web analytics

Infeksi Saluran Kemih (ISK)

infeksi saluran kemihInfeksi saluran kemih (ISK) adalah jenis infeksi yang sangat sering terjadi. ISK dapat terjadi di saluran ginjal (ureter), kandung kemih (bladder), atau saluran kencing bagian luar (uretra).

Bakteri utama penyebab ISK adalah bakteri Escherichia coli (E. coli) yang banyak terdapat pada tinja manusia dan biasa hidup di kolon. Wanita lebih rentan terkena ISK karena uretra wanita lebih pendek daripada uretra pria sehingga bakteri ini lebih mudah menjangkaunya. Infeksi juga dapat dipicu oleh batu di saluran kencing yang menahan koloni kuman. Sebaliknya, ISK kronis juga dapat menimbulkan batu.

Mikroorganisme lain yang bernama Klamidia dan Mikoplasma juga dapat menyebabkan ISK pada laki-laki maupun perempuan, tetapi cenderung hanya di uretra dan sistem reproduksi. Berbeda dengan E coli, kedua bakteri itu dapat ditularkan secara seksual sehingga penanganannya harus bersamaan pada suami dan istri.

Gejala ISK

Penderita ISK mungkin mengeluhkan hal-hal berikut:

  • Sakit pada saat atau setelah kencing
  • Anyang-anyangan (ingin kencing, tetapi tidak ada atau sedikit air seni yang keluar)
  • Warna air seni kental/pekat seperti air teh, kadang kemerahan bila ada darah
  • Nyeri pada pinggang
  • Demam atau menggigil, yang dapat menandakan infeksi telah mencapai ginjal (diiringi rasa nyeri di sisi bawah belakang rusuk, mual atau muntah)

Pengobatan

Pengobatan ISK biasanya dilakukan dokter dengan pemberian antibiotik. Secara tradisional, orang sering memakai air daun sirih karena diyakini memiliki daya antiseptik. Namun demikian, pengobatan tradisional seperti itu tidak boleh terlalu diandalkan. Bila Anda merasakan gejala di atas, segeralah memeriksakan diri ke dokter.

Pencegahan

  • Perbanyak minum air
  • Berceboklah dengan cara dari depan ke belakang untuk mencegah bakteri dari anus masuk ke vagina atau uretra.
  • Bersihkan alat vital Anda sebelum berhubungan
  • Buang air kecil setelah berhubungan seksual untuk membersihkan bakteri dari saluran kencing
  • Jangan menahan kencing bila Anda ingin buang air kecil
  • Mandi dengan gayung/shower, tidak dengan bath tub

Rekomendasi:

Kapsul Kumis Kucing berisi 100% ekstrak daun kumis kucing (orthosiphon aristatus) yang bersifat antioksidan, diuretik dan antibakteri sehingga berkhasiat mengatasi penyakit-penyakit sistem urin seperti infeksi dan peradangan pada saluran kemih, melarutkan batu ginjal dan batu kandung kemih, mengurangi nyeri pinggang dan melancarkan air seni.

31 Komentar

  1. hana farhati
    28 Januari 2011    

    sya sring mnglami skit setelah mmbuang air kecil,sya juga sering mengalami skit di bagian perut kiri bawah,serta skit pd bagian pinggang kiri,,,,,,,,,
    apakah gejala ni sangat serius, dan apa obat nya????
    tlong beri saran

  2. dr Salma
    29 Januari 2011    

    @hana, rasa sakit atau nyeri membakar setelah kencing bisa disebabkan infeksi saluran kemih, penyakit menular seksual (klamidia, trikomoniasis) atau vaginitis. Lokasi nyeri sangat penting untuk membedakan penyebabnya. Saya lebih curiga Anda terkena infeksi seluran kemih, karena disertai nyeri pinggang. Keluhan Anda cukup serius, perlu segera dilakukan pemeriksaan medis untuk menanganinya.

