web analytics

Ingin Mengecilkan Payudara? Minum Kopi Aja!

minum kopiTim peneliti dari Universitas Lund, Swedia menemukan kaitan yang jelas antara banyaknya kopi yang diminum seorang wanita dengan ukuran payudaranya. Ajaibnya, meminum kopi tiga cangkir atau lebih sehari dapat membuat payudara wanita mengecil!

Dari penelitian atas 300 wanita yang ditanyai berapa cangkir kopi yang mereka minum sehari dan diukur payudaranya tim peneliti menyimpulkan bahwa meminum tiga cangkir kopi atau lebih setiap hari dapat mengecilkan payudara. Efeknya juga meningkat pada setiap tambahan cangkir.

Meminum kopi dapat berdampak besar pada ukuran payudara, kata Helena Jernstroem, dosen onkologi eksperimental Universitas Lund yang memimpin riset itu. Wanita yang meminum lebih dari tiga cangkir kopi sehari memiliki payudara rata-rata 17% lebih kecil dari mereka yang minum kurang dari tiga cangkir sehari.

Wanita peminum kopi tidak perlu khawatir payudara mereka akan menghilang tiba-tiba. Payudara mereka akan mengecil, tetapi tidak akan menghilang, lanjutnya.

Menurut hasil penelitian yang dipublikasikan dalam British Journal of Cancer itu, sekitar separuh wanita yang diteliti memiliki sebuah gen yang mengaitkan ukuran payudara dan konsumsi kopi.

Penelitian itu mengkaji lebih lanjut keterkaitan kopi dengan payudara. Mereka sebelumnya mengetahui bahwa wanita berpayudara besar lebih berisiko terkena kanker payudara, tetapi mereka yang meminum kopi dapat menurunkan risiko itu. Beberapa zat yang terkandung dalam kopi dapat mengubah metabolisme wanita sehingga memiliki konfigurasi hormon-hormon estrogen yang memperkecil risiko kanker.

Menariknya, dampak kopi terhadap estrogen berlawanan dengan dampaknya terhadap testosteron (hormon seks laki-laki). Sementara kopi dapat mengecilkan ukuran payudara wanita, pria pecandu kopi justru dapat menjadi korban gejala yang disebut gynecomastia alias payudara membesar. Nah, lho!

image source: randy

35 Komentar

  1. anti
    20 Oktober 2010    

    hahahahaha sekarang gantian cowok yang pake bh yahh…. jangan seenaknya aja melototin cewek sekarang giliran cowok yang melototin payudaranya cowok wkawkakwakwkawkawk =)) dunia sudah terbalik…

  2. xaviera
    26 November 2010    

    mau nanya? kopinya yang asli ato bisa kopi instan???

  3. dr Salma
    4 Desember 2010    

    @xaviera, saya kira bisa dua-duanya. Kopi asli “tubruk” mengandung lebih banyak unsur alami kopi tetapi kopi instan lebih kuat kafein-nya. Kalau di masyarakat barat yang menjadi subjek penelitian, mereka biasanya mengkonsumsi kopi instan.

  4. Ghina
    20 Desember 2010    

    Good Info

  5. nandez
    27 Desember 2010    

    nice info..mw dicoba ya dok..

  6. 23 Januari 2011    

    hhmmm ,ga ada yg lebih pasti lgi gag??
    Klo minum kopi 3 kli sehari ,truz ampe kpan bsa keliatan hasil_a??

  7. veronica
    27 Januari 2011    

    mang itu bener???coz saya termasuk cew yang punya ukuran payudara terlalu besar?? kadang bikin gak PD T,T

  8. dr Salma
    27 Januari 2011    

    @veronica, itu hasil riset. Tapi seperti riset praklinis umumnya, masih butuh banyak riset lanjutan untuk mengetahui jawabannya secara lebih rinci. Menurut saya pribadi, minum kopi boleh-boleh saja asalkan tidak berlebihan, tapi jangan berharap banyak untuk dapat mengecilkan payudara hanya dengan melakukannya.

  9. Umayah
    3 Februari 2011    

    Klo kopi ABC yg biasa di jual di warung bisa g?
    Kopi hitam atau kopi susu?

