web analytics

Konsultasi

Ibu Hepatitis dan Menyusui


  Diposting tgl: 29 November 2012

  Pertanyaan

Dok, saya mau nanya kalau ibu yg HBSAg-nya positif bolehkah menyusui? Saya banyak mencari artikel-artikel yang berkaitan dengan itu, tapi jawabannya ada yang boleh dan tidak. Tapi menurut salah satu dokter anak di kota saya katanya, penelitian terbaru ternyata memang tidak boleh menyusui untuk mengurangi resiko bayi saya tertular. Tapi saat lahir pun bayi saya sudah diberi imunoglobulin untuk hepatitis..dan sekarang bayi saya diberi susu formula. Terimakasih dok..

(Dini Mustikasari, Garut)

   Jawaban dr Sony Prabowo, Sp.A

Ibu Dini Mustikasari yang baik,

Sampai saat ini banyak kontroversi tentang pemberian ASI dari ibu yang menderita hepatitis B.

Menurut pernyataan resmi dari WHO, ibu yang menderita hepatitis B masih boleh tetap menyusui, tetapi pada bayi baru lahir selain diberikan vaksin hepatitis B, juga diberikan Hepatitis B immunoglobulin. Pernyataan resmi WHO tsb disampaikan dengan salah satu pertimbangannya adalah di negara miskin – sulit untuk membeli susu formula, sehingga bila tidak diberikan ASI – maka bayi tidak akan bertahan hidup.

Pada usia 9-18 bulan, perlu dilakukan pemeriksaan laboratorium : HBsAg dan AntiHBs pada bayi Ibu.


... dr Sony Prabowo, Sp.A adalah staf medis pada Siloam Hospital, Bali. Lulusan fakultas kedokteran Universitas Brawijaya dan residensi pediatrik Davao Doctor Hospital, Davao, Filipina, ini juga aktif dalam berbagai kegiatan sosial kesehatan untuk masyarakat miskin dan pencegahan aborsi ilegal. Bila Anda memiliki masalah terkait dengan kesehatan bayi dan anak, silakan berkonsultasi dengan dr Sony melalui rubrik ini.
Klik di sini untuk menghubungi dr Sony.