Hidup Sehat dengan Aromaterapi

Oleh : Steffi Julia

aromaterapiLilin sering digunakan sebagai alat penerangan yang membangun suasana romantis dan hangat seperti pada candlelight dinner, namun seiring dengan perkembangan zaman, lilin untuk aromaterapi kini banyak ditemukan di pasaran. Lilin aromaterapi tidak hanya mengeluarkan bau wangi tetapi aroma minyak esentialnya memberikan efek menyembuhkan dan menenangkan. Lilin aromaterapi yang ada di pasaran dikemas dengan berbagai bentuk dan warna yang cantik sehingga menarik perhatian para pengunjung.

Kebanyakan dari kita pasti mengetahui manfaat lilin aromaterapi untuk membangun suasana rileks di kamar tidur, namun sebenarnya setiap aroma lilin memiliki manfaat yang berbeda-beda. Mari kita kenali manfaat setiap aroma terhadap kesehatan kita:

  1. Vanilla: Aroma yang  paling banyak digemari oleh masyarakat ini memiliki banyak manfaat yaitu untuk meningkatkan fungsi otak, sebagai anti inflamasi, mengontrol/meningkatkan kesehatan sistem saraf di otak, menyembuhkan stres/ depresi, bahkan untuk meredakan mual saat hamil
  2. Jasmine: Aroma romantisnya untuk pembangkit gairah cinta, menghilangkan kesedihan, depresi, mengobati impotensi, sakit menstruasi, radang selaput lendir, dan menenangkan pikiran
  3. Lavender: Memudahkan tidur, meredakan kegelisahan, mengatasi depresi, mengurangi ketegangan.
  4. Pepermint: Mengatasi mual, muntah, radang tenggorokan, hidung tersumbat, nyeri otot, sakit kepala, dan masalah pencernaan.
  5. Eucalyptus (kayu putih):  Melegakan pernafasan, meringankan masalah hidung sensitif, bronkitis, asma, batuk, pilek, demam, dan flu.
  6. Chammomile: Menenangkan dan menghilangkan stres serta menyenyakkan tidur
  7. Sandalwood (kayu cendana): Meredakan stress dan memberi efek menenangkan, anti-depresi dan menghilangkan insomnia.
  8. Rose (mawar): Aroma femininnya menenangkan rasa marah, kesedihan, depresi dan stres, menyeimbangkan hormon wanita dan mengobati luka emosional.
  9. Green tea (teh hijau): Aroma  yang sejuk memberi efek penyegaran dan relaksasi pada tubuh. Sama seperti lavender dan sandalwood, wewangian green tea juga memberi perasaan tenang pada pikiran.
  10. Lemon: Mengurangi stres dan anti depresi, meningkatkan mood dan meringankan pikiran serta memberi perasaan segar.

Intinya semua aromaterapi yang terhirup akan diterima saraf dan diteruskan ke otak untuk memberikan manfaat bagi tubuh kita. Jadi kenapa tidak memanfaatkan lilin aromaterapi untuk kesehatan kita?

Image sorce: www.zoella.co.uk
—————————-

Tentang penulis :
Steffi Julia adalah mahasiswi Univesitas kristen Petra jurusan desain interior untuk program studi S1. Artikel ini ditulis membantu pembaca mengenali manfaat aromaterapi pada kesehatan tubuh dan keseimbangan pikiran.

 

 

 

 

Arsip Artikel
Bergabunglah dengan ribuan orang lain yang secara otomatis mendapatkan artikel baru dari situs ini ke email mereka.
Berlangganan
Nama: 
Alamat email Anda:*
Please enter all required fields
Correct invalid entries
Buku best seller nasional oleh dr Salma. Tiga kali cetak ulang hanya dalam 6 bulan setelah terbit! Segera dapatkan di toko-toko buku kesayangan Anda!