  3. sari tanil
    7 Februari 2011    

    Saya didiagnosa menderita ISK. Yang ingin saya tanyakan,apakah penyakit ini menular? Karena di rumah kami menggunakan toilet duduk,saya khawatir apabila penyakit ini menular kepada anggota keluarga lain.
    Terimakasih atas jawabannya.

  4. dr Salma
    7 Februari 2011    

    @sari, namanya penyakit infeksi ya berarti bisa menular. Untuk mencegah anggota keluarga yang lain tidak terkena, lakukan sesuai tips yang diberikan dan praktik-praktik kebersihan yang lain.

  5. moch dedy triana
    17 Februari 2011    

    Dok..saya sedang terkena isk, tidak ada tanda tanda dan langsung muncul begitu saja jam 2 malam yang menjadikan saya luar biasa sakitnya..sudah berobat dikasih obat IROTRACTIN PIPEMIDIC ACID 400mg dan LEVOFLOXACIN 500 mg dan terasa baikan, tetapi saat aktivitas berat..saya merasakan sakit pinggang yang sangat nyeri..bagaimana dok solusi untuk mengatasi sakit pinggang tersebut?
    mohon bantuannya segera

  6. dr Salma
    17 Februari 2011    

    @dedy, untuk mengurangi rasa sakit, Anda bisa mengambil penghilang nyeri (analgesik) seperti parasetamol/ acetaminophen, aspirin, dll yang dijual bebas dengan berbagai merek. Untuk mendapatkan antinyeri yang lebih kuat, Anda harus berkonsultasi kembali dengan dokter Anda untuk mendapatkan obat resep analgesik.

  7. moch dedy triana
    17 Februari 2011    

    Makasih dok..barusan saya pake asam menefamat, dari cek laborat masih terdapat Erythrocytes +4 dan leucocytes +1 dan untuk protein (-) sementara menurut hasil lab juga tidak ada tanda tanda material crystal dll

  8. eva
    17 Februari 2011    

    dok, suami saya mengalami sering buang air kecil, frekuensinya setiap 1-2 jam sekali, siang dan malam.. terutama malam sehingga suami tidak bisa tidur nyenyak. namun suami tidak merasakan sakit pada saat buang air kecil dan volume air kencingnya pun biasa saja. setahu saya, suami pernah tidak sadar ngompol pada saat tidur malam hari, menurut pengakuannya suami merasa buang air kecil di toilet tapi ternyata ngompol di tempat tidur.
    gejala apakah itu dokter ?
    suami pernah beberapa kali cek kadar gula ke laboratorium, tapi hasilnya masih dalam batas normal.
    suami pernah konsultasi alternatif, diinformasikan suami mengalami turun peranakan katanya (kalo di kampung, namanya turun bero katanya).apakah dengan dilakukan pengurutan dapat mengobati ?

  9. dr Salma
    18 Februari 2011    

    @eva, sering buang air kecil dan ngompol merupakan gejala banyak penyakit, tergantung usia, pola, keluhan lain yang dirasakan, dll. Untuk mendiagnosis sebabnya, harus dengan pemeriksaan dokter. Kami sudah membahasnya secara umum di artikel: http://majalahkesehatan.com/orang-tua-kok-ngompol/. Mengenai turun peranakan atau turun bero, yang dimaksud adalah hernia inguinalis (lihat: http://majalahkesehatan.com/pengobatan-dan-pencegahan-hernia/). Memang bisa saja hernia tersebut menyebabkan sering kencing bila usus yang menonjol menekan kandung kemih sehingga sering merasa penuh. Pengurutan bisa sangat berbahaya untuk hernia karena bila tidak dilakukan dengan benar justru menekan usus yang terjepit sehingga pecah atau rusak. Sebagian hernia dapat didorong kembali ke perut oleh ahlinya, bukan dipijat.

    Saran saya, seperti dengan semua pertanyaan lain yang sejenis, suami Anda HARUS mendapatkan diagnosis yang tepat mengenai penyakitnya dahulu sebelum melakukan terapi apa pun. Terapi tidak ada manfaatnya dan bahkan bisa berbahaya bila sumber penyakitnya belum diketahui. Untuk itu, tidak ada cara lain kecuali memeriksakan diri ke dokter agar diagnosisnya dapat ditegakkan dan terapi dapat dilakukan. Semoga membantu.

  10. cahya amaliya
    23 Februari 2011    

    Siang dok.. 2 malam yg lalu saya tiba2 demam tinggi sampai 37,6 derajat celcius.. Mual.. Pusing sekali.. hasil urine saya ketonnya +4.. Itu artinya apa ya dok.. Fyi, LED saya 36 mm/jam.. Saya mmg merencanakan hamil.. Tp tespek masih negatif.. Makasih dok..

  11. dr Salma
    23 Februari 2011    

    Keton adalah indikator bahwa tubuh Anda menggunakan lemak sebagai sumber energi, bukan glukosa. Kondisi ini biasanya terdapat pada mereka yang memiliki diabetes, karena sel-sel tubuh tidak bisa mendapat gula dari darah yang disebabkan kurangnya insulin atau sensitivitas insulin. Namun, keton juga bisa didapati pada mereka yang diet, muntah-muntah,dll sehingga asupan kalori dari makanan berkurang dan sel-sel tubuh “terpaksa” mengambil kalori dari lemak.

    LED (laju endap darah) Anda lumayan tinggi. Normalnya di bawah 15-20 mm/jam. Ini menunjukkan mungkin ada infeksi/inflamasi. Tapi LED juga dapat meningkat bila Anda memiliki anemia, sedang haid atau hamil.

    Kita tidak bisa menginterpretasikan hasil tes secara individual, semua faktor harus dilihat sebagai satu kesatuan, termasuk diagnosis lain dari pemeriksaan fisik, wawancara, dll. Anda bisa menanyakannya lebih jelas ke dokter Anda.

  12. ajeng
    1 April 2011    

    Dok, saya berulang kali mengikuti test kesehatan tapi selalu gagal. setelah saya check di lab., hasil yg diluar batas normal: kreatin 0,5; (kimia urin) berat jenis 1,010; Leukosit 500/ul; Leukosit(mikroskopis) 10-15/LPB; keton +1/10, apakah ini indikasi ISK? kedua, sya sudah 4x melakukan test rotgen (paru), apakah itu berlebihan dan berbahaya? terimakasih

  13. dr Salma
    3 April 2011    

    @ajeng, ya memang tampaknya ada indikasi infeksi karena leukosit di urin tinggi. Penyebabnya bisa infeksi di saluran kemih, ginjal, atau kandung kemih. Coba periksa ke dokter untuk ditangani masalahnya sebelum terlambat. Ya, memang selalu ada bahaya bila Anda terlalu sering melakukan rontgen. Paparan radiasi berulang bisa meningkatkan risiko kanker. Tapi mudah-mudahan saja tidak. Sebaiknya tanyakan ke dokter radiologi yang menangani bila Anda akan memeriksakan diri dengan rontgen lagi.

  14. 18 April 2011    

    Siang dokter, dua hari ini di air semi saya kalo pipis pagi-pagi ada bercak darah nya, ini gejala apa dokter? terus saya harus check ke bagian apa di runah sakit?…..terima kasih

  15. dr Salma
    18 April 2011    

    @kuncoro, kami sudah membahasnya di artikel: Darah di Air Seni, Perlukah Dicemaskan?. Anda bisa memeriksakan diri ke dokter umum atau dokter penyakit dalam untuk perawatan.

  16. 18 April 2011    

    malam dok,saya mempunyai ciri-ciri terinfeksi saluran kencing.sy sudah minum berbagai antibiotik tapi hasil nya nihil,kencing saya masi terasa nyeri.apakah ekstrak teripang bisa mengobati isk dok??

