web analytics

Jenis-Jenis Metode Vasektomi

Vasektomi adalah bedah untuk sterilisasi pria. Selama vasektomi, vas deferens dari setiap testis dijepit, dipotong, atau diklem. Setelah prosedur ini, sperma masih diproduksi di testis, tapi terhalangi sehingga tidak keluar untuk bercampur dengan air mani yang diejakulasi dari penis.  Sperma dipecah dan diserap oleh tubuh. Kandungan cairan sperma diserap oleh membran dalam epididimis dan kandungan yang lebih padat dipecah dan diserap oleh makrofag dalam aliran darah. (Hal ini juga terjadi pada sebagian sperma yang tidak ejakulasi pada pria yang tidak menjalani vasektomi).  Karena tabung diblokir sebelum vesikula seminalis dan prostat, Anda masih ejakulasi dengan jumlah yang hampir sama, hanya tidak mengadung sperma.

Prosedur vasektomi

Prosedur vasektomi biasanya adalah sebagai berikut:

  • Testis dan skrotum Anda dibersihkan dengan antiseptik dan mungkin dicukur.
  • Anda mungkin akan diberi obat oral atau intravena untuk mengurangi kecemasan dan membuat Anda mengantuk.
  • Setiap vas deferens ditentukan posisinya dengan perabaan.
  • Anestesi lokal disuntikkan ke daerah tersebut.
  • Dokter akan membuat satu atau dua celah kecil di skrotum. Melalui celah tersebut, kedua tabung vas deferens dipotong. Masing-masing ujung vas deferens diikat, dijahit, atau diklem. Elektrokauter dapat digunakan untuk menutup ujung dengan panas. Jaringan parut yang terbentuk dari operasi membantu memblokir tabung.
  • Vas deferens kemudian ditempatkan kembali di dalam skrotum dan kulit ditutup dengan jahitan yang larut sendiri sehingga tidak perlu dihapus.

Prosedur ini memakan waktu sekitar 20 sampai 30 menit dan dapat dilakukan secara rawat jalan di klinik.

Vasektomi tanpa pisau bedah

Saat ini, prosedur vasektomi sederhana dan paling aman adalah vasektomi tanpa pisau bedah. Sesuai namanya, prosedur ini tidak memerlukan pisau bedah sehingga tidak ada sayatan yang dibuat. Sebaliknya, hanya dua tusukan kecil dilakukan di masing-masing sisi untuk mengambil vas deferens dan kemudian mengklem, menutup atau mengikat mereka dan menempatkan kembali di tempatnya. Manfaat dari prosedur ini adalah perdarahan lebih sedikit, lubang di kulit lebih kecil, dan komplikasi berkurang. Dalam prosedur ini, lubang tusukan sangat kecil sehingga dapat menutup dengan cepat tanpa perlu menggunakan jahitan.

Vasektomi dengan implan vasclip

Pada prosedur ini, vas deferens ditutup dengan alat yang disebut vasclip. Vas deferens tidak dipotong, dijahit, atau dibakar sehingga mengurangi potensi rasa sakit dan komplikasi. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa metode ini tidak seefektif metode lain untuk menutup vas deferens.

Vasektomi laser

Prosedur lain untuk vasektomi dikenal sebagai vasektomi laser. Dalam metode ini, laser digunakan untuk menutup vas deferens sehingga rasa sakit dan ketidaknyamanan minimal. Namun demikian, sedikit tusukan atau sayatan tetap harus dibuat untuk memposisikan vas deferens.

Arsip Artikel
    Kunyit Putih - 30 harga produk
    30ribu
    Kunyit Putih