  10. dr Salma
    3 Februari 2011    

    Kelihatannya semua jenis kopi, tapi yang mengandung komposisi paling lengkap dari biji kopi adalah kopi tubruk bukan kopi instan.

  11. Opik
    4 Februari 2011    

    Apakah hal tersebut juga berlaku pada wanita indonesia?

  12. dr Salma
    8 Februari 2011    

    @Opik, anatomi wanita Indonesia kan sama juga dengan wanita di seluruh dunia.

  13. chiya
    11 Februari 2011    

    ,dok,
    ada gk cra lain untk mngclkn pyudara,
    ttpi dgn jlan yg almi,

  14. dr Salma
    11 Februari 2011    

    @chiya, terus terang saya belum tahu apa ada cara lainnya yang alami.

  15. 24 Februari 2011    

    : Dok. aku mau nanya !! slama brapa hari kita mengikuti teks itu … lama engga ?

  16. dr Salma
    24 Februari 2011    

    @anhy, artikel itu baru penelitian awal sekali. Masih jauh dari terbukti secara klinis, jadi nggak bisa dijadikan “resep” untuk mengecilkan payudara, misalnya berapa lama dan berapa sering supaya mengecil berapa banyak.

  17. dewi
    5 Maret 2011    

    kalau lewat operasi tu bsa gak?????

  18. dr Salma
    5 Maret 2011    

    @dewi, bisa.

  19. saju
    11 Maret 2011    

    pantas payudara aku nggak bisa besar soal nya dari kecil aku dah nyandu kopi,trus gimana biar payudara bisa besar,, ya dan apa karna kopi wanita jd mandul atau susah hamil.mohon saran nya

  20. dr Salma
    12 Maret 2011    

    @saju, belum pernah dengar tuh kalau kopi bisa membuat jadi susah hamil.

  21. virginia
    24 Maret 2011    

    akhirnya ada juga yang ‘ngomongin’ soal mengecilkan payudara, karena selama ini dimana-mana yang digembar-gemborkan soal pembesaran payudara aja. ternyata banyak juga yah cewek-cewek kayak saya yang nggak nyaman dengan ukuran dadanya.

    dokter, sebenarnya bisakah payudara kita mengecil (disamping isu mengkonsumsi kopi itu)? apakah saat kita mengalami penurunan berat badan bisa mengecil juga?

  22. dr Salma
    24 Maret 2011    

    @virginia, penurunan berat badan tidak mengecilkan payudara, karena payudara tidak terdiri dari massa otot atau lemak.

  23. Ichiy
    30 Maret 2011    

    Dok,,
    pa sih penyebab pyudara ithu membesar??da fktor kturunan gak?pa krna hormon?pa krna gajen ke cwo?pa krna bntuk tbuh?
    Pengaruh gak bentuk tbuh yg pndek,,gendut ithu penyebab pyudara bsar??..

  24. dr Salma
    31 Maret 2011    

    @Ichy, besar-kecilnya payudara adalah anugrah bawaan seperti halnya panjang-pendeknya hidung, tebal-tipisnya alis atau tinggi-rendahnya perawakan tubuh. Gemuk atau kurus tidak berpengaruh pada ukuran payudara.

  25. indriani
    10 April 2011    

    dok, sory ya aku nanya kebalikannya, klo payudara yang kecil boleh di bilang “kutilangdara” ada ga cara besarin payudara selain dgn operasi?. sedangkan yang sy tau klo sdh menikah apalagi sdh memiliki anak payudara ga bisa tumbuh lagi, krn sdh kendur akibat disusui pada anak benar ga sih dok?, dan satu lagi byk ikln di koran atau majalah ttg cream pembesar payudara betul ga klo dgn memakai produk tersebut payudara kita bisa menjadi besar dalam arti normal ga terlalu besar. thanks atas jawabannnya yaa dok..

