web analytics

Jenis-Jenis Metode Tubektomi

Tubektomi atau ligasi tuba adalah prosedur pembedahan yang membuat wanita steril dengan memotong, mengikat, menjepit, membakar atau memblokir saluran tuba, sehingga telur dan sperma tidak dapat bertemu. Bedah ini dianggap permanen, meskipun kadang-kadang reversibel (dengan bedah pembalikan ligasi tuba).

Ada beberapa pilihan teknik atau prosedur tubektomi yang dilakukan oleh dokter. Teknik apa yang akan diterapkan, setiap dokter memiliki preferensi dan kompetensi sendiri. Anda bisa menanyakannya sebelum prosedur bedah dilakukan, karena teknik tertentu dan tingkat kerusakan yang ditimbulkan membuat bedah pembalikan (bedah reversal) sulit dilakukan.

1. Teknik Pomeroy

Teknik Pomeroy adalah metode yang paling umum digunakan. Diperkenalkan pertama kali oleh Dr Ralph Pomeroy, metode ini melibatkan pengikatan simpul (loop) di tuba falopi. Bagian yang diikat lalu diangkat dengan operasi. Ikatan pada akhirnya terserap oleh tubuh, meninggalkan dua ujung tuba yang tertutup sepenuhnya. Kesuksesan pembalikan ligasi tuba setelah teknik Pomeroy  tergantung pada panjang segmen tuba fallopi yang tersisa untuk diperbaiki.

2. Cincin atau klip tuba

Metode ini melibatkan pemasangan sebuah cincin atau klip ke tuba falopi, yang memutuskan aliran darah dan membentuk jaringan parut di simpul tuba.  Tuba falopi akhirnya terpisah menjadi dua segmen.

3. Ligasi dengan reseksi

Teknik ligasi tuba dengan reseksi melibatkan penghapusan sebagian dari tuba falopi.  Biasanya hanya satu sampai dua sentimeter dari tuba fallopi yang diambil dari bagian tengah tabung. Teknik ini paling sering digunakan segera setelah melahirkan (post partum).

4. Koagulasi tuba

Koagulasi tuba terutama digunakan dengan prosedur laparoskopi.  Sepasang forsep yang dapat menghantarkan listrik digunakan untuk menjangkau tuba falopi di titik yang tepat. Arus listrik melewati forsep dan menggumpalkan pembuluh darah di jaringan yang dituju.

5. Fimbriektomi

Fimbria adalah struktur pada tuba falopi berbentuk seperti jari-jari, yang berada di atas permukaan indung telur dan sangat penting untuk perjalanan telur pada saat ovulasi. Dalam fimbriektomi, fimbria diikat, dipotong, dan dihapus. Ini adalah metode yang jarang dilakukan dan paling sulit untuk dibatalkan.

Lihat video berikut untuk ilustrasi mengenai metode tubektomi laparoskopik yang menempatkan klip di tuba falopi:


fertitest
Rekomendasi:

Fertitest adalah alat tes untuk uji masa subur pada wanita. Alat ini dapat mendeteksi secara cepat, tepat dan terpercaya (akurasi 99,9%). Jika Anda ingin punya anak atau menghindari punya anak (ber-KB secara alami), alat ini solusinya.

Arsip Artikel
Bergabunglah dengan ribuan orang lain yang secara otomatis mendapatkan artikel baru dari situs ini ke email mereka. Masukkan alamat e-mailmu:

Kicauan