghubungi dr Sony.