  17. 19 April 2011    

    terima kasih dokter,…

  18. Ahmad Sofian
    19 April 2011    

    Siang dok,
    dok, istri saya mengalami sering buang air kecil,siang dan malam bahkan sehabis buang air kecil rasanya mau buang air kecil lagi, dan terasa sakit setelah buang air kecil,tetapi volume air kencingnya biasa aja.
    gejala apakah itu dok?
    terimakasih atas jawabannya.

  19. Rida
    20 April 2011    

    Salam kenal Dokter,
    Saya wanita 29 tahun berkeluarga dan punya anak 1 umur 11 bulan. 4 Bulan yang lalu saya mengalami nyeri di sekitar pinggang menjalar ke paha. Anehnya, sakit pinggang ini selalu terjadi sekitar jam 3 subuh pada saat saya sedang tertidur sehingga saya tidak bisa tidur karena sakitnya. Saya sering mengalami pusing dok.
    Untuk informasi, saya baru mengalami haid pertama setelah melahirkan pada saat anak berumur 9 Bulan. Dan pada saat haid yang kedua sakit pinggang saya sangat luar biasa. Apakah ini termasuk tanda-tanda ISK?? Karena pada saat saya konsul ke dokter syaraf, ditemukan saya kekurangan kalsium. Terimakasih atas penjelasannya.
    Mohon penjelasannya juga dikirimkan ke alamat saya dok.

    Mudah-mudahan penjelasan dokter menjadi ladang amal dokter kelak. Amin..

    Salam,
    Rida

  20. dr Salma
    20 April 2011    

    @ahmad sofian, sering buang air kecil selain karena infeksi juga bisa merupakan gejala diabetes, masalah prostat, masalah kandung kemih yang overaktif, penggunaan diuretik, dll. Anda perlu pemeriksaan diagnosis untuk mengetahui sebabnya.

  21. dr Salma
    20 April 2011    

    @anita, bila tidak mempan dengan berbagai antibiotik mungkin Anda sudah mengembangkan resistensi antibiotik. Itulah mengapa sebaiknya kita berhati-hati mengambil obat antibiotik karena bila semuanya sudah tidak mempan, kita kehabisan pilihan antibiotik (sejak tahun 2007 lalu tidak ada lagi antibiotik generasi baru yang dikembangkan). Produk ekstrak teripang tertentu memang mengklaim bisa menyembuhkan ISK kronis. Coba saja mungkin bermanfaat.

  22. Sarjono
    21 April 2011    

    Pagi dok,
    Saya mau nanya nih, orang tua saya (laki-laki), umur 66 tahun, sering mengalami gangguan yaitu tidak bisa buang air kecil dan harus diselang (kateter), setelah diberi anti biotik kembali normal. Namun gejala ini sering berulang dan tiba-tiba. Kira-kira apa penyebabnya dan penyakitnya dok. Terima kasih atas jawabannya

  23. Gilang
    22 April 2011    

    dok, saya pernah menahan kencing berlebihan dan akhirnya saya suka merasakan (jika kita ingin menahan kencing) otot tersebut menahan sendiri apalagi jika dibarengi dengan menarik nafas maka otot tersebut otomatis selalu tiba2 seperti menahan kencing (waktunya ketika saya tidak mau kencing dan sering terjadi) dan selalu ada good morning sign yang tidak bisa ditahan. lama kelamaan sakit itu pindah maaf ya dok (seperti menahan sendiri jika ingin buang angin). apakah saya menderita ISK? saya sudah ke dokter dan diberi vesicare tapi masih terasa. apa ada obat lain yang lebih manjur dok? mohon bantuannya dok. terima kasih.