  26. dr Salma
    10 April 2011    

    @indriani, membesarkan payudara dengan selain operasi (cara alami) ada yang dilaporkan cukup efektif, meskipun kebanyakan klaim dilakukan oleh produsen pembuatnya, bukan oleh penelitian independen. Produk-produk yang dipasarkan misalnya adalah bra khusus atau krim pembesar payudara. Mereka diklaim dapat merangsang pertumbuhan payudara melalui stimulan fisik, listik, kimiawi atau elektrokimiawi. Produk krim pembesar payudara kebanyakan menggunakan bahan-bahan alami yang mengandung fitoestrogen, sejenis kimia alami yang bekerja menyerupai estrogen. Pertumbuhan payudara dipengaruhi oleh estrogen, hormon yang berkurang produksinya setelah masa remaja sehingga setelah remaja berakhir, tidak ada lagi pertumbuhan payudara. Pada masa hamil, produksi estrogen kembali meningkat dalam masa terbatas untuk mendukung kehamilan dan menyusui. Efektif atau tidak krim semacam itu? Saya tidak tahu statistiknya. Tapi kalau produk semacam itu bisa bertahan sekian lama di pasar, berarti memang ada kepercayaan konsumen yang merasakan khasiatnya. Kita bisa menipu seseorang beberapa kali atau beberapa orang sekali, tapi tidak dapat menipu banyak orang beberapa kali, bukan? Kalau memang bermanfaat dapat membesarkan payudara dan Anda takut menjadi terlalu besar, kan bisa dihentikan pemakaiannya ketika sudah mendapatkan hasil yang diinginkan?

    Menyusui tidak menyebabkan payudara kendur. Itu hanya mitos. Mereka yang tidak menyusui anak pun payudaranya kendur seiring penuaan.

  27. putri
    10 April 2011    

    dokter…konsumsi kopix tdak pakai gula yah..?atau bisa aja pakai..?jujur sy selalu buka internet u/ kcilin payudara.soalx sy kuang pd dgan pyudara besar smrata tbuhh sy kecil..biasa jdii bhan ejekan.ktax gak perawanlah..apalah.hhmmm…trimakasih dokter.di tunggu jawabannya.from surabaya

  28. dr Salma
    10 April 2011    

    @putri, saya kira sama saja pakai gula atau tidak. Penelitian itu tidak menyebut apakah pakai gula atau tidak, berarti mungkin tidak relevan dengan hasil penelitian.

  29. 19 April 2011    

    mxasih ya dok sarannya tapi brapalama waktu yanx kita perlukan dngan meminun kopi agar payudara kita cpat mengecilnya menngecil

  30. dr Salma
    20 April 2011    

    @hani, wah nggak tahu berapa lama itu. Coba saja minum kopi teratur apakah memang mengecil beneran. Kalau betul, ya diterusin sampai efek yang diinginkan.

  31. tri
    20 April 2011    

    dok, saya sdh mencoba dengan membeli cream pengecil payudara.tp ga da hasilnya..justru saya malah takut,kalau terus memakai cream itu akan da efek sampingnya? untuk mengecikan ada cara yg alami ga,selain minum kopi?

  32. dr Salma
    22 April 2011    

    @tri, kalau tidak ada efeknya ya tidak usah diteruskan. Sejauh ini saya belum menemukan referensi mengenai cara mengecilkan payudara secara alami.

  33. astuti
    24 April 2011    

    selain kopi apa lagi ea biar cpat ne…

  34. 28 April 2011    

    lalu skarang kopi tubruk sdah langka dan kopi lampung pun sdah jrang
    bagaimana dngan kopi kapal api yang kopi+gula sja apakah itu bsa d minum

  35. Tresna
    3 Mei 2011    

    .aq mw tnya umur aku baru 17thun, .cara ngencangin ma ngecilin payudara caranya gimana ch msalahe pyudaranya aku udah gak kencang lagi. .aku gak pede. .aku pgen ngencangin ma ngecilin payudara aku. .cara yg alami gimana sih??
    .makasih

Arsip Artikel
Bergabunglah dengan ribuan orang lain yang secara otomatis mendapatkan artikel baru dari situs ini ke email mereka. Masukkan alamat e-mailmu:
    Kunyit Putih - 30 harga produk
    30ribu
    Kunyit Putih