  24. dr Salma
    22 April 2011    

    @sarjono, kalau merespon pengobatan antibiotik berarti memang terkena infeksi berulang. Masalahnya tampaknya sudah komplikasi. Air seni yang menumpuk karena kesulitan buang air dan penggunaan kateter meningkatkan risiko infeksi. Jadi setiap kali terjadi masalah buang air dan kateter diberikan, saat itu juga bakteri kembali berkembang. Dokter mengatasinya dengan pemberian antibiotik. Untuk menghilangkan infeksi berulang, penyebab kesulitan buang air harus dihilangkan. Pembesaran prostat jinak dan kanker prostat adalah penyebab utama kesulitan buang air kecil pada lansia yang juga meningkatkan risiko infeksi.

  25. dr Salma
    22 April 2011    

    @gilang, ya bukan ISK tapi karena masalah kendali otot kandung kemih. Vesicare adalah obat antispasmodik yang mengatasi kandung kemih terlalu aktif. Ada obat-obat lain dalam kelompok antispasmodik, tapi harus diambil dengan resep dokter. Anda sebaiknya kembali ke dokter untuk mendapatkan obat pengganti yang lebih tepat jika setelah dosisnya diambil semua masalahnya belum hilang.

  26. dr Salma
    23 April 2011    

    @rida, saya kira bukan ISK tapi terkait dengan siklus haid (sindrom pre-menstruasi) atau masalah ginjal (kolik ginjal). Kekurangan kalsium tidak ada hubungannya dengan sakit pinggang luar biasa. Anda perlu diperiksa untuk mengetahui masalahnya. Amien, doanya.

  27. Ika
    25 April 2011    

    Saya wanita berumur23 th dok..
    Saya baru menikah 1 bulan yang lalu,setiap saya dan suami berhubungan dibawah perut saya sering terasa sakit.dan setiap habis buang air kecil selalu sakit pada bagian tersebut?kira-kira saya terkena infeksi ga ya dok?padahal saya ingin sekali hamil?apa itu menghambat dok?termakasih.

  28. mifa
    4 Mei 2011    

    Dok, saya merasakan hampir setiap selesai buang air kecil,kemudian berdiri terasa seperti ingin buang air kecil lagi, begitu seterusnya.bagian bawah perut dan diatas kemaluan terasa penuh rasanya dok seperti menahan buang air kecil..buat mengatasi menetesnya air seni yang tidak bisa saya kendalikan,saya memakai pantyliner setiap hari dok, sehari ganti minimal 5 kali sehari, apa ada pengaruhnya pemakaian pantyliner dengan penyakit ISK?
    Saya pernah berobat diberi obat yefamox, spasmal,itu obat untuk mengatasi apa ya dok? terimakasih sebelumnya.

  29. lita
    4 Mei 2011    

    Dok, usia saya 22 tahun… Sudah 3 hari ini saya merasakan sakit pada saat kencing… Karena saya belum sempat ke dokter adakah pertolongan pertamanya agar mengurangi rasa sakit karena hal rasa sakit nya membuat saya trauma jika harus buang air, ditambah lagi saya termasuk orang yg sering buang air karena ruangan kerja yg ber-ac, mohon infonya dok…

  30. dr Salma
    6 Mei 2011    

    @lita, sebaiknya Anda segera ke dokter. Kalau infeksi, pengobatannya harus dengan antibiotik.

  31. dr Salma
    6 Mei 2011    

    @mifa, ya pantyliner bisa meningkatkan risiko ISK karena urin yang tertahan di situ untuk sementara waktu bisa menjadi sumber berkembang biaknya bakteri. Yefamox berisi amoxicillin, sejenis antibiotik. Spasmal berisi kombinasi obat untuk antinyeri/antiradang/anti demam dan pencegah spasme.

Arsip Artikel
Bergabunglah dengan ribuan orang lain yang secara otomatis mendapatkan artikel baru dari situs ini ke email mereka. Masukkan alamat e-mailmu:
    Diracta - 60 harga produk
    60ribu
    